2 Orang Indonesia Masuk Daftar Orang Terkaya China | Punya Aset Rp76 Triliun!

Default

Laporan China Rich List yang disusun oleh Hurun pada 2019 menempatkan dua pengusaha kelahiran Indonesia masuk pada daftar orang terkaya di China itu.

Pada laporannya, dua orang pengusaha kelahiran asal Indonesia yakni Tedy Djuhar juga Elijah Widjaja termasuk dalam daftar orang terkaya China.

Tedy dan Elijah juga menempati peringkat kedua serta ketiga pada daftar orang terkaya China dengan kategori berlokasi dari luar China daratan.

Tedy Djuhar yang saat ini berdiam di Fuzhou, Provinsi Fujian, menempati posisi kedua daftar orang asing terkaya China dengan kepemilikan harta kekayaan sebesar 3,4 miliar dollar AS alias Rp48 triliun.

Kekayaan Tedy bersumber dari perusahaannya RongQiao ia dirikan sejak tahun 1989.

RongQiao dikenal merupakan perusahaan properti besar yang berlokasi di China. RongQiao berpusat di Fujian dan memiliki sejumlah lini bisnis misalnya kesehatan, pendidikan, pengembangan properti, dan pertanian.

Berada satu posisi tepat di bawah Tedy, Elijah Widjaja yang sekarang tinggal di Shanghai, berada dalam peringkat ketiga daftar orang asing terkaya di China.

Elijah memiliki harta kekayaan sebesar 2,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp38,2 triliun.

Sumber kekayaan Elijah berasal dari perusahaannya Bund Center. Selain Tedy Juhar dan Elijah Widjaja juga terdapat 16 orang lain yang ikutan masuk pada daftar orang kaya asal luar China daratan.

Mereka ada yang berasal dari Hong Kong, Taiwan, Vietnam, Denmark, AS, Singapore, Bosnia, dan Afrika Selatan. Wah, jadi ingin segera kaya juga.

Orang Terkaya di Indonesia

Namun kekayaan dua orang tadi rupanya belum ada apa-apanya dengan kekayaan orang paling tajir di Indonesia tahun 2021 ini, gengs. Berikut daftar lengkapnya:

5. Chairul Tanjung (62,6 triliun rupiah)

Chairul Tanjung Cc016
Sumber foto: Tempo

Pemimpin CT Corp ini telah merasakan asam garam kehidupan sebelum namanya masuk ke dalam 5 besar daftar orang terkaya di Indonesia, geng.

Chairul Tanjung pernah merasakan usaha orang tuanya ditutup, tinggal di kamar losmen sempit, hingga berjualan aneka barang demi memenuhi kebutuhkan kuliahnya.

Awal mula keberhasilannya adalah melalui PT Pariarti Shindutama, produsen sepatu anak-anak yang didirikannya bersama tiga rekannya pada tahun 1987.

Sekarang, grup yang dimilikinya membawahi franchise Wendy's di Indonesia dan punya franchise Versace, Mango, hingga Jimmy Choo.

Pria yang dijuluki "anak singkong" ini juga memiliki saham di Garuda Indonesia.

Tak ayal, ia menduduki peringkat orang terkaya di dunia, tepatnya di peringkat 688.

4. Sri Prakash Lohia (96,214 triliun rupiah)

Sri Prakash Lohia Cf54c
Sumber foto: Lifepal

Meski lahir dan besar di India, Sri Prakash Lohia menghabiskan sebagian besar pengalaman profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974.

Pria yang tahun lalu menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di Indonesia ini merupakan pendiri dan ketua Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

Tak cuma di Indonesia, Lohia yang kini tinggal di Britania Raya juga aktif bergerak di luar negeri, salah satunya dengan melakukan akuisisi pabrik olefin di Nigeria.

Miliarder yang berada di peringkat 412 orang terkaya di dunia ini adalah adik ipar Lakshmi Mittal, miliarder India yang tinggal di London.

3. Prajogo Pangestu (97,67 triliun rupiah)

Prajogo Pangestu Ca9a3
Sumber foto: Barito Pacific

Menduduki peringkat 3, Prajogo Pangestu tidak bergerak dari posisinya tahun lalu, di mana ia juga merupakan orang ketiga terkaya di nusantara pada tahun 2020.

Pria asal Kebumen ini adalah seorang taipan kayu, tapi siapa sangka dulu dirinya hanyalah seorang sopir angkutan umum?

Sepak terjangnya dalam dunia bisnis diawali dengan pertemuan dan perkenalannya dengan pengusaha kayu asal Malaysia, Burhan Uray pada tahun 60-an.

Dari sana lah, dirinya bergabung di PT Djajanti Group dan menjadi seorang General Manager (GM) di pabrik Plywood Nusantara, Gresik, Jawa Timur.

Bisnis Prajogo kian meningkat, bahkan ia mulai bekerjasama dengan anak-anak Presiden Soeharto untuk mengembangkan Barito Group yang dimilikinya.

2. Michael Bambang Hartono (260,94 triliun rupiah)

Michael Bambang Hartono 6d83b
Sumber foto: Suara

Adalah Michael Bambang Hartono yang mampu menggeser keluarga Widjaja, pemilik grup Sinar Mas dari peringkat 2 dalam daftar ini, geng.

Sebelumnya, Michael berbagi posisi pertama dengan adik laki-lakinya, Robert Budi Hartono.

Pria yang kini berusia 81 tahun tersebut adalah seorang pemilik perusahaan rokok kretek Djarum yang diwarisinya dari sang ayah pada tahun 1963.

Perjuangannya dan sang adik untuk terus membuat nama Djarum berjaya hingga ke kancah internasional berhasil membawa Djarum menjadi penguasa pasar rokok kretek di AS.

Saat ini, Michael menjadi orang terkaya di dunia urutan 102, bahkan selisih kekayaannya dengan Prajogo Pangestu di daftar ini sangatlah jauh.

1. Robert Budi Hartono (271,15 triliun rupiah)

Robert Budi Hartono 8854d
Sumber foto: Tribun

Konsisten bertahta di peringkat satu, Robert Budi Hartono yang merupakan anak kedua dari Oei Wie Gwan, pendiri Djarum yang kemudian mewariskan usaha tersebut kepadanya dan sang kakak.

Kekayaannya tak terbatas karena kiprahnya di Djarum, namun juga karena ia dan Michael adalah pemegang saham terbesar di BCA dan memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Selatan.

Grand Indonesia, Blibli, com, dan Kaskus yang dimilikinya dan sang kakak juga menjadi pundi-pundi rupiah yang tiada habisnya.

Bukan hal yang mengagetkan jika dirinya masuk ke urutan 100 orang paling kaya di dunia, tepatnya di urutan 97.

Bahkan, pandemi pun nampaknya tak dapat menggeser nama Robert sebagai orang paling tajir di Tanah Air sejak tahun lalu, geng.

Baca juga artikel seputar Tokoh atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Danau Sentani di Papua Surut, Benda Peninggalan Zaman Purbakala Muncul ke Permukaan

10 Artis Wanita Berdarah Blasteran yang Punya Nama Panjang dan Sulit Dieja

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Potret Rumah Masa Kecil Artis Indonesia, Tak Mewah Tapi Penuh Memori! | Ada yang Beralas Tanah

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24
Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!
Aktor Marvel Dc Banner 41a27
10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?
Film Barat Terbaru Terbaik Ec14d 0a94c
20+ Film Barat Terbaru dan Terbaik Tahun 2021, Semuanya Wajib Nonton!
Film Detektif Terbaik A19d3
15 Film Detektif Terbaik & Terbaru 2021, Menguras Otak!
Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8
7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!
Banner C22bb
7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal