Mengungkap Misteri Orang Boentoet Asal Pedalaman Borneo | Sampai Mengundang Penelitian Asing

Default

Pulau Kalimantan atau yang dikenal juga dengan Borneo memang menyimpan banyak misteri yang menarik untuk ditelisik. Sebut saja, salah satunya adalah misteri keberadaan manusia berekor Borneo.

Terdengar aneh? Tapi faktanya, legenda manusia berekor asal Borneo ini sampai terdengar hingga mancanegara, lho.

Pasalnya, seorang peneliti asing pernah terbang langsung pulau ini untuk melakukan penelitian serta mengungkap kebenaran legenda tersebut.

Carl Alfred Bock, demikian nama orang asing tersebut. Ia adalah seorang naturalis dan pelancong yang berkewarganegaraan Norwegia.

Bock sendiri sudah lama penasaran dengan legenda keberadaan manusia berekor asal pedalaman Kalimantan itu.

Awalnya, Bock pernah mendengar kisah legenda manusia berekor yang mendiami pemukiman di Kesultanan Paser, Kalimantan Timur dan tepian Sungai Teweh, Kalimantan Tengah.

Sebagian kisah lainnya menyebut ras manusia berekor sebagai Orang Boentoet , yang sepertinya bermakna manusia berekor atau manusia yang memiliki buntut.

Untuk menuntaskan rasa penasarannya, Bock kemudian memulai perjalanannya ke pedalaman Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan pada tahun 1879 silam.

Usianya ketika itu masih sangat muda, yakni 30 tahun. Sebelum melakukan penelusuran ke pulau Kalimantan, Bock sebelumnya juga pernah menyambangi pedalaman Sumatera pada 1878.

Bock pun sebenarnya memiliki misi tersendiri dalam perjalanannya ini. Ia menerima perintah dari Gubernur Jenderal Johan van Lansberge di Belanda yang juga penasaran dengan legenda tersebut.

Bahkan, sang gubernur juga meminta Bock untuk memboyong manusia berekor itu ke Belanda jika hal itu memang memungkinkan.

Penelusurannya di pedalaman Borneo dimulai ketika seorang abdi kepercayaan Kesultanan Kutai mengaku kepada Bock bahwa ia pernah melihat sosok Orang Boentoet.

Digambarkannya bahwa sosok tersebut memiliki ekor sepanjang 5-10 cm. Bahkan untuk duduk saja, mereka sampai melubangi alas agar tidak menjepit ekor mereka.

Meski saat itu Bock kurang yakin dengan cerita sang abdi, Bock tetap menjanjikan imbalan sebesar 500 gulden jika abdi tersebut berhasil membawa ras manusia berekor ke Kesultanan Kutai.

0316362020 2314225carl Bock 2780x390 327b3

Sayangnya, Bock belum juga menerima kabar apa pun selama beberapa hari berada di sana. Ia pun lantas melanjutkan perjalanannya dari Tenggarong ke Banjarmasin.

Saat di Banjarmasin, sang abdi yang berjumpa kembali dengan Bock langsung menyampaikan kekecewaannya lantaran tidak menemukan Orang Boentoet.

Kemudian, Residen Banjarmasin yang ingin membantu Bock coba mengirimkan surat kepada Kesultanan Paser untuk menanyakan tentang keberadaan Orang Boentoet.

Selang sebulan, surat tersebut pun dibalas oleh Sultan Paser. Dari sinilah kesalahpahaman itu bermula.

Ternyata, Orang Boentoet yang dimaksud selama ini adalah sebutan bagi para pengawal pribadi Sultan Paser, bukan ras manusia berekor yang selama ini disangkakan.

Sultan Paser lantas berang dan mengancam perlawanan terhadap Sultan Kutai. Sang sultan mengira bahwa pihak Kesultanan Kutai ingin mengambil pengawal pribadinya.

Maka Sultan Paser pun telah mempersiapkan pasukan pertahanan dan siap kapan saja untuk berperang melawan Kesultanan Kutai.

"Jika Sultan Kutai menginginkan Orang Boentoet saya, bairkan dia ambil sendiri," tulis Sultan Paser dalam suratnya.

Setelah kejadian itu, Bock kemudian memutuskan untuk tidak lagi mencari tahu tentang keberadaan legenda manusia berekor Borneo.

Kisah petualangan Bock dalam mengungkap misteri keberadaan Orang Boentoet itu pun dituliskannya dalam buku berjudul The Head Hunters of Borneo yang terbit pada 1881.

Buku yang berisi kisah petualangan Bock selama di pedalaman Kalimantan dan pedalaman Sumatera itu telah diterbitkan ulang pada 1986 dengan judul yang sama.

BACA JUGA

10 Potret Ojol yang Dapat Orderan dari Artis | Baca Statusnya Bikin Ngakak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Hewan Raksasa Paling Mengerikan yang Pernah Hidup | Ada yang Bisa Memangsa Dinosaurus

Baca Manga Tokyo Revengers Chapter 220 Bahasa Indonesia | Nyawa Senju Terancam!

Potret 7 Selebriti Cantik yang Terlahir Sebagai Pria | Bikin Cewek Auto Insecure!

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Fosil Dinosaurus 173e8
Fosil Badak Raksasa Seberat 4 Gajah Afrika dan Lebih Tinggi dari Jerapah Ditemukan
Penemuan Fosil Di Argentina E5413
Fosil Berusia 1 Miliar Tahun Ditemukan | Nenek Moyang Makhuk Hidup?
Penemuan Fosil Buaya Baru 3dcd1
Fosil Buaya Berusia 8 Juta Tahun Ditemukan | Spesies Baru dan Beda!
Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia 45bee
5 Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Siapa Saja?
Foto Foto Jalanan Yang Sunyi Dan Sepi Di Seluruh Dunia 5
Jika Manusia Punah, Ini yang Akan Terjadi Pada Bumi! Serem Deh
Kondisi Antartika Saat Ini 06153
5 Penemuan Aneh di Benua Antarktika | Perahu Misterius Sampai Monster Laut!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal