Kenapa Orang India Hobi Mandi di Sungai Paling Kotor di Dunia? Sampai Gak Peduli COVID-19!

Default

Ada banyak sekali ritual kebudayaan yang hingga kini masih tetap dipelihara masyarakat. Betapa pun terkesan tak masuk akal atau merepotkannya ritual tersebut.

Salah satu kelompok masyarakat yang masih sangat menjaga ritual kebudayaan mereka adalah orang-orang India. Salah satu budaya yang masih mereka jaga hingga kini adalah mandi di Sungai Gangga.

Seperti dikutip CNN Indonesia, ritual mandi suci di Sungai Gangga memang sering dilakukan umat Hindu India sebagai ritual "menghapus dosa".

Hal itu tampaknya terasa begitu janggal karena Sungai Gangga sebenarnya adalah salah satu sungai paling kotor di dunia, geng.

Lantas, apa yang membuat orang India "hobi" mandi di sungai paling tercemar ini?

Menghidupi ratusan juta orang

Orang Mandi Di Sungai Gangga 6195f
Sumber foto: IDN Times

Sepanjang sejarah, sungai memang telah membantu kemajuan peradaban manusia. Beberapa peradaban kuno juga lahir di tepi sungai, seperti peradaban Mesir Kuno yang ada di tepi Sungai Nil.

Sama halnya untuk Sungai Gangga. Sungai ini membentang sepanjang 2.510 kilometer di wilayah India. Turun dari puncak Himalaya sampai ke lautan di teluk Benggala, dan menghidupi sekitar 400 juta orang.

Maka dari itu, gak heran kalau sungai paling tercemar ini juga sekaligus dianggap yang paling suci dalam sejarah manusia berkat perannya itu.

Sungai Gangga yang suci

Sungai Gangga 96c80
Sumber foto: Kompas.com

Bicara soal Sungai Gangga tentunya gak bisa dilepaskan dari agama Hindu. Dalam agama tersebut, air dianggap suci dan luar biasa.

Air diambil di tangan saat mengucapkan doa, serta dianggap memiliki kekuatan pembersihan spiritual dan alami untuk membersihkan tubuh dari dosa.

Umat Hindu percaya, kalau dari semua air yang ada, air Sungai Gangga adalah yang paling suci.

Itulah mengapa jutaan orang datang setiap tahun untuk mandi di sungai tersebut. Mereka berharap bahwa dengan mandi di sana, dosa-dosa mereka juga bisa hilang.

Mereka percaya kalau hidup tidak lengkap kalau belum pernah mandi di Sungai Gangga setidaknya sekali seumur hidup. Apalagi kalau kamu sempat minum air dari Sungai Gangga, maka jiwamu akan terbawa ke surga.

Sungai Gangga dalam agama Hindu

Ritual Mandi Di Sungai Gangga 39bfe
Sumber foto: CNN Indonesia

Ini berkaitan pula dengan kepercayaan dewa dewi dalam agama Hindu. Sungai Gangga dianggap sebagai personifikasi Dewi Gangga.

Dewi Gangga digambarkan bervariasi, tapi biasanya sebagai sosok wanita cantik bermahkota putih. Kendaraan ilahinya adalah Makara, makhluk dengan kepala buaya dan ekor lumba-lumba.

Ia memiliki 2 atau 4 tangan dan memegang berbagai benda. Dewi Gangga biasa dipandang sebagai penyedia atau figur ibu. Sebutan lainnya "Ma Gangga" atau "Gangga Mata" (ibu).

Dalam mitologinya, Gangga adalah satu-satunya dewi yang terkait langsung dengan ketiga dewa penting, Siwa, Wisnu, dan Brahma.

Sang Dewi sempat meminta Siwa untuk menikahinya, tapi ditolak. Namun Gangga tetap diberi anugrah oleh Siwa agar tetap suci sampai akhir alam semesta. Ia juga diberi kekuatan untuk menghapus dosa.

Sungai Gangga juga dianggap sebagai sungai yang berawal dari surga dan turun ke dunia. Itu membuat sungai ini bisa jadi pintu kembali dari bumi ke surga bagi umat Hindu.

Sungai ini dianggap jadi satu-satunya yang mengalir dari ketiga dunia, yakni Surga (Swarga), Bumi (Prithvi), dan Neraka (Patala).

Sungai Gangga diyakini bisa menyucikan semua tempat yang dilewatinya. Gak heran kalau jutaan peziarah tiap tahunnya mengunjungi Haridwar, Rishikesh, Varanasi, Patna, Kolkata, dan Gangasagar.

Semua kota tersebut adalah pusat keagamaan yang terletak di tepi sungai Gangga. Banyak juga yang pulang dengan membawa air Sungai Gangga ke rumah untuk melanjutkan permunian mereka.

Itu jadi salah satu dasar kenapa ritual menghapus dosa bagi orang Hindu melibatkan mandi di Sungai Gangga. Mereka benar-benar percaya bahwa Sungai Gangga bukan hanya sungai, tapi benar-benar sosok sang Dewi.

Ritual menghapus dosa ini sangat wajib dilakukan bahkan dalam masa pandemi seperti ini. Ritual terbaru dilakukan pada Jumat (14/1/2022) kemarin.

Padahal, saat ini kasus Covid sedang tinggi-tingginya di India. Belum lagi dengan adanya gelombang varian baru Omicron.

Masyarakat India seperti tak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang melonjak di sana. Banyak dari mereka yang bahkan gak pakai masker sama sekali saat mandi. Para dokter yang berusaha untuk membatalkan perizinan penyelenggaraan festival ini pun gagal.

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

5 Pesepak Bola Top yang Kecanduan Berhubungan Badan, Ada yang Tiduri 700 Wanita!

Tentang Fetish Formikofilia yang Dikaitkan dengan Video Belatung Viral, Kelainan?

Setelah Belatung, Kini Viral Video Bocah SMP 48 Detik: Netizen Bilang Ngeri!

Viral Video Kuburan Upin Ipin yang Ungkap Kisah Pilu, Meninggal Sejak Kecil karena Kecelakaan?

Jokowi Pilih Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Apa Artinya?

11 Momen yang Cuma Pernah Dirasain Pejuang LDR, Tetap Bahagia Meski Dibilang Halu!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Film India Banner 9a5f3
10 Aplikasi Film India Sub Indo Terbaik 2020, Gratis!
10 Public Figure Indonesia Berdarah India 0c98e
10 Artis Indonesia Keturunan India | Bak Artis Bollywood!
Download Film India D1e26
10 Situs Download Film India Sub Indo Gratis Terbaru 2020
Film India Terbaru 3b824
20 Film India Terbaik & Terbaru 2022, dari yang Menguras Air Mata Hingga Thriller!
Gambar Photoshop Gagal Orang India Banner
20+ Hasil Editan Photoshop Super Kacau Karya Orang India
Hal Konyol Film India Banner 13dd0
5 Hal Konyol yang Menjadi Ciri Khas Banyak Film India, Gak Masuk Akal!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal