Raginya Bersemangat? Penelitian Anak SMA Surabaya Buktikan Musik Rock Bisa Percepat Proses Pembuatan Tempe, Jadi Cuma 4 Jam!

Default

Ternyata, musik rock gak cuma bisa jadi penyemangat buat otak manusia memulai aktivitas. Tapi juga bisa mempengaruhi ragi yang ada pada tempe untuk jadi lebih "bersemangat" melakukan fermentasi, loh!

Hal itu dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh para siswa SMAN 21 Surabaya. Mereka menemukan bahwa musik rock ternyata bisa mempengaruhi proses fermentasi pembuatan tempe jadi jauh lebih cepat.

Dilansir Surya Malang, biasanya proses fermentasi tempe yang dilakukan manual membutuhkan waktu selama 36 jam atau 1,5 hari.

Namun, dengan diberi paparan musik rock dan elemen lainnya, proses fermentasi tempe bisa hanya berlangsung selama 4 jam saja! Jauh lebih cepat, kan?

Menangkan penghargaan

Siswa Sma Penelitian Tempe Dengan Musik Rock 6df2e
Sumber foto: Surya Malang

Ide inovatif dari Michelle Tiffany Laowo, Christine Aulina Anugrah, Tirta Ayu Ningrum, Nael Nahdiyah Azzahra, M Faishal Al Faruq dan M. Labib Abyan asal SMAN 21 Kota Surabaya lah yang ada di balik penemuan ini.

Inovasi tersebut diberi nama "Tech Fregesio", yang berhasil meraih medali emas dalam World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) 2022 di Universitas Indonesia Salemba.

Selain itu, ada juga penghargaan Fully Funded Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2022 serta Iysa Grand Award.

Michelle dan tim membutuhkan waktu 4 bulan untuk merampungkan dan menyimpulkan hasil penelitian.

Paparan musik rock pada tempe

Proses Fermentasi Tempe 2558a
Sumber foto: Shutterstock

Ketua Tim Michelle menjelaskan bahwa mereka mencoba melakukan fermentasi tempe di dalam inkubator yang di dalamnya dilengkapi 2 lampu berdaya masing-masing 40 watt, busa, dan thermometer.

Tak lupa, ada juga speaker yang menyetel musik rock untuk mempercepat fermentasi pada tempe. Hasilnya luar biasa, dan hanya membutuhkan waktu 4 jam saja dari kedelai yang bercampur ragi hingga menjadi tempe siap pakai.

Pembuatan tempe memang dilakukan di inkubator yang sudah dipanaskan hingga 36-36 derajat celsius. Setelah ragi yang dicampur kedelai sudah masuk, barulah paparan musik rock dengan frekuensi 258-3.273 Hz dengan kecepatan desibel 89.7 db dilakukan.

Selain itu, tim Tech Fregesio juga meneliti soal penggunaan musik klasik untuk membandingkan percepatan pembelahan jamur pada tempe.

"Kami gunakan dua inkubator. Yang satu diisi musik rock satu lagi musik klasik. Kita gunakan waktu yang sama. Dan hasilnya lebih cepat menggunakan musik rock hanya butuh 4 jam. Sedangkan saat menggunakan musik klasik kita butuh waktu selama 8 jam. Kalau tidak pakai musik dan hanya pakai inkubator sekitar 9 jam. Sementara kalau manual mencapai 2 hari," jelas Michelle.

Tak cuma tempe, tapi anak-anak SMA ini juga melakukan percobaan terhadap pertumbuhan cabai dan sawi dengan paparan musik rock. Hasilnya sesuai dugaan, bahwa musik rock benar-benar mempengaruhi pertumbuhan sayuran lebih cepat.

Karya luar biasa dari Michelle dan kawan-kawan pun sudah dicatatkan pada Hak Kekayaan Intelektual biar gak bisa dicuri orang. Keren banget, deh!

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Ternyata Ratu Elizabeth II Punya Bisnis Kerajaan Senilai Rp417 Triliun, Bisnis Apa?

Meninggal Dunia Setelah 70 Tahun Bertakhta, Apa Saja Tugas Ratu Elizabeth II Selama Hidup

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Begini Potretnya Saat Masih Muda

Bikin Kaum Adam Terpesona, Begini Potret Wanita Dayak Viral yang Cantiknya Bak Bidadari Turun dari Kayangan

Ada Guru Cantik Mirip Artis di Sekolah, Bapak-bapak Getol Jemput Anak: Ibu-ibu Ngamuk sampai Minta Sekolah Memecatnya!

Hidup di Tengah Hutan, Suku Polahi di Gorontalo yang Masih Junjung Tradisi Kawin Sedarah

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 06 15t180002 065 0f220
Cerita Pengusaha Tempe Sukses di AS | Terinspirasi oleh Kota Malang Meski Belum ke Sana
Nia Ramadhani 09fdb 4245b
Nia Ramadhani Bingung Lihat Tempe, Netizen Kesal!
Rustono Si Raja Tempe Jepang 10bd5
Tempe Mulai Go International | Hadiah Indonesia untuk Dunia!
BCL Makan Lauk Murah 111ea
7 Artis Kaya Ini Enggak Malu Makan Lauk Murah | Tempe dan Sambel Udah Nikmat, Kok!
Untitled Design 2021 03 03t131420 289 9d3c2
7 Artis Ini Pernah Dikabarkan Meninggal, Padahal Salah Satunya Lagi Sibuk Goreng Tempe!
Pola Makan Orang Indonesia D2420
Ilmuwan: Pola Makan Orang Indonesia Bisa Selamatkan Bumi, Tempe dan Tahu Kuncinya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal