6 Negara Asia yang Paling Sulit Ditaklukkan | Indonesia Termasuk!

Default

Asia adalah benua terbesar dan terpadat di dunia. Benua ini mencakup area seluas 44.579.000 kilometer persegi.

Sejak awal, Asia selalu menjadi rumah bagi peradaban modern pertama di dunia dan selalu menjadi benua terpadat.

Kebanyakan orang berpikir bahwa negara Barat adalah yang paling kuat. Namun, Asia juga menjadi rumah bagi negara-negara hebat.

Berikut beberapa negara Asia yang sulit ditaklukkan. Baik dari segi ekonomi, pengaruh, hingga militer. Sebagai informasi, daftar ini tidak dibuat dalam urutan tertentu, ya!

1. China

Negara Terlemah Di Asia Tenggara E0e76

Sebagai negara terpadat di dunia, tak heran jika China juga cukup subur di bidang ekonomi. Meski China melambat dan kalah dari India, China tetap menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat.

Bahkan tingkat ekonominya empat kali lipat dari India. Jika dibandingkan dengan negara lain di sekitarnya, perekonomian China masih lebih besar.

Kekuatan militer China tidak bisa diremehkan. Negeri Tirai Bambu ini memiliki 2,18 juta prajurit aktif, 3.205 tank siap tempur, 3.260 pesawat tempur aktif, dan 777 aset perang angkatan laut.

Dengan jumlah pasukan China yang begitu besar, China adalah kekuatan yang cukup disegani di Asia.

2. Jepang

Negara Dengan Militer Terkuat Di Dunia 0d9bb

Di antara negara-negara paling berpengaruh di dunia, Jepang masih menempati urutan ketujuh negara paling berpengaruh dan ketiga sebagai negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Inovasi dan perkembangan teknologinya tidak mudah disaingi. Beberapa inovasinya pun menjadi inspirasi di beragam kemajuan teknologi dunia.

Seperti mendaur ulang limbah radioaktif menjadi logam langka yang tidak menyebarkan radiasi, menggunakan gas alam untuk memproduksi plastik, mendorong kewirausahaan, dan mengembangkan robot yang dilengkapi AI atau kecerdasan buatan.

Dari segi kekuatan militer, Jepang menempati urutan ketujuh di dunia. Dibandingkan dengan China, kekuatan militer Jepang bisa dikatakan jauh lebih kecil, tetapi bukan berarti kekuatannya lebih lemah.

Ini karena Jepang dilengkapi dengan perlengkapan militer canggih dari pasukan Sekutu yang berasal dari Amerika Serikat.

Untuk tujuan melindungi pulau-pulau kecilnya, Jepang memiliki misil yang mampu meluncurkan rudal balistik dari dalam dan luar atmosfer bumi.

Bahkan negara tersebut memiliki angkatan laut dan udara terkuat di Asia. Tak heran jika negara ini dinobatkan sebagai negara teraman di dunia.

3. Indonesia

Negara Terlemah Di Dunia F3cde

Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata, apalagi kekuatan militernya menempati urutan ketujuh di kawasan Asia Pasifik.

Angkatan bersenjatanya memiliki kapasitas yang cukup untuk mempertahankan kekuatan negara tanpa perlu melaksanakan wajib militer demi memberikan bantuan tambahan.

Selain kekuatan militer, alutsista lain yang dimiliki TNI juga cukup mumpuni. Mulai dengan tank, jet tempur, kapal tempur, helikopter, dan lainnya.

Di bidang ekonomi, Indonesia bisa dikatakan sebagai emerging power. Negara kita masih belum benar-benar negara yang stabil. Namun, Indonesia adalah ekonomi terbesar ke-15 di dunia.

4. India

10 Militer Terkuat Di Dunia C7801

Sebagian besar masyarakat dunia masih menganggap India sebagai negara miskin dan kalah bersaing dengan negara lain.

Namun sebenarnya negara ini berpotensi menjadi kekuatan dominan di Samudera Hindia. Meskipun jumlah penduduknya besar dan tingkat kemiskinan yang tinggi, pertumbuhan ekonomi negara ini sebenarnya sedang melaju.

Pada tahun 2016 saja, India menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dalam hal militer, India menempati urutan keempat dalam hal kekuatan militer terbesar di tahun 2021.

Di India sendiri, terdapat 1,45 juta personel militer aktif, dengan sebanyak 4.730 tank dan sedikitnya 100 hulu ledak nuklir.

Sektor angkatan laut juga terus berkembang dan bahkan memiliki lebih banyak kapal induk dibanding Inggris.

India bekerja sama dengan beberapa negara Eropa termasuk Prancis dalam persenjataan militer. Dinding laser juga dibangun untuk melacak siapa saja yang melanggar perbatasan.

Selain itu India memiliki pengaruh yang kuat melalui budaya dan industri hiburannya yang menjadi demam dunia pada awal milenium ini.

5. Pakistan

20 Negara Militer Terkuat Di Dunia 3fd25

Kekuatan militer Pakistan tidak kalah dengan India yang merupakan musuh terbesarnya. Pasukan tersebut memiliki 654 ribu prajurit dan dilengkapi dengan 1.364 jet tempur canggih di tahun 2021.

Salah satu pasukan yang paling mengkhawatirkan di daerah sekitarnya, termasuk India dan Cina. Selain kekuatan udaranya yang kuat, Pakistan juga dinilai maju dalam hal persenjataan nuklir karena merupakan salah satu negara dengan rudal nuklir paling banyak.

Menyerang negara ini berarti mempersiapkan kemungkinan serangan balik. Di bidang ekonomi, Pakistan juga mulai menunjukkan taringnya, menduduki peringkat kelima dalam pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

6. Korea Selatan

Militer Terkuat Di Asia Tenggara 2020 2ccef

Korea Selatan adalah ekonomi terbesar keempat di Asia dan ke-12 di dunia. Negara ini merupakan salah satu dari empat Macan Asia yang mencapai perkembangan ekonomi yang pesat melalui perdagangan ekspor.

Selain itu, Korea Selatan semakin kuat pengaruhnya setelah melancarkan misi perkenalan budaya melalui industri hiburan dan pertukaran budayanya.

Mitra impor dan ekspornya adalah China, yang juga merupakan kekuatan ekonomi dunia. Di bidang militer, Korea Selatan memiliki 600.000 pasukan aktif dan 2.600 tank di tahun 2021.

Bahkan, Korea Selatan memiliki kemampuan untuk memproduksi persenjataan militernya sendiri, termasuk tank dan peluncur roket.

Dibandingkan dengan senjata negara lain, daya saingnya masih rendah, tetapi kekuatan militernya dikenal dengan pelatihan yang ketat dan disiplin yang tinggi.

Bahkan wajib militer sering dilaksanakan. Ini memberi Korea Selatan kekuatan militer yang kuat.

Akhir Kata

Itulah negara Asia yang paling sulit ditaklukkan. Ternyata siapa yang menyangka kalau Indonesia bisa masuk ke dalam daftar ini?

Tentunya, semua negara punya masalah dan konflik yang berbeda-beda tingkatan dan jenisnya, terlepas betapa sempurnanya kehidupan di negara tersebut. Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali lagunya Andra and the Backbone.

Baca juga artikel seputar Negara atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 20t144212 044 828a8
10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!
Negara Ramah Lingkungan Banner 5d7bf
10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Untitled Design 2021 03 01t145928 532 C465a
Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Negara Teknologi Canggih Banner Ef750
10 Negara dengan Teknologi Paling Canggih, Indonesia Termasuk?
0be038f464bad061ac8fcb8f963ec268
10 Negara Ini Penghasil Teknologi Tercanggih di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal