Patung Kayu Bermata Kristal Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Mesir | Tampak Hidup!

Para orang Mesir kuno dikenal sebagai pengrajin sekaligus seniman terbaik yang mampu mengabadikan kebudayaan dan kepercayaan mereka pada waktu itu.

Para pengrajin kuno saat itu dikenal punya bisnis yang berkembang pesat dengan membuat patung penguburan untuk mengisi banyak makam dan kuil di negeri ini.

Namun, jumlah patung kayu yang berhasil bertahan dari masa Mesir kuno amatlah sedikit jika dibandingkan patung batu yang pernah ditemukan.

Salah satu alasannya yakni kualitas kayu lokal yang dianggap buruk. Pasalnya kayu berkualitas baik dan tinggi, seperti cedar, harus diimpor dari luar wilayah seperti Lebanon.

Alasan lainnya ialah kayu tak bisa bertahan sebaik batu. Sehingga wajar saja kalau patung kayu akan sangat mungkin hancur seiring berjalannya waktu.

Penemuan Patung Kayu Berusia 4.500 Tahun

Agama Mesir Kuno 8872f

Dalam kurun beberapa abad terakhir, para arkeolog telah dengan konsisten menemukan karya-karya memukau dan bagus. Seperti patung kayu legendaris Ka'aper atau Kaaper yang juga diketahui sebagai Sheikh el-Balad.

Patung kayu ini merupakan karya seni yang tampak hidup dengan pengerjaannya yang hampir mustahil atau sukar untuk dipercaya.

Patung hiper-realistis ini dibentuk begitu indahnya yang menampilkan secara detail keterampilan luar biasa dari sang pengrajin masa kuno.

Peradaban Mesir Kuno Pdf 03b95

Selain itu, patung Ka'aper didapati dalam kondisi teramat baik dalam makam miliknya atau yang disebut mastaba dalam pekuburan Saggara yang sudah ada sejak 2500 SM atau berusia sekitar 4.500 tahun.

Sebagai informasi, Ka'aper merupakan penulis juga pendeta yang punya peran resmi, tetapi tak terlalu tinggi. Pada patung kayu, Ka'aper ditunjukkan sebagai pria gemuk yang mencerminkan status orang kaya.

Fakta Unik Patung Kayu Ka'aper

Sistem Kepercayaan Mesir Kuno 78094

Patung ini, matanya bertatahkan kalsit, batu kristal, juga batu hitam, ditambah eyeliner dari tembaga, menyerupai riasan mata.

Mata indah dengan fitur detail wajah patung Ka'aper menambah kualitas juga membuat kesan hidup. Diukir dari kayu sycamore, patung tersebut sukses bertahan dengan sangat baik.

Salah satu elemen yang nampaknya sudah hancur ialah lapisan terluar yang awalnya diplester kemudian dicat.

Patung Ka'aper diperlihatkan dalam pose melangkah, di mana kaki kirinya ke depan dan memegang tongkat (sekarang diganti dengan sebuah dokumen) di tangan kirinya.

Tingkat realisme patung ini sangat mengesankan. Sangat kontras dengan idealisme ekstrem di mana para raja juga anggota keluarga kerajaan Mesir kuno digambarkan.

Cerita unik lainnya adalah patung kayu Ka'aper punya julukan Sheikh el-Balad yakni lantaran usai patung Ka'aper ditemukan para pekerja di penggalian Mariette.

Patung tersebut rupanya punya kemiripan yang nampak mencolok serupa walikota kota mereka. Makanya patung Ka'aper kemudian dijuluki Sheikh el-Balad.

Sheikh el-Balad punya arti walikota atau pemimpin kota dalam bahasa Arab. Di samping patung di mastaba tersebut, ditemukan pula patung seorang wanita yang terukit dari kayu. Patung ini diyakini merupakan istri dari Ka'aper.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Sajikan Konten Kehidupan Desa, YouTuber Ini Raup Rp72 M dan Masuk Guinness World Records

Inget, Nggak? 6 Artis Ini Sering Banget Dapat Peran Jadi ART | Jago Ngelawak Semua!

Download KineMaster Pro MOD APK Terbaru 2021 | No Watermark + Unlimited Feature Unlocked!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: iptekpenemuan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal