5 SMA Termahal di Indonesia, Biaya Sekolah Bisa Sampai Setengah Miliar Setahun!

Default

Siapa yang suka bilang kalau masa SMA adalah masa sekolah yang terindah? Apakah karena teman-temannya, beban sekolah yang belum berat, atau justru karena SMA kamu memiliki fasilitas berstandar internasional?

Faktanya selain masalah program dan pengajar yang memengaruhi kualitas pendidikan di masa SMA. Fasilitas juga ikut banyak berpengaruh.

Karena itu tidak heran ada sejumlah SMA yang menyediakan fasilitas dan kualitas program pendidikan terbaik. Hingga membuat biaya pendidikan di tempat tersebut terbilang mahal.

Berikut ini Jaka sudah merangkum sejumlah sekolah yang memiliki biaya pendidikan paling mahal di Indonesia. Bahkan masuk dalam daftar SMA terbaik di Indonesia, apa saja?

1. Anglo-Chinese School Jakarta (ACS Jakarta)

Anglo Chinese School Jakarta ACS Jakarta C6b66

ACS Jakarta adalah International Baccalaureate (IB) World School dan Cambridge Centre. Sekolah mempunyai jenjang Nursery, Kindergarten A dan B, serta kelas 1-12.

Fasilitas yang disediakan dalam sekolah ini di antaranya ruang seni, laboratorium komputer, laboratorium sains, ruang musik, perpustakaan, Performing Art Theater, Tang Siong Kie Hall dengan dua ruang tari dan enam ruang musik, dan klinik.

Selain itu juga terdapat lima lapangan tenis, tiga lapangan sepak bola, dua lapangan basket, satu lapangan voli, satu gymnasium, enam lapangan bulu tangkis, dan kolam renang. Wah, lengkap sekali bukan?

Soal biaya pendidikan, bagi siswa kelas 9-10 di ACS Jakarta harus membayar biaya sekolah sekitar Rp212 juta per tahun.

Sedangkan siswa kelas 11-12 dengan IB Diploma Programme harus membayar biaya sekolah Rp230 juta per tahun.

Tak cuma itu, para peserta didik sekolah bakal dikenakan biaya tes masuk sebesar Rp500 ribu per mata pelajaran ditambah biaya pendaftaran sebesar Rp4,5 juta.

Menurut kamu biaya-biaya tersebut sudah semuanya? Oh tidak, masih ada sejumlah biaya lainnya dari materi pembelajaran, kamp pendidikan, hingga Cambridge Board Examinations atau IB Diploma Examinations oleh International Baccalaureate Organization.

2. Bandung Independent School

Bandung Independent School 1a373

Bandung Independent School (BIS) merupakan sekolah internasional berlokasi di Bandung yang berbasis IB Word School.

Sekolah ini menyediakan sejumlah program yakni Primary Year Program (PYP) dan Diploma Program (DP).

Fasilitas yang tersedia di antaranya Performing Arts Center dengan ruang teater dan ruang latihan, lapangan sepak bola, dua laboratorium sains, kolam renang, perpustakaan, ruang kerja kolaboratif, laboratorium komputer, laboratorium desain (Innovator's Maker Space), dan lain-lain.

Bagi siswa SMA di BIS diharuskan membayar uang sekolah Rp246,7 juta per tahun untuk kelas 9-10 kemudian sekitar Rp263 juta per tahun bagi kelas 11-12.

Tak cuma itu, mereka juga dikenakan sejumlah biaya lain dari tes masuk (placement test), fasilitas, hingga program bahasa asing.

3. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta 0655c

ACG School Jakarta juga turut mempunyai program International Baccalaureate Programmes dan Cambridge.

Sekolah tersebut sudah mempunyai fasilitas lengkap berupa musala, dua laboratorium sains, satu perpustakaan, ruang musik dan ruang seni, gymnasium serba guna, kolam renang, lapangan-lapangan olahraga, lapangan sepak bola junior, hingga area rekreasional.

Bagi calon siswa ACG School Jakarta bakal diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp2,5 juta.

Kemudian para siswa juga dikenakan biaya sekolah sebesar Rp306,5 juta per tahun untuk kelas 7-11. Sedangkan untuk siswa kelas 12 dan 13 harus membayar biaya sekolah Rp310,5 juta per tahun.

Selain itu ada juga biaya sekolah lainnya misalnya biaya pengembangan sekolah Development Fee, Transport, English Language Support (ELS), Special Student Service, buku cetak, seragam, dan sejumlah ujian.

4. British School Jakarta

British School Jakarta Fe5b5

BSJ mempunyai fasilitas berupa lima lapangan tenis, area bermain berumput, area teduh untuk permainan, kolam renang ukuran olimpiade, gym, weights room, studio dance, dan Sport Centre yang berisi lapangan basket, voli, bulu tangkis.

Soal biaya sekolah, bagi siswa kelas 7- dikenakan biaya sekolah sebesar Rp353,5 per tahunnya.

Sedangkan siswa kelas 12 dan 13 dengan program International Baccalaureate harus membayar biaya Rp387,4 juta per tahun.

Para calon peserta didik juga dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp4 juta ditambah deposit penerimaan siswa baru senilai Rp30 juta.

5. Jakarta Intercultural School (JIS)

Jakarta Intercultural School JIS 1e8b1

Jakarta Intercultural School mirip dengan SMA lainnya yakni menerapkan program International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP).

Fasilitas yang dimiliki sekolah ini meliputi studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Soal biaya sekolah tahunan terdiri dari uang masuk (Enrollment Fee), uang sekolah (Tuition Fee), dan biaya pengembangan sekolah (Capital Fee).

Biaya pendaftaran sebesar Rp5 juta. Sedangkan biaya masuk di JIS mencapai Rp22 juta per tahun. Para siswa juga dikenakan uang sekolah Rp419 juta per tahun.

Sama seperti SMA lainnya, sekolah ini masih memiliki sejumlah biaya lainnya yang tergolong fantastis.

Akhir Kata

Itu dia daftar SMA di Indonesia dengan biaya termahal. Apakah ada sekolahmu yang masuk daftar ini? Apakah ada SMA lain yang perlu masuk dalam daftar ini?

Jangan lupa berikan pendapat dan komentarmu dalam kolom komentar juga, ya. Sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Pria Ganteng Ini Terobsesi Jadi Alien Sampai Nekat Rombak Tubuhnya, Potong Bibir dan Hidung!

5 Artis yang Melahirkan di Usia 40 Tahun ke Atas | Lewati Program Bayi Tabung Hingga Mati Suri

Tdomino Boxiangyx: Link Download & Cara Daftar Mitra Higgs Domino

Download Domino Topbos v1.72 Terbaru 2021, Dapat Koin Gratis!

Nemu Ikan Mati Seberat 52 Kg di Sungai, Nenek Ini Jadi Kaya Mendadak

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: FinanceFinansial
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal