5 Misteri yang Mungkin Tidak Akan Pernah Terpecahkan | Bikin Ilmuwan Kewalahan!

Default

Saat ini, masih ada banyak arkeolog yang mencari dan mempelajari peninggalan budaya masa lalu yang tak ternilai harganya.

Dari sekian banyak penemuan yang ada di Bumi, ternyata tidak semua penemuan memiliki hasil yang memuaskan. Banyak harta karun masa lalu yang masih menyisakan banyak misteri.

Selain ada penemuan yang bikin para ilmuwan kewalahan untuk memecahkannya, ada juga misteri yang dianggap belum bisa dipecahkan sampai detik ini.

Banyak yang menyebut misteri ini tidak akan pernah terpecahkan, apa saja itu?

1. Bagaimana Nasib Tabut Perjanjian?

Tabut Perjanjian 393a2

Tentara Babilonia, di bawah Raja Nebukadnezar II pada tahun 587 SM, sukses menduduki Yerusalem, mereka selanjutnya menjarah kota juga menghancurkan Kuil Pertama, bangunan yang dipakai kaum Yahudi untuk beribadah.

Kuil Pertama ini disebut berisi Tabut Perjanjian yang di dalamnya terdapat loh batu yang mencatat 10 Perintah Allah.

Nasib Tabut tersebut sekarang tidak jelas, sumber-sumber kuno memperlihatkan kalau Tabut itu dibawa ke Babilonia atau disembunyikan sebelum Yerusalem berhasil direbut.

Ada dugaan kalau Tabut Perjanjian itu hancur selama penjarahan Yerusalem yang membuat lokasi keberadannya tidak diketahui hingga sekarang.

Sejak menghilangnya Tabut Perjanjian, sejumlah cerita juga legenda terkait nasib Tabut ini mulai banyak diceritakan.

Satu cerita menyebut Tabut itu akhirnya ada di Ethiopia, di mana keberadaannya masih disimpan hingga sekarang.

Cerita lain menyebut kalau Tabut ini disembunyikan secara ilahi dan tidak muncul hingga seorang mesias tiba.

2. Apakah Taman Gantung Babilonia Itu Nyata?

Taman Gantung Bailonia C26d3

Penulis kuno mendeskripsikan sebuah taman fantastis yang dibangun di dalam kota kuno Babilonia yang kini merupakan Irak zaman modern.

Tak jelas kapan taman tersebut dibangun, tetapi sejumlah penulis kuno teramat terkesan dengan taman ini sampai mereka menyebutnya sebagai "keajaiban dunia".

Sekitar tahun 250 SM, Philo dari Byzantium menuliskan kalau Taman Gantung punya tanaman yang hidup dan dirawat pada ketinggian di atas permukaan tanah. Menariknya, akar pohon tertanam di teras dibandingkan di atas tanah.

Hingga sekarang, para arkeolog yang sudah menggali Babilonia masih belum bisa mendapati sisa-sisa taman yang mirip dalam gambaran ini.

Hal tersebut akhirnya membuat para arkeolog mempertanyakan mengenai kebenaran dari keberadaan taman gantung ini.

Pada tahun 2013, Stephanie Dalley, seorang peneliti dari Universitas Oxford, mengusulkan pada sebuah buku kalau taman itu sebenarnya berada di kota Niniwe di Asiria.

Namun, baik Babilon maupun Niniwe mengalami kerusakan akibat perang serta penjarahan. Maka tampaknya misteri ini tidak bakal terpecahkan sepenuhnya.

3. Apakah Kota Atlantis Benar Ada?

Atlantis 3f6e2

Penulis dari abad keempat SM, seorang filsuf Yunani, Plato menceritakan tentang sebuah negeri bernama Atlantis yang berada di Samudra Atlantik. Negeri ini konon menaklukkan sebagian besar wilayah di Eropa juga Afrika selama zaman prasejarah.

Pada kisanya, orang Athena prasejarah menyerang Atlantis balik melalui konflik tetapi berakhir setelah hilangnya Atlantis tertelan gelombang.

Meskipun belum ada pakar yang percaya kalau kisah ini benar, sejumlah orang berspekulasi kalau legenda ini mungkin saja diilhami sejumlah peristiwa nyata yang terjadi pada sejarah Yunani.

Seperti peradaban Minoan yang tumbuh dan berkembang di pulau Kreta sampai sekitar tahun 1400 SM, bisa mengilhami kisah keberadaan Atlantis.

Walaupun Pulau Kreta berlokasi di Laut Mediterania dan bukan di Atlantik, pada sejarahnya permukiman Minoan mengalami kerusakan parah lantaran letusan Gunung Thera.

Para arkeolog juga mendapati Minoa akhirnya dikalahkan atau dipaksa bergabung dengan sekelompok bangsa yang disebut Mycenaean yang berada di daratan Yunani.

4. Siapakah Jack the Ripper?

Jack The Ripper C33c3

Inggris punya cerita terkait seorang pembunuh berantai terpopuler sepanjang sejarah di Inggris dan dunia, yakni Jack The Ripper.

Pada tahun 1888, Jack the Ripper setidaknya mengambil nyawa lima wanita di London yang selanjutnya memutilasi tubuh mereka.

Beberapa surat yang diduga berasal dari Ripper dikirim ke polisi, isinya mengejek upaya petugas dalam menemukannya.

Namun hal tersebut masih menjadi perdebatan lantaran belum diketahui apakah benar sosok Ripper sendiri yang mengirimnya.

Nama "Jack the Ripper" bersumber dari surat-surat yang dikirim itu. Ripper pun tak pernah ditemukan dan selama bertahun-tahun kemudian banyak orang menjadi terduga yang memungkinkan.

Sebuah buku baru-baru ini menyebut kalau seorang wanita bernama Lizzie Williams merupakan sosok Ripper, walau pakar lainnya meragukannya.

5. Di Mana Makam Cleopatra?

Makam Cleopatra 275fe

Penulis kuno mengklaim kalau Cleopatra VII beserta kekasihnya, Mark Antony, dimakamkan bersama dalam sebuah makam usai kematian mereka pada tahun 30 SM.

Penulis Plutarch (45-120 M) menulis kalau makam tersebut berlokasi dekat kuil Isis.

Tulisan itu menyebut makam itu berisi seorang dewi Mesir dengan monumen tinggi dan indah yang berisi harta karun yang terbuat dari emas, perak, zamrud, mutiara, kayu hitam, dan gading.

Namun hingga sekarang lokasi makam ini tetap menjadi misteri.

Pada 2010, Zahi Hawass, mantan menteri barang antik Mesir, melakukan penggalian pada sebuah situs dekat Alexandria yang saat ini disebut Taposiris Magna.

Lokasi tersebut berisi sejumlah makam yang berasal dari era saat Cleopatra VII masih memerintah Mesir.

Meski banyak penemuan arkeologi yang menarik untuk diteliti, makam Cleopatra VII tak termasuk yang dilaporkan dalam makam itu.

Para arkeolog mencatat meskipun makam Cleopatra masih bertahan hingga sekarang, makam tersebut mungkin dijarah dengan berat hingga tidak bisa dikenali.

Akhir Kata

Itu dia beberapa misteri yang mungkin sulit untuk dipecahkan. Apakah kamu setuju dengan daftar yang Jaka buat ini?

Apakah ada misteri lainnya yang perlu ditambahkan dalam daftar ini? Jangan lupa berikan komentarmu dalam kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

BACA JUGA

1Baru Saja Bertambah Usia, 7 Orang Terkenal Ini Berpulang Tepat di Hari Ulang Tahunnya

BACA JUGA

8 Potret Baby Gianna, Anak Pertama Dion Wiyoko dan Fiona Anthony | Lebih Mirip Siapa?

Sepakat Tak Punya Anak, Irwan Mussry Bangun PAUD di 200 Kota

Tdomino Boxiangyx: Link Download & Cara Daftar Mitra Higgs Domino

Download Domino Topbos v1.72 Terbaru 2021, Dapat Koin Gratis!

Pangling! Dulunya Tomboi, 7 Artis Cantik Ini Sekarang Jadi Hot Mama yang Mempesona

ARTIKEL TERKAIT
Buah Tertua Di Dunia 07872
7 Pohon Tertua di Bumi | Candi Borobudur dan Piramida Mesir Kalah Tua!
7 Wujud Superhero Yang Digambar Dengan Gaya Mesir Kuno Banner
7 Wujud Superhero yang Digambar dengan Gaya Mesir Kuno
Assassins Creed Ancient Egypt Banner
Director dari Assassin's Creed 4 Ingin Menghadirkan Setting Mesir Kuno Berikutnya
Teknologi Masa Kini Yang Sudah Ada Sejak Jaman Kuno C3e47
5 Teknologi Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Kuno | Nomor 4 Peninggalan Alien?
Untitled Design 2021 04 12t142721 820 8373e
Bukan Piramida Milik Mesir, Gunung Padang Cianjur Adalah Piramida Tertua di Dunia!
Pertarungan Boss Epic
10 Pertarungan Boss Paling EPIC Sepanjang Sejarah Video Game
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal