Kisah Jovan Winarno, Pria Asal Surabaya yang Jadi Tentara AS | Kini Bergaji Ratusan Juta Rupiah

Default

Kisah unik datang dari sosok Jovan Zachary Winarno. Lelaki berumur 21 tahun asal Surabaya, Jawa Timur ini sukses meniti karier sebagai tentara di Amerika Serikat (AS). Di usianya menginjak 21 tahun, Jovan kini memiliki gaji ratusan juta rupiah.

Mengutip Detik.com, perjalanan Jovan menjadi tentara AS dimulai pada tahun 2018. Saat itu dirinya memutuskan untuk pindah dari Surabaya ke Texas, AS untuk melanjutkan kuliah.

Sebelumnya, Jovan memang lahir dan sempat tinggal di AS selama 6 bulan. Itu yang membuat Jovan memiliki kewarganegaraan AS.

Orang tua Jovan sempat tinggal di sana selama 5 tahun sebelum Jovan lahir. Kemudian 6 bulan setelah Jovan lahir, keluarganya memutuskan pindah kembali ke Indonesia.

Belum fasih berbahasa Inggris

Jovan akhirnya berhasil pindah kembali ke negara kelahirannya itu dengan dibantu teman ayahnya. Sesampainya di sana, Jovan ingin memiliki pengalaman kerja lebih dahulu. Ia pun bekerja sebagai pelayan restoran di sana.

Suatu hari, Jovan mendapatkan informasi tentang perekrutan tentara. Dengan modal nekat, ia pun tertarik mengikuti perekrutan itu. Padahal Jovan belum fasih berbahasa Inggris.

Alasan Jovan memutuskan untuk ikut program ketentaraan adalah tertarik dengan berbagai keuntungannya. Tentara di AS mendapatkan berbagai keuntungan seperti tunjangan sekolah, asuransi kesehatan, tempat tinggal, makan sehari-hari, hingga biaya gym.

Pilihannya ini tentu saja sempat membuat keluargnya di Indonesia merasa terkejut. Namun, mereka akhirnya merestui dan mendukung pilihan Jovan walaupun masih berat hati.

Jovan Dan Tentara As Lainnya 6d658

Pelatihan yang berat

Melansir VOA Indonesia, Jovan pun menjalani pelatihan yang begitu ketat. Ia sempat tak menyangka akan digembleng dengan keras dan dimarah-marahi selama 2 minggu.

Sebelum pelatihan, Jovan bahkan hanya diberi waktu 1 menit saja untuk pamit dan menelepon orangtuanya. Ia harus menjalani pelatihan yang ketat selama 2 bulan.

"Awalnya kayak santai gitu pas di bus. Terus pas turun, ada 1 (orang) pangkatnya Chief kalau gak salah. (Dia) langsung teriak-teriak, Ayo turun! Ayo turun! Langsung kayak ngomong kotor gitu. Kayak dimarah-marahi," kata Jovan.

Hal itu sempat membuat Jovan merasa takut dan ragu akan pilihannya jadi tentara. Namun seiring berjalannya waktu, ia pun mulai merasa terbiasa dengan rutinitasnya ini.

Setelah latihan selesai, pria berpangkat E4 (tamtama) ini mengikuti tes untuk menentukan pekerjaannya. Ia pun memilih untuk jadi teknisi kapal.

Jadi teknisi kapal

Jovan bertugas sebagai teknisi kapal, ia mengecek mesin kapal angkatan laut yang tengah bersandar. Jam kerjanya 3 kali seminggu mulai dari pukul 07.00 16.00.

Menurutnya, pekerjaan itu tidak sulit karena ia hanya perlu mengikuti buku panduan saja. Hanya saja, hingga kini bahasa tetap jadi kendala terbesar yang masih ia takuti.

"Mau ngomong kadang takut. Saya biasanya (menerjemahkan) dulu kalau misalnya gak tahu apa yang saya mau omongin. Habis itu saya baru ngomong," tutur Jovan.

Jovan Dan Teman Teman Tentara 18850

Jalan-jalan dan gaji besar

Dalam pekerjaannya sebagai angkatan laut, Jovan sempat mengunjungi beberapa negara. Ia sempat bertandang ke Panama, Ekuador, El Salvador, dan Kolombia.

Namun selama perjalanan tersebut, Jovan juga harus sabar tidak berinteraksi dengan keluarganya sama sekali. Ia bisa hilang kontak bahkan selama berbulan-bulan.

"Pas lagi berlayar tahun lalu, 4 bulan kalo gak salah. Jadi kita bisa kontak keluarga itu paling sehari sekali, sejam doang. Itu aja sih," papar Jovan.

Perjuangannya menjalani pelatihan ketat serta menangani kendala bahasa pun membuahkan hasil. Gaji Jovan sudah cukup besar, yakni sekitar Rp575 juta Rp718 juta per tahunnya.

Namun begitu, ia mengaku tetap ingin mengejar cita-citanya di bidang lain. Ia juga ingin menepati janjinya pada orangtuanya untuk menyelesaikan kuliah. Ia berharap bisa menyelesaikan studi dan lulus sebagai insinyur di AS.

Diketahui Jovan masih memiliki masa tugas sebagai tentara AS hingga 2024 mendatang. Ia pun berbagi pesan pada orang-orang yang tertarik ingin menjadi tentara. Menurutnya, kuncinya adalah harus kuat mental.

"Kalau tentara kan kita harus jauh dari keluarga, dari teman. Kayak kehidupan sudah berbeda 100%," tutup Jovan.

BACA JUGA

6 Hewan yang Masih Bertahan Hidup Sejak Kepunahan Dinosaurus, Termasuk Kecoak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

11 Potret yang Menipu Mata, Padahal Hasil Pengambilan Angle Kamera Semata

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

10 Potret Wanita yang Hasil Editannya Terlalu Kelihatan, Gagal Tampil Cantik Deh!

ARTIKEL TERKAIT
Sdsd 1cadf
10 Potret Tampan Jordan Norkett, Anak Andy Rif yang Kini Bekerja Sebagai Tentara di AS
Artis Indonesia Pindah Kewarganegaraan 268c6
5 Artis Indonesia yang Pindah Kewarganegaraan, Ada yang Jadi Tentara AS?
Pjimage 6f63e
6 Anak Artis Indonesia yang Jadi Aparat Negara | Dari Polisi Hingga Tentara!
Film Korea Tentang Tentara E3249
7 Film & Drama Korea tentang Tentara Terbaik 2020, Wajib Ditonton!
Seleb Dengan Ayah Tentara Dan Polisi B9a00
Hati-hati, 5 Seleb Cantik Ini Ayahnya Ternyata Tentara dan Polisi!
Page4 D169a
Tak Ikuti Jejak Orang Tua, 4 Anak Artis Ini Pilih Mengabdi Jadi Tentara
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal