Elon Musk Masih Receh! 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Ini Hartanya Sampai Tak Terhitung

Default

Gak ada satu pun orang yang membantah kalau Elon Musk adalah orang terkaya di dunia saat ini. Dengan kekayaan mencapai 219 miliar dolar AS atau setara Rp3.259 triliun, CEO Tesla ini memang berhak menempati posisi puncak.

Tapi kalau dibandingkan sama orang terkaya sepanjang sejarah ini, kekayaan Elon Musk masih recehan banget, geng. Mulai dari para pengusaha brilian, presiden sebuah negara, kaisar berkuasa, hingga raja Afrika ada di dalam daftar ini.

Saking kayanya, banyak sejarawan yang kesulitan menghitung jumlah pasti harta mereka. Tapi gak main-main, ada yang berhasil menguasai separuh emas di dunia, loh.

Penasaran siapa saja orang paling kaya sepanjang sejarah manusia? Simak rangkumannya berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber. Jumlah kekayaan yang tertera sudah dihitung mempertimbangkan inflasi ya, geng~

1. Nabi Sulaiman (Orang terkaya menurut Al-Quran, Alkitab, Injil dengan kekayaan 2,2 triliun dolar AS)

Nabi Sulaiman E9f13
Sumber foto: Historia

Siapa yang menempati posisi puncak daftar orang terkaya sepanjang sejarah manusia?

Jika mengacu pada Al-Quran, Alkitab, dan Injil, yang adalah kitab-kitab beberapa agama terbesar di dunia, Nabi Sulaiman AS adalah manusia terkaya yang pernah hidup di Bumi. Tidak ada satu pun yang bisa mengalahkan kekayaannya hingga kiamat tiba nanti.

Seorang profesor dari Tel Aviv University bernama Erez Ben-Yosef menduga kalau 3.000 tahun lalu kekayaan Nabi Sulaiman AS mencapai nilai 2,2 triliun dolar AS jika dikonversikan ke mata uang masa kini.

Kekayaan sang nabi diduga berasal dari dua sumber, yakni dari istana kerajaan dan tambang tembaga besar. Jumlah tersebut masih perkiraan semata ya, geng. Bisa jadi jumlah aslinya begitu banyak sampai tak terhitung lagi.

2. Mansa Musa (Tak terhitung lagi)

Mansa Musa 0880a
Sumber foto: Tim Obrier

Di posisi kedua ada Mansa Musa, Raja Mali yang hidup sekitar tahun 1280-1337. Ia bisa dibilang sebagia penguasa Afrika karena memerintah banyak negara seperti Mali, Nigeria, hingga Timbuktu.

Mansa Musa menguasai jalur perdagangan terpenting saat itu, serta jadi pemilik tambang emas Bambuk yang jadi suplai lebih dari 50% emas di dunia saat ini.

Makanya, gak heran kalau jumlah kekayaannya benar-benar sulit untuk dihitung. Saking kayanya, Mansa Musa pernah naik haji ke Mekah bersama 60.000 orang.

Masing-masing membawa 2 kilogram emas dan selusin unta untuk dibagikan ke orang-orang miskin dan masjid-masjid di perjalanan. Udah kaya, dermawan pula!

3. Augustus Caesar (6 triliun dolar AS/Rp89 kuadriliun)

Augustus Caesar A4a0a
Sumber foto: Wikipedia

Augustus Caesar adalah Kaisar Romawi dan merupakan anak dari Julius Caesar. Ia adalah salah satu pemimpin Romawi Kuno paling sukses sepanjang sejarah yang berhasil mengubah Roma dari republik jadi kekaisaran.

Kaisar yang berkuasa dari 27 SM hingga 14 M ini berhasil mengambil alih kekuatan kerajaan dan menyumbang sekitar 25%-30% total output ekonomi seluruh dunia saat itu. Harta pribadinya sendiri diperkirakan mencapai 4,6 triliun dolar AS atau setara Rp89 kuadriliun.

4. Akbar I (Tak terhitung lagi)

Akbar Yang Agung F1b2f
Sumber foto: Wikimedia

Kekayaan Akbar I atau Akbar yang Agung juga tak bisa terhitung saking banyaknya. Ia adalah Kaisar Mughal India ketiga yang berkuasa sejak 1556-1605.

Harta kekayaannya berasal dari pajak tanah. Wilayah milik Akbar I memang luar biasa besar, kira-kira setara setengah wilayah India saat ini.

Sang Kaisar juga menarik pajak dari penduduk yang ada di wilayahnya. Memerintah lebih dari 15 provinsi, tentunya kekayaan Akbar I jadi bertambah luar biasa.

5. Andrew Carnegie (372 miliar dolar AS/Rp5.540 triliun)

Andrew Carnegie 738b8
Sumber foto: Wikipedia

Andrew Carnegie merupakan pengusaha dan filantropi Amerika-Skotlandia yang membangun kekayaannya di abad ke-19.

Carnegie bergerak di industri baja dengan mendirikan Carnegie Steel Company. Berkat ini, hartanya diprediksi mencapai 372 miliar dolar AS atau setara Rp5.540 triliun pada saat itu.

Sebagai salah satu orang Amerika terkaya hingga saat ini, ia juga suka berdonasi. Carnegie menghabiskan miliaran dolar untuk membangun perpustakaan dan membantu pendidikan anak-anak di Amerika. Ia bahkan mendonasikan 90% hartanya untuk yayasan, universitas, dan organisasi lainnya sebelum meninggal.

6. John D. Rockefeller (341 miliar dolar AS/Rp5.078 triliun)

John D Rockefeller D6143
Sumber foto: Wikipedia

Jika Carnegie menguasai industri baja, Rockefeller adalah penguasa minyak di abad ke-20. Pemilik nama lengkap John Davison Rockefeller ini mengontrol 90% distribusi minyak dunia.

Pria yang juga dianggap sebagai pria terkaya di dunia modern ini merupakan pemilik Standard Oil Company. Kini, beberapa bisnisnya masih bertahan seperti ExxonMobil, Chevron, dan BP.

Berkat bisnisnya itu, Rockefeller berhasil jadi orang pertama yang memiliki 1 miliar dolar AS. Jika dikonversikan ke nominal masa kini, hartanya bisa mencapai 341 miliar dolar AS atau setara Rp5.078 triliun.

7. Nikolai Alexandrovich Romanov (300 miliar dolar AS/Rp4.468 triliun)

Tsar Nicholas II F8c39
Sumber foto: Wikipedia

Nikolai Alexandrovich Romanov adalah Tsar Nicholas II, kaisar terakhir Rusia, Raja Polandia, dan Grand Duke Finlandia yang berkuasa pada 1894-1917.

Sebelum digulingkan oleh para tentara revolusi Bolshevik, kekayaan Tsar Nicholas II mencapai hampir 900 juta dolar AS. Jika disesuaikan dengan inflasi, jumlahnya sama dengan 300 miliar dolar AS atau setara Rp4.468 triliun!

8. Mir Osman Ali Khan (230 miliar dolar AS/Rp3.425 triliun)

Nizam Hyderabad 0ec5d
Sumber foto: Medium

Penguasa negara lainnya yang ada dalam daftar ini adalah Mir Osman Ali Khan, Nizam Hyderabad. Ia merupakan satu dari tujuh Nizam yang menguasai negara tersebut sampai diinvasi oleh India.

Sang Nizam disebut punya 50 Rolls Royce dan menggunakan berlian sebagai pemberat kertas di kantornya. Wajahnya juga pernah muncul di cover majalah Time pada 1937.

Tak cuma itu, ada pula koleksi emas bernilai lebih dari 100 juta dolar AS dan koleksi perhiasan senilai lebih dari 400 juta dolar AS. Termasuk dalam koleksinya adalah Jacob Diamond, yang saat ini harganya mencapai 95 juta dolar AS.

Saking kayanya, Mir Osman Ali Khan sampai punya mata uangnya sendiri bernama Hyderabad Rupee, geng. Total kekayaannya diperkirakan mencapai 230 miliar dolar AS atau setara Rp3.425 triliun, membuatnya jadi orang terkaya sepanjang sejarah India.

Walaupun super kaya, tapi Mir Osman Ali Khan juga adalah pemimpin yang baik. Ia mementingkan pendidikan, sains, dan pembangunan. Salah satunya dengan cara menggratiskan pendidikan dasar untuk semua orang miskin.

9. William The Conqueror (229,5 miliar dolar AS/Rp3.410 triliun)

William Sang Penakluk 8de7e
Sumber foto: Wikipedia

William Sang Penakluk adalah Raja Inggris yang berkuasa pada 1066-1087. Ia terkenal karena berhasil menaklukkan wilayah Inggris dengan mengambil tanah dan harta dari Sussex sampai Yorkshire.

Ia berhasil mengalahkan Earl Harold Godwinson di Pertarungan Hastings pada 1066, untuk kemudian menjadi Raja William I.

Jika tak berhenti di sana, William mungkin sudah menaklukkan lebih banyak kerajaan dan mendapat lebih banyak harta. Ketika meninggal, hartanya diperkirakan mencapai 229,5 miliar dolar AS atau setara Rp3.410 triliun yang ia wariskan pada anak-anaknya.

10. Muammar Gaddafi (200 miliar dolar AS/Rp2.978 triliun)

Muammar Gaddafi 93823
Sumber foto: Wikipedia

Terakhir ada Diktator Libya, yakni Muammad Gaddafi. Ia memimpin pemerintahan yang kejam pada rakyat miskin, tapi hidup mewah dan memamerkannya pada seluruh benua Afrika.

Gaddafi memperoleh kekayaannya dengan mengontrol tambang minyak terbesar di Afrika selama 41 tahun. Tak heran kalau hartanya terus menerus bertambah.

Ketika meninggal, jumlah kekayaan Gaddafi diperkirakan mencapai 200 miliar dolar AS atau setara Rp2.978 triliun. Gaddafi juga diketahui punya pesawat Airbus A340 M senilai 100 juta dolar AS dan kapal pesiar Phenicia sepanjang 333 meter yang bernilai 697 juta dolar AS.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan orang-orang terkaya sepanjang sejarah. Melihat jumlah harta mereka, gak heran, kan, kalau Jaka bilang kalau hartanya Elon Musk atau Jeff Bezos itu gak ada apa-apanya?

Mereka mungkin sudah tak lagi hidup. Namun berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang yang bernilai fantastis, akan selalu membuat nama mereka diingat sebagai orang paling kaya yang pernah hidup.

Apakah suatu saat nanti posisi mereka akan tergeser? Mungkin saja. Kita tunggu apakah Musk dan kawan-kawan bisa menyaingi mereka.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

6 Kota Mati Paling Populer di Dunia ini Seram Sekaligus Mengagumkan, Cocok Jadi Latar Game Horor!

Penghasilan 50 Kali Lipat Lebih Besar, Atlet Voli Cantik Asal Brasil Ini Pilih Jualan Foto Panas di OnlyFans

Akhirnya Terungkap, Begini Paras Memikat Anak Anggun C. Sasmi yang Rambutnya Kayak Duta Shampoo!

Si Oneng Jadi Doktor! 9 Potret Kerennya Rieke Diah Pitaloka Wisuda S3 di UI, Bergelar Cum Laude

Bukannya Makin Taat, 4 Artis Ini Malah Pilih Murtad Setelah Umrah! Ada yang Ngaku Lihat Yesus di Kabah

Dapat Warisan Rp29M dari Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz Malah Sibuk Foya-foya dan Pamer Kemewahan di Medsos!

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana, Gak Ada yang Suka Pamer!
Page5 C0c95
10 Karakter Fiksi Terkaya Sepanjang Masa, Ternyata Bukan Iron Man!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Rumah Orang Terkaya Di Dunia F95a6
12 Potret Isi Rumah Mukesh Ambani, Orang Terkaya No 10 Dunia | Bernilai Rp13,5 Triliun dan Punya 600 Staf!
Kisah Orang Miskin Jadi Miliarder 4ca56
5 Orang Terkaya Dunia yang Jatuh Miskin dan Bangkrut | Karena Boros?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal