10 Negara Terkecil di Dunia | Lebih Kecil daripada DKI Jakarta

Default

Biasanya, sebuah negara akan diasosiasikan sebagai wilayah yang luas dan terdiri dari banyak wilayah yang lebih kecil. Namun ternyata, hal itu tak selalu terjadi loh.

Ada beberapa negara di dunia yang ternyata memiliki luas wilayah sangat kecil, beberapa bahkan luasnya kurang dari 400 km persegi.

Ada pula negara yang luas total wilayahnya berukuran sama atau bahkan lebih kecil dari kota-kota yang ada di banyak negara pada umumnya.

Saking kecilnya luas negara-negara itu, jika seandainya kamu memutuskan untuk menjelajahinya, ada beberapa negara yang bisa kamu jelajahi seluruhnya hanya dalam waktu 1 hari saja, geng!

Penasaran negara apa sajakah yang termasuk negara terkecil di dunia? Berikut ini daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Malta

Malta C86a6 66cf1

Republik Malta terletak di Laut Mediterania. Malta terkenal memiliki wilayah yang sangat indah, sehingga cocok dijadikan salah satu destinasi liburan setelah pandemi ini berakhir.

Malta sendiri terdiri dari 3 pulau yakni Pulau Gozo, Pulau Comino, dan Pulau Malta. Di antara ketiga pulau tersebut, Pulau Malta jadi yang paling besar. Luas wilayah Pulau Malta yakni 316 kilometer persegi.

2. Maldives

Maldives Accor Hotels F2ec4 0c8d7

Kamu mungkin familiar dengan negara Maldives atau Maladewa. Negara kepulauan yang satu ini memang punya keindahan bahari luar biasa. Tak itu saja, wisatawan juga bisa bersantai di banyak resor mewah yang tersebar di penjuru negeri.

Ternyata, Maladewa juga termasuk salah satu negara terkecil di dunia, geng. Maladewa hanya memiliki luas wilayah 300 kilometer persegi saja.

Namun uniknya, Maladewa memiliki 1.192 kepulauan karang yang tersebar. Hal ini menjadikan Maladewa jadi salah satu negara yang paling tersebar di dunia.

3. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall 17d5b 0c50e

Bernama resmi Republik Kepulauan Marshal adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik. Luas wilayahnya hanya 181 kilometer persegi.

Sedikit berbeda dari negara pada umumnya, ini dianggap jadi bagian dari Federasi Mikronesia. Federasi Mikronesia adalah sebuah negara berdaulat di Samudera Pasifik.

4. Liechtenstein

Liechtenstein E52a4 D55f4

Liechtenstein merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah, tepatnya di timur Sungai Rhine, di antara Swiss dan Austria. Liechtenstein dipimpin oleh seorang perdana menteri.

Luas wilayah Liechtenstein hanya mencapai 160 kilometer persegi saja. Penduduknya tak terlampau banyak, sekitar 33 ribu jiwa yang mayoritasnya beragama Katolik Roma.

5. San Marino

San Marino B9428 Fb05c

San Marino bisa juga disebut sebagai negara dalam negara. San Marino terletak di dalam wilayah Italia dan diklaim sebagai negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia.

Sejarahnya, negara ini konon didirikan oleh seorang tukang batu Kristiani bernama Santo Marinus atau San Marino (dalam Bahasa Italia). Negara ini terbentuk pada 3 September 301.

Luasnya hanya 61 kilometer persegi. Wilayahnya pun berada di atas pegunungan sehingga jarang memiliki tanah datar.

6. Tuvalu

Tuvalu C83a1 77567

Selanjutnya ada Tuvalu. Negara ini hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut. Tuvalu termasuk ke dalam Kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Nama Tuvalu berarti 8 pulau yang berdiri bersama dalam bahasa Tuvalu. Hal itu merepresentasikan 8 pulau yang terletak di Samudera Pasifik, yang berdiri bersama jadi negara Tuvalu.

7. Nauru

Nauru 511c3 05527

Nauru dulu lebih dikenal dengan sebutan Pleasant Island. Negara ini punya luas wilayah sekitar 21,20 kilometer persegi.

Nauru terletak di Samudera Pasifik bagian Selatan, sekitar 42 kilometer di bawah garis khatulistiwa. Jumlah penduduk Nauru tak banyak, hanya sekitar 11 ribu jiwa saja.

Namun keindahan negara ini tak perlu diragukan. Keindahan Nauru pun mendorong banyak wisatawan untuk datang. Sehingga sektor pariwisata negara ini jadi sumber pendapatan utama Nauru.

8. Monako

Monako 145d3 40d26

Monako merupakan negara yang terletak di antara Laut Mediterania dan Perancis di sepanjang Pantai Biru (Cote d Azur). Luas wilayahnya hanya sebesar 2,02 kilometer persegi saja.

Kamu mungkin familiar dengan Monako karena mereka memiliki warna bendera yang sama dengan Indonesia. Nama Monako berasal dari koloni Yunani di dekat sana, yakni Monoikos.

Negara ini dipimpin oleh seorang perdana menteri dan memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak heran jika sebagian besar pendapatan Monako diperoleh dari sektor pariwisata.

9. Vatikan

Vatikan 0e2dc 2935a

Selain San Marino, Italia juga punya Vatikan yang cocok disebut sebagai negara dalam negara. Vatikan hanya memiliki luas wilayah 0,44 kilometer persegi saja dan terletak di dalam kota Roma, Italia.

Namun begitu, Vatikan sangat terkenal karena jadi negara suci untuk umat Katolik. Vatikan dimpimpin oleh Paus.

Setiap tahunnya banyak wisatawan yang ingin berwisata rohani ke sana. Vatikan jadi rumah bagi gereja terbesar di dunia, yakni St. Peter's Basilica.

Walaupun kecil, Vatikan ternyata memiliki penduduk yang cukup banyak yakni lebih dari 1 juta orang. Pasalnya, kewarganegaraan di Vatikan hanya diberikan pada orang yang bekerja di sana dan akan dicabut ketika tidak lagi bekerja di sana.

10. Sealand

Sealand Cffd7 171da

Sealand bisa dianggap sebagai negara paling kecil di dunia. Negara ini mengklaim Rought Tower sebagai wilayah negaranya, sehingga luas keseluruhannya hanya sekitar 0,004 kilometer persegi.

Rought Tower merupakan sebuah platform besar yang terletak di laut utara. Letaknya sekitar 12 kilometer dari Pantai Suffolk, Inggris.

Akhir Kata

Nah itu tadi 10 negara terkecil di dunia. Ada negara dengan luas wilayah sangat kecil, sehingga mudah saja jika ingin menjelajahinya dalam sehari.

Dengan luas wilayah yang begitu kecil, apakah menurutmu negara-negara tersebut bisa disebut negara? Lantas, negara mana yang paling menarik dan ingin kamu kunjungi di masa depan?

BACA JUGA

6 Hewan yang Masih Bertahan Hidup Sejak Kepunahan Dinosaurus, Termasuk Kecoak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

11 Potret yang Menipu Mata, Padahal Hasil Pengambilan Angle Kamera Semata

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

10 Potret Wanita yang Hasil Editannya Terlalu Kelihatan, Gagal Tampil Cantik Deh!

ARTIKEL TERKAIT
Gadget Unik
10 Gadget Unik yang Kamu Butuhkan Saat Kembali Beraktivitas Sehabis Liburan
Situs Gak Penting Yang Keren
10 Situs Gak Penting yang Mendadak Jadi Penting Saat Sedang Liburan
Negara Paling Bahagia Di Dunia 21784
10 Negara Paling Bahagia di Dunia Terbaru | Indonesia Masuk Daftar Gak Ya?
Negara Ramah Lingkungan Banner 5d7bf
10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Untitled Design 2021 02 22t181118 544 F4fb2
12 Negara dengan Wanita Tercantik di Dunia, Nomor 1 Valid No Debat!
Japan 1280x720 4509d
10 Negara dengan Utang Paling Parah Sampai Melebihi Pendapatan, Awas Bangkrut!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal