J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, Ada yang Hampir 24 Jam!

Senin, 12 Apr 2021, 20:00 WIB
Siapa sangka, negara-negara ini memiliki durasi puasa terlama di dunia. Bahkan ada yang hampir 24 jam!

Selamat menyambut bulan suci Ramadan! Di bulan yang suci ini, seluruh umat Muslim di dunia akan berpuasa selama sebulan penuh.

Nah, waktu puasa sendiri dimulai umat Muslim saat subuh dan berakhir ketika matahari terbenam atau saat Maghrib.

Di Indonesia sendiri, durasi puasa kurang lebih sekitar 13 jam. Waktu ini terasa spesial, mengingat Indonesia merupakan negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia.

Namun ternyata ada negara-negara yang memiliki durasi waktu puasa lebih panjang dibandingkan Indonesia. Negara mana sajakah itu? Berikut ulasan Jaka selengkapnya!

10. Iran - 16 Jam

Negara Puasa Terpanjang 10 Bfe42

Siapa sangka salah satu negara populer di Timur Tengah ini memiliki durasi puasa yang panjang? Seperti diketahui, durasi puasa di Iran mencapai 16 jam.

Untungnya, sebagai negara yang lekat dengan tradisi dan budaya Islam, kamu nggak perlu khawatir ibadah puasamua bakal terganggu.

Sebaliknya, kamu bisa menemukan ratusan opsi kuliner halal yang bisa dinikmati saat berbuka nanti. Kamu pun juga bisa beribadah di masjid-masjidnya yang ikonik, termasuk salah satu masjid terbesar di dunia, yakni Masjid Imam Reza.

9. Jepang - 16 Jam

Negara Puasa Terpanjang 9 Ae088

Sama halnya seperti Iran, Negeri Sakura ini juga memiliki durasi puasa yang panjang, yakni 16 jam. Akan cukup menantang jika kamu menjalankan ibadah puasa di Jepang, mengingat populasi umat Muslim di sana terbilang sedikit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Selagi menunggu jam berbuka, kamu bisa menonton deretan anime terbaik yang aman ditonton selama bulan puasa.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa jalan-jalan menikmati suasana Jepang yang asri, ditambah dengan tempat wisatanya yang menarik dan tak jarang sarat akan teknologi canggih.

8. Amerika Serikat - 16 Jam

Negara Puasa Terpanjang 8 51c53

Negara yang terkenal dengan kota-kota teknologi tercanggihnya ini juga memiliki waktu puasa sekitar 16 jam. Tantangan utama jika kamu berpuasa di Amerika Serikat adalah makanan serta cuaca.

Jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Washington DC ataupun New York, mungkin kamu akan mudah menemukan makanan halal. Namun hal sebaliknya bakal kamu rasakan jika tinggal di kota-kota kecil yang lingkungannya masih homogen.

Lain halnya dari segi cuaca. Bulan puasa di Amerika biasanya jatuh antara di musim panas atau musim dingin. Jika kebetulan jatuh di musim panas, kamu harus siap menghadapi suhu yang bisa mencapai 40 derajat Celcius!

7. Tiongkok - 16,5 Jam

Negara Puasa Terpanjang 7 F1bfe

Kawasan Tiongkok daratan memiliki durasi puasa yang panjang yaitu 16,5 jam. Dengan kata lain, kamu harus benar-benar menggunakan energimu secara bijaksana jika tidak mau batal di tengah jalan.

Untungnya, di beberapa perkotaan besar seperti Shanghai, kamu bisa menemukan deretan kuliner halal yang banyak dan beragam.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir menghabiskan waktu puasamu sendirian. Ada cukup banyak komunitas warga negara Indonesia (WNI) yang berdiam di Tiongkok. Kalau beruntung, kamu bisa berbuka puasa bareng mereka, loh!

6. Kanada - 17 Jam

Negara Puasa Terpanjang 6 Aebb4

Negara Kanada sendiri memiliki durasi puasa yang beragam tergantung wilayahnya. Namun rata-rata, warga Kanada yang beragama Muslim mengikuti panduan berpuasa dari institusi Islam setempat dengan durasi 16 jam.

Jika kamu tinggal di wilayah Kanada yang dekat dengan Kutub Utara, waktu berpuasamu bisa hampir 24 jam, loh!

Hal ini disebabkan perbedaan pergerakan hilal yang nampak di Kanada bagian utara maupun Kanada bagian selatan. Jadi persiapkan fisikmu sebaik mungkin!

5. Rusia - 17 Jam

Negara Puasa Terpanjang 5 Cf4d9

Sama seperti negara-negara Eropa yang dekat dengan Kutub Utara, waktu berpuasa yang ditentukan mencapai lebih dari 12 jam. Dalam hal ini Rusia punya durasi puasa selama 17 jam.

Untungnya, sama seperti di Tiongkok, Rusia juga memiliki beberapa komunitas WNI. Kamu bisa berkontak untuk ngabuburit ataupun berbuka bersama mereka.

Selain itu, di Rusia juga terdapat beberapa masjid ikonik. Kamu bisa mengunjunginya satu-satu sambil menunggu waktu berbuka tiba.

4. Inggris - 18,5 Jam

Negara Puasa Terpanjang 4 6f0e6

Tertarik untuk kuliah atau bekerja di Inggris? Sudah belajar bahasanya lewat kamus-kamus Bahasa Inggris terbaik? Tunggu dulu! Kamu harus ingat bahwa durasi puasa di Inggris berbeda jauh dengan di Indonesia.

Kalau di kawasan Britania Raya termasuk Inggris, durasi puasa yang ditentukan mencapai 18,5 jam. Lama banget, kan?

Untungnya, Inggris memiliki deretan tempat wisata terbaik untuk ngabuburit. Bahkan, kamu bisa bersantai di taman-tamannya yang indah dan asri sambil menikmati pemandangan alam ciptaan Tuhan.

3. Jerman - 19 Jam

Negara Puasa Terpanjang 3 908a6

Negara yang terletak di Eropa Barat ini memiliki durasi puasa yang lama, yakni 19 jam. Bukan hanya itu, kamu juga harus bersiap dengan cuaca panas yang tak jarang bikin kita auto tepar.

Hal ini disebabkan waktu puasa dan bulan Ramadhan di Jerman yang hampir selalu jatuh tiap musim panas, di mana suhunya bisa di atas 35 derajat Celcius.

Maka dari itu, jika kamu tertarik studi lanjut atau bekerja di sini, siapkan fisikmu sebaik-baiknya ya!

2. Greenland - 20 Jam

Negara Puasa Terpanjang 2 17141

Pulau terbesar di dunia ini memiliki durasi puasa yang luar biasa panjang, yakni 20 jam. Namun, ada beberapa bagian di Greenland yang durasinya bisa mencapai 21 jam.

Jelas saja, menjalankan ibadah puasa di Greenland merupakan tantangan terbesar. Hal ini diakui oleh Wassam Azaqeer, seorang pria asal Lebanon yang tinggal di kota Nuuk, Greenland.

Disadur Suara.com dari Muslim Village, ia bisa berpuasa selama nyaris 24 jam. Bahkan, ia hanya punya waktu sekitar 2 jam setelah berbuka untuk menyiapkan sahur. Benar-benar sebuah perjuangan!

1. Finlandia - 21 Jam

Negara Puasa Terpanjang 1 7282c

Finlandia menjadi negara dengan durasi puasa paling lama di dunia, yakni 21 jam. Di beberapa wilayah, durasinya sendiri beragam, antara 21 hingga 22 jam loh!

Sebagai informasi, durasi puasa antara 1 kawasan dengan lainnya bisa berbeda akibat kedudukan matahari yang berbeda-beda tergantung garis lintangnya.

Mengingat Finlandia (dan negara-negara Eropa Barat lainnya) berada di lintang utara, maka waktu puasanya bisa lebih lama. Jadi siapkan fisikmu sebaik-baiknya ya!

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai negara-negara dengan durasi atau waktu puasa paling lama di dunia.

Semoga umat Muslim di sana bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal ya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 0f88a
10 Masjid Terbesar di Dunia, Kira-Kira Indonesia Nomor Berapa?
Page Efc2b
7 Serial TV yang Gak Boleh Kamu Tonton Saat Bulan Puasa, Bisa Batal!
Anime Bisa Membatalkan Puasa 8d14e
7 Anime yang Bisa Membatalkan Puasa, Jangan Ditonton!
Page 423b9
5 Tips Terbaik Bermain Game Saat Lebaran, Biar Tetap dapat Pahala!
053036000 1489907850 Dims 80051
Kenapa Internet Sering Lemot Saat Libur Lebaran? Ini Jawabannya!
Page 4b99c
7 Game Terseru yang Cocok Dimainkan Saat Lebaran
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal