Rihanna Resmi Jadi Miliarder | Musisi Wanita Terkaya di Dunia!

Default

Musisi kelas dunia Rihanna resmi mendapatkan gelar miliarder. Lebih kerennya lagi, penyanyi kelahiran Barbados ini adalah musisi paling kaya di dunia saat ini.

Rihanna memiliki kekayaan sekitar 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp24,3 triliun. Jumlah itu membuatnya berada hanya di bawah Oprah Winfrey, posisi kedua selebriti wanita paling kaya di dunia.

Mengutip Forbes, pemilik nama asli Robyn Fenty ini memulai kariernya di dunia bisnis dengan meluncurkan Fenty Beauty pada 2017 lalu.

Ia memiliki tujuan untuk membuat perusahaan kosmetik yang membuat semua wanita di mana pun merasa terwakili. Perusahaan ini yang kemudian mendorong Rihanna hingga berhasil jadi seorang miliarder.

Fenty Beauty

Fenty Beauty jadi yang paling banyak menyumbang kekayaan Rihanna, diperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 1,4 miliar dollar AS (Rp 20 triliun). Ia memiliki sekitar 50% saham perusahaan tersebut.

Sementara sisa kekayaan Rihanna diperoleh dari kariernya sebagai musisi dan aktris. Juga dari bagian sahamnya di perusahaan pakaian dalam yang ia miliki, Savage x Fenty. Saham tersebut diperkirakan bernilai hingga 270 juta dollar AS atau sekitar Rp3,8 triliun.

Rihanna merupakan salah satu selebriti yang juga aktif di sosial media, termasuk juga mengkapitalisasinya. Ia memiliki 101 juta followers di Instagram dan 102,5 juta followers di Twitter.

Shade Foundation Fenty Beauty 20c9e

Dari sana, ia pun melebarkan sayapnya dengan membangun Fenty Beauty. Ia memang bukan satu-satunya yang melakukan hal itu. Banyak lagi selebriti lain yang punya brand kosmetik sendiri. Namun ia adalah yang paling sukses.

Fenty Beauty merupakan perusahaan kerjasama dengan perusahaan barang mewah yang terkenal di dunia, LVMH. Rihanna dan LVMH patungan 50%-50% untuk membangun perusahaan ini. Tujuannya adalah inklusivitas.

Produk Fenty Beauty memiliki banyak sekali pilihan warna. Foundation-nya saja menawarkan sekitar 50 jenis warna berbeda. Fenty Beauty juga mengiklankan produknya dengan menggunakan kelompok model yang beragam.

Fenty Beauty hanya tersedia online atau di toko-toko Sephora, yang juga dimiliki oleh LVMH. Produk tersebut langsung sukses.

Pada 2018 saja, Fenty Beauty berhasil mendapatkan laba tahunan 550 juta dollar AS berdasarkan LVMH. Jumlah tersebut mengalahkan pendapatan merk yang dimiliki selebriti lain. Seperti Kylie Cosmetics milik Kylie Jenner, West s KKW Beauty milik Kim Kardashian, dan Honest Co milik Jessica Alba.

Menurut cofounder dari perusahaan konsultan Bluestock Advisors bernama Shannon Coyne, banyak wanita yang merasa tidak terwakili dengan produk kecantikan yang ada di pasaran. Biasanya hanya ada shade warna light, medium, medium dark, dan dark.

"Kita semua tahu itu bukanlah kenyataannya. Dia (Rihanna) adalah salah satu brand pertama yang muncul dan mengatakan, Saya mau mewakili semua orang itu," sambung Coyne.

Walaupun penjualan kosmetik menurun pada saat pandemi, perusahaan kecantikan masih memiliki nilai yang tinggi.

Saham dari perusahaan kecantikan besar seperti Estee Lauder dan L Oreal saja berhasil naik kembali. Saham mereka berhasil mencapai yang tertinggi sepanjang masa dan aktif dengan pendapatan tahunan 7,5 atau lebih.

Sementara itu, brand independen seperti Beautycounter dan Charlotte Tilbury menandatangani kesepakatan dengan perusahaan investasi awal tahun ini dengan nilai miliaran dolar.

Hal itu merupakan berita yang sangat baik untuk Rihanna. Fenty Beauty kini bernilai sekitar 2,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp40 triliun.

Dan bukan tidak mungkin ke depannya perusahaan ini akan terus berkembang. Dalam laporan tahunan untuk 2020, LVMH mengatakan bahwa Fenty Skin yang diluncurkan tahun 2020 lalu, muncul dengan awal yang baik.

Rihanna Ee344

Tak hanya brand kecantikan

Fenty Beauty bukanlah satu-satunya brand besar milik Rihanna. Pada Februari 2021, brand pakaian dalam miliknya, Savage x Fenty, berhasil mendapatkan 115 juta dollar AS atau sekitar Rp1,6 triliun dalam pendanaan dengan penilaian 1 milliar dollar AS atau sekitar Rp14,3 triliun.

Perusahaan tersebut merupakan usaha gabungan dengan TechStyle Fashion Group yang memiliki investor blue-chip seperti Marcy Venture Partners milik Jay-Z dan firma ekuitas swasta L. Catterton. Mereka bertindak sebagai pemegang saham.

Rihanna masih memiliki sekitar 30% saham kepemilikan. Pendanaan yang baru didapatkan tersebut dilaporkan akan digunakan untuk akuisisi pelanggan dan ekspansi ritel.

Namun, tak semua usaha Rihanna berjalan mulus. Pada Februari, LVMH dan Rihanna mengonfirmasi bahwa mereka harus menutup salah satu perusahaan. Yakni perusahaan fashion dan aksesoris mewah yang juga bernama Fenty.

Fenty yang diluncurkan pada 2019 berusaha untuk menawarkan brand inklusivitas milik Rihanna dan menawarkan beragam gaya dalam berbagai ukuran.

Namun karena termasuk brand fashion mewah, harganya pun cukup tinggi. Brand tersebut pun mengalami kesulitan akibat pandemi. Sampai akhirnya mereka merilis koleksi terakhirnya pada November 2020.

Rihanna pun tampak semakin sibuk berkutat dalam bisnisnya. Banyak fans yang akhirnya meminta ia untuk segera meluncurkan album. Musisi tersebut belum menelurkan album terbaru sejak album Anti pada 2016 lalu.

Walaupun begitu, hal itu dianggap tak masalah dalam hal finansial. Menurut Coyne, Rihanna saat ini sudah berhasil membangun brand sendiri di luar dirinya atau musiknya. Ia telah berhasil membuat gaya fashion dan kecantikan sendiri yang sukses.

BACA JUGA

Netizen Bongkar Gaji Kuli Bangunan, Totalnya Bisa Lebih Pekerja Kantoran | Wajar Motornya Mahal!

7 Foto Langka yang Pecahkan Misteri Sejarah | Yakin Sudah Tahu Cerita di Baliknya?

Kumpulan Nama Grup WhatsApp Keren, Lucu, & Aesthetic | Anti Mati Gaya!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Wanita Ini Pecahkan Rekor Mulut Terbesar di Dunia | Keren atau Malah Menyeramkan?

ARTIKEL TERKAIT
Penyanyi Aktor Banting Setir 85f52
Gagal Total! 5 Artis Film Hollywood yang Banting Setir Jadi Penyanyi
Miliarder Yang Berasal Dari Keluarga Miskin C2ca7
10 Orang ini Berhasil Jadi Miliarder Walaupun Berasal dari Keluarga Miskin
Pengakuan Rasanya Jadi Miliarder Di Bawah 25 Tahun Banner 232f8
13 Pengakuan Rasanya Jadi Miliarder di Bawah 25 Tahun, Tak Selamanya Indah?
Miliarder Dunia Yang Hidup Tanpa Gaya Banner Fa728
5 Miliarder Dunia yang Hidup Tanpa Banyak Gaya, Sederhana Walau Tajir Melintir!
Fashion Blogger Gemuk Ternama
10 Fashion Blogger Ini Buktikan Bahwa Jadi Gemuk Juga Bisa Sukses
Trend Fashion Kekinian Banner
6 Tren Fashion Kekinian yang Wajib Kamu Ikuti
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal