7 Peraturan Paling Aneh di Dunia | Orang Meninggal Bisa Kena Hukuman?

Default

Demi bisa mencapai suatu tujuan, tentu menjadi hal yang wajar jika sebuah peraturan kemudian dibuat oleh para pemerintah negara di dunia.

Namun, apa jadinya jika aturan yang dibuat tersebut justru sangatlah terdengar aneh dan nggak masuk akal? Apa alasannya?

Nah, jika sebelumnya Jaka pernah membahas tentang sederet peraturan aneh kota di seluruh dunia, maka kali ini Jaka akan berikan juga 7 peraturan paling aneh di dunia.

Kira-kira bakal seaneh apa, ya? Yuk, langsung simak saja pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Mobil Kotor - Rusia

Peraturan Paling Aneh Di Dunia 7209f
Sumber foto: Islampos

Apakah kamu termasuk orang yang malas membersihkan mobil milikmu sendiri? Maka, jangan pernah punya niatan untuk tinggal di Rusia, geng!

Pasalnya, negara yang dikenal memiliki beragam teknologi militer canggih ini punya peraturan yang cukup aneh dan konyol. Polisi sekitar akan memberhentikan mobilmu jika dianggap kotor.

Peraturan ini kabarnya diterapkan di Moskow dan beberapa kota besar lainnya di Rusia.

Tak hanya itu saja, plat kendaraan yang tertutup sehingga menyebabkan polisi tidak bisa melihat jelas nomor kendaraan juga akan menjadi target selanjutnya, lho.

2. Mengunyah Permen Karet - Singapura

Larangan Paling Aneh Di Dunia A7800
Sumber foto: Islampos

Pertama kali terungkap pada awal tahun 1990-an, ternyata larangan mengunyah sekaligus menjual permen karet di Singapura menjadi peraturan yang cukup terkenal di dunia.

Meskipun begitu, peraturan aneh ini tentunya bukan dibuat tanpa alasan yang jelas. Konon kabarnya, aturan ini diterapkan dalam upaya menjaga Singapura tetap bersih.

Menilik sejarahnya, peraturan ini mulai diterapkan ketika Lee Kuan Yew, Perdana Menteri pertama Singapura diberitahu oleh Menteri Pembangunan Nasional pada awal tahun 1980-an.

Namun, ada pengecualian dari peraturan tersebut. Di mana, jika orang tersebut mampu membuktikan bahwa mengunyah permen karet merupakan terapi untuk kesehatan, maka akan diizinkan.

3. Memberikan Nama Aneh Pada Anak - Denmark

Aturan Paling Aneh Di Dunia 875c3
Sumber foto: Bobo

Seiring dengan perkembangan zaman, memberikan nama unik pada anak sepertinya sudah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Terbukti, di Indonesia sendiri kini ada sejumlah nama anak artis Indonesia yang unik dan susah dibaca.

Sayangnya, kebebasan memberikan nama anak yang unik atau aneh ini tidak dimiliki oleh masyarakat warga negara Denmark, geng.

Usut punya usut, hal ini dikarenakan negara yang berbatasan dengan laut Baltik dan Laut Utara tersebut memiliki aturan khusus mengenai panduan memberikan nama pada anak.

Menariknya, konon hanya ada 7.000 nama saja yang secara legal dapat digunakan oleh masyarakatnya, lho. Di luar itu, mereka harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah terkait. Walah, repot amat ya!

4. Dilarang Obesitas - Jepang

Larangan Teraneh Di Dunia 743b5
Sumber foto: Bobo

Obesitas atau kelebihan berat badan sepertinya sudah menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, akan berbeda jadinya jika ini dialami oleh warga negara Jepang, geng.

Bagaimana tidak, seseorang yang mengalami obesitas di negara dengan julukan Negeri Sakura ini bisa-bisa dikategorikan ilegal, lho.

Hal itu terjadi setelah pada tahun 2008 silam, Jepang menetapkan undang-undang "Metabo". Undang-udang ini mengharuskan laki-laki di atas usia 40 tahun tidak boleh memiliki lingkar pinggang lebih dari 85cm.

Nantinya, perusahaan dan pemerintah daerah diwajibkan mengukur lingkar pinggang warga antara usia 45-74 sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan.

Apakah ini juga alasannya kenapa banyak orang Jepang yang meniti karir di Indonesia?

5. Melupakan Ulang Tahun Istri - Samoa

Peraturan Paling Unik Di Dunia 7a29e
Sumber foto: Topcareer

Siapa, sih, orangnya yang ingin jadi sosok individu pelupa? Pasti nggak ada, dong! Namun, sayangnya hal ini bisa dibilang sudah menjadi penyakit lumrah yang sering kali dialami oleh siapapun, bahkan orang-orang yang memiliki usia muda.

Namun, beruntunglah kamu yang tinggal di negara tanah air, Indonesia ini! Pasalnya, di Samoa, negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan ini punya peraturan yang terdengar sangat aneh bin ajaib.

Di negara tesebut, suami yang melupakan ulang tahun istrinya memiliki risiko besar dan bahkan berpotensi berurusan dengan hukum karena termasuk tindakan kriminal.

Hanya saja, jika sang istri mau memaafkan dan nggak mempermasalahkan tentang itu, maka para suami bisa terbebas dari aturan ini. Gimana, unik banget bukan?

6. Meninggal Sebelum Memesan Tempat Pemakaman - Prancis

Aturan Paling Aneh Yang Ada Di Dunia 28b7e
Sumber foto: YuKepo

Memberikan hukuman pada orang yang masih hidup mungkin sudah terdengar sangat biasa, tapi apa jadinya kalau yang dihukum justru orang yang telah meninggal?

Yap! Uniknya, ini terjadi di Sarpournex, Prancis. Menurut laporan Huffpost yang dikutip di IDN Times, setiap orang yang ingin dimakamkan di kota tersebut harus memesan tempat pemakaman terlebih dahulu sebelum ajal menjemput.

Jika aturan tersebut tidak dipatuhi, maka akan ada hukuman berat bagi pelanggarnya, yang mana adalah orang yang telah meninggal tersebut.

Sayangnya, nggak diketahui secara pasti seperti apa hukuman yang akan diberikan oleh pemerintah setempat kepada para pelanggarnya.

Ternyata, nggak cuma Korea Utara aja, ya, yang punya aturan aneh. Hihihi.

7. Buang Air Besar di Atas Jam 10 Malam - Swiss

Peraturan Di Dunia Yang Paling Aneh 401bf
Sumber foto: PULSK

Peraturan paling aneh di dunia yang berikutnya yaitu ada di negara Swiss. Negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen.

Di negara tersebut, setiap hotel memberlakukan peraturan di mana para tamu dilarang buang air besar di atas jam 10 malam.

Peraturan tersebut dibuat lantaran khawatir jika saat menyiram toilet suaranya akan mengganggu tamu lain yang sedang tidur. Hmmmm...kelewat sopan atau malah sadis nih?

Terlepas dari peraturan aneh tersebut, Swiss sendiri dikenal sebagai negara paling aman dan damai di dunia, lho!

Akhir Kata

Itulah 7 peraturan atau larangan paling aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, geng.

Meskipun rata-rata memiliki alasan yang jelas di balik pembuatan larangan tersebut, tapi tetap saja aturan itu terdengar nggak cukup wajar, ya? Menurutmu negara mana sih yang punya aturan paling aneh?

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

BACA JUGA

10 Potret Saudara Artis Indonesia yang Gak Kalah Cakep | Cocok Jadi Artis Juga!

12 Potret Transformasi Artis Tomboi yang Sekarang Jadi Feminin | Cantik Gak Ada Obat!

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

80+ Foto Profil WA Couple Terbaik & Terbaru 2021, Biar Makin Mesra!

71+ Aplikasi yang Menghasilkan Uang Tercepat & Terbukti Membayar 2021

ARTIKEL TERKAIT
Artis Indonesia Nikah Dengan Kru Tv Edee5
7 Artis Indonesia yang Nikah dengan Kru TV | Mas Pur Hingga Menteri
Untitled Design 2020 12 26t223503 777 Ae206
7 Artis Korea yang Tidak Percaya Tuhan, Lee Min Ho Termasuk!
Aktor Yang Dulunya Miskin Parah 7b5ec
7 Aktor yang Dulunya Miskin Parah, Gak Punya Uang Sama Sekali?
Saudara Artis Indonesia Tercantik Acf9d
10 Potret Saudara Artis Indonesia yang Gak Kalah Cakep | Cocok Jadi Artis Juga!
Keluarga Jonathan Frizzy Dan Dhena Devanka E8017
6 Artis Indonesia yang Dikaruniai Anak Kembar | Lucu dan Menggemaskan!
Tags Terkait: dunianegara
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal