Inilah 10 Negara Teraman dan Terdamai di Dunia, Indonesia Lebih Aman dari Amerika!

Negara apakah yang tergolong sebagai negara paling damai di Bumi? Seperti apakah kehidupan di sana?

Laporan Global Peace Index 2020 yang disusun oleh lembaga pemikir internasional, Institute for Economic and Peace (IEP), ini akan menjawab pertanyaanmu, geng.

Indeks ini mengurutkan 163 negara di dunia berdasarkan tiga kriteria, yaitu: keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan tingkat militerisasi.

Kamu akan melihat bahwa negara-negara paling damai di dunia juga punya masalahnya masing-masing - meskipun kehidupan di sana mendekati sempurna.

Jadi, negara mana saja yang masuk ke dalam daftar ini? Yuk, cek ulasannya berikut!

10. Swiss

Swiss 78037

Negara yang terletak di Eropa Tengah ini memang langganan masuk 10 besar negara paling damai di dunia dalam satu dekade terakhir, geng.

Nggak mengherankan, karena Swiss memiliki tingkat keselamatan dan keamanan yang sangat tinggi, dan juga jauh dari konflik baik domestik maupun internasional.

Laporan Kebahagiaan PBB bahkan menyebut Swiss sebagai negara paling sejahtera nomor tiga.

Namun, kamu harus tau bahwa ternyata tingkat militerisasi Swiss meningkat, bahkan mereka punya 240.000 personel tentara, padahal populasinya hanya 8 juta jiwa.

Sebagai perbandingan dengan Indonesia, kita 'hanya' punya 800.000 personel tentara (termasuk cadangan) untuk melindungi kurang lebih 270 juta penduduk Indonesia. Jauh banget kan, bedanya?

9. Jepang

Jepang 69189

Dengan populasinya yang tiga kali lebih padat dari Eropa dan dua belas kali lebih banyak dari Amerika, Jepang tetap mampu menjamin kedamaian dan kualitas hidup warganya, geng.

Pencurian dan kejahatan lainnya sangat jarang terjadi di Jepang dan jumlah kejadian kriminal terus menurun sejak tahun 1950-an.

Namun, lain lagi kalau ngomongin hubungan Jepang dengan negara tetangganya.

Hubungan Jepang dengan China dan Korea Utara yang nggak harmonis, bahkan bisa dibilang mengkhawatirkan.

8. Republik Ceko

Ceko Ea8bc

Meski sebelumnya Republik Ceko nggak terkenal-terkenal amat dibanding negara lainnya, negara yang ber ibu kota di Praha ini semakin progresif selama satu dekade terakhir.

Ceko berhasil menunjukkan peningkatan berkelanjutan di sejumlah besar bidang, mulai dari stabilitas politik hingga keamanan pribadi dan hubungan internasional.

Masyarakat Ceko juga jarang yang nganggur geng, hingga angka pengangguran di sana hanya sebesar 2%. Damai secara dompet juga, ya.

7. Singapura

Singapura 3bcaf

Negara tetangga kita ternyata masuk ke deretan yang paling damai di muka bumi loh, geng. Selamat ya, Singapura!

Sebelumnya, Singapura berada di peringkat 21 pada tahun 2018 dan 20 pada tahun 2019. Jadi, ini adalah bukti nyata bahwa Singapura semakin damai setiap tahunnya.

Memang sih, Singapura aman banget dan punya tingkat konflik yang rendah, tetapi negara tersebut tetap memberlakukan wajib militer dan banyak impor senjata!

Hal ini karena Singapura bergantung pada perdagangan lintas laut untuk kemakmurannya, jadi ia harus punya sumber daya dan power yang cukup agar pelayaran kapal melalui Selat Malaka bisa lancar jaya.

6. Kanada

Kanada De4f2

Selain punya penduduk wanita paling cantik di dunia, Kanada juga sudah lama jadi salah satu negara paling aman di dunia.

Selain tingkat kriminalitas yang rendah dan stabilitas politik yang mantap, Kanada juga merupakan salah satu negara terkaya.

Peluang kerja, fasilitas kesehatan, serta pemerintahan yang efektif di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Justin Trudaeu menjadikan Kanada sebagai salah satu negara terbaik untuk hidup.

Karena itulah, Kanada juga seringkali jadi negara tujuan para pengungsi dan imigran. Damai banget kayaknya, ya?

5. Denmark

Denmark 55009

Bukan cuma aman untuk masyarakat lokal, Denmark juga merupakan negara destinasi traveling yang aman bagi pelancong, loh.

Di Denmark, kebebasan pers dan Hak Asasi Manusia dijunjung tinggi dan terjamin keberlangsungannya.

Hanya, pada tahun 2017 Denmark meningkatkan anggaran pertahanannya sebesar 20% untuk menghalau ancaman meningkatnya aktivitas militer Rusia di Eropa bagian timur dan utara.

Sepertinya itu semua masih dalam kendali yang baik, mengingat Denmark masuk ke urutan ke-5.

4. Austria

Austria 997ae

Austria merupakan negara yang terkurung daratan dan merupakan anggota yang cukup muda di Uni Eropa, sehingga ia berusaha bergaul dan merangkul para negara tetangganya di Eropa agar dapat membentuk kerjasama.

Sayangnya, meski negara yang hanya ditinggali oleh 8,7 juta penduduk ini sejahtera karena pendapatan dan lapangan pekerjaan memadai, Austria tengah menghadapi ketegangan sosial beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut dipicu oleh kampanye anti-migran dari sebuah partai sayap kanan serta gencarnya gerakan Black Lives Matter yang menyoroti rasisme yang - ternyata - masih mengakar di Austria. Oooops.

3. Portugal

Portugal 8ec53

Peringkat Portugal sebagai negara terdamai di dunia melejit dari posisi 18 pada tahun 2014 ke posisi 3 pada tahun 2017.

Negara asal Cristiano Ronaldo ini memiliki skor di atas rata-rata negara maju dalam hal perumahan, work-life balance, dan kualitas lingkungan, loh.

Makanya, Portugal jadi negara favorit para ekspatriat karena kehidupan yang terjamin di sana, apalagi Portugal juga merupakan salah satu negara paling terjangkau di benua Eropa. Wow!

2. Selandia Baru

Selandia Baru C1e41

Selandia Baru betah banget menempati posisi kedua untuk 10 tahun berturut-turut karena berhasil mencetak nilai sempurna untuk kedamaian domestik dan internasionalnya, termasuk militerisasi dan keamanan masyarakatnya.

Status kesehatan Selandia Baru juga menempati peringkat teratas, bahkan COVID-19 udah terhempas dengan sempurna dari Selandia Baru, geng!

Sayangnya, hidup di negara persemakmuran Inggris ini mahal banget dan perumahan yang terjangkau semakin sedikit.

Dibalik kesempurnaan negara yang nyaman untuk ditinggali ini, ada 20% masyarakat Selandia Baru yang masih menghadapi masalah kesenjangan ekonomi.

1. Islandia

Islandia E6516

Sebagai tuan rumah bagi salah satu fenomena alam menakjubkan di dunia, Islandia rupanya juga dapat memberikan kehidupan paling menakjubkan yang bisa dirasakan seseorang.

Saking aman dan damainya, Islandia nggak punya tentara tetap untuk melindungi 365.000 orang penduduknya, loh.

Tingkat kejahatan yang rendah, sistem pendidikan terbaik, dan kesejahteraan tinggi adalah hal yang lumrah di negara Nordik tersebut.

Bahkan, Islandia juga mampu menekan angka penularan COVID-19 ke angka 6055 total kasus dengan hanya 29 kematian. Keren banget!

Terus, Indonesia peringkat berapa?

Indonesia 378b2

Tenang tenang, meskipun netizen Indonesia suka baku hantam di kolom komentar, Global Peace Index menetapkan Indonesia sebagai negara paling damai ke-49 dari 163 negara pada 2020, geng.

Ini berarti Indonesia masih lebih damai daripada negara-negara besar seperti China, Amerika Serikat, dan Rusia yang masing-masing berada di peringkat 104, 121, dan 154.

Meski masih mendapatkan indikator hijau yang menandakan Indonesia masih relatif aman dan damai, sebenarnya Indonesia turun 6 peringkat jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Apakah Indonesia bisa naik peringkat di tahun 2021? Kita tunggu saja hasil laporannya tahun depan!

Akhir Kata

Itulah negara paling damai se-jagad raya, geng. Ternyata nggak semuanya benar-benar bersih dari konflik dan kesulitan, kan?

Tentunya, semua negara punya masalah dan konflik yang berbeda-beda tingkatan dan jenisnya, terlepas betapa sempurnanya kehidupan di negara tersebut.

Memang nggak ada yang sempurna di dunia ini kecuali lagunya Andra and the Backbone, geng!

Baca juga artikel seputar Negara atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 20t144212 044 828a8
10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!
Negara Ramah Lingkungan Banner 5d7bf
10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Untitled Design 2021 03 01t145928 532 C465a
Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Negara Teknologi Canggih Banner Ef750
10 Negara dengan Teknologi Paling Canggih, Indonesia Termasuk?
0be038f464bad061ac8fcb8f963ec268
10 Negara Ini Penghasil Teknologi Tercanggih di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal