7 Megaproyek Paling Mahal di Dunia, Membentang Lintas Negara Hingga Luar Angkasa!

Default

Megaproyek dapat didefinisikan sebagai proyek jangka panjang yang melibatkan investasi ekonomi yang sangat besar, kompleksitas yang sangat besar.

Sebuah megaproyek diharapkan mampu memberi dampak jangka panjang terhadap ekonomi, masyarakat, dan lingkungan di wilayah proyek tersebut dibangun.

Hanya saja, untuk mencapai efek sebesar itu tentu menghabisakan dana yang tak sedikit, bahkan bisa dibilang sangat-sangat besar, geng.

Berikut Jaka kasih tau 7 megaproyek paling mahal yang pernah ada di dunia, wow banget!

1. High Speed 2, Inggris - 89,3 miliar dollar AS

High Speed 2 Af4dd

High Speed 2 (HS2) adalah sistem perkeretaapian berkecepatan tinggi yang di Inggris yang saat ini tengah dalam pembangunan fase pertama sepanjang 176 kilometer.

Nantinya, HS2 akan menjadi jalur rel kecepatan tinggi utama kedua di Inggris setelah pendahulunya, HS1.

Rencananya, proyek ini akan terus berlanjut hingga tahun 2035 melalui beberapa fase dan membentang dari London hingga Leeds dan Manchester.

Megaproyek termahal di Eropa tersebut telah mengundang pro-kontra di masyarakat, geng.

Hingga saat ini, pemerintah Inggris telah menggelontorkan biaya sebesar 89,3 milar dollar AS atau senilai 1,3 kuadriliun rupiah.

2. King Abdullah Economic City, Arab Saudi - 100 miliar dollar AS

King Abdullah Economic City Aa71d

Megaproyek ini dinamai menggunakan nama mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang memprakarasai pembangunan kota megah nan futuristik tersebut.

Dengan total luas pembangunan 173 kilometer persegi, kota ini terletak di sepanjang pantai Laut Merah, dan lebih besar dari Washington DC.

Kota ini dibangun secara ambisius pada tahun 2005 untuk menempatkan Arab Saudi sebagai negara tujuan investasi kompetitif teratas dunia.

King Abdullah Economic City dilengkapi berbagai fasilitas seperti perumahan, kawasan industri, pelabuhan, resort laut, zona pendidikan, dan pusat bisnis.

Tak heran jika pembangunannya menyedot biaya yang sangat besar, yakni 100 miliar dollar AS atau setara dengan 1,45 kuadriliun.

3. Interstate Highway System, Amerika Serikat - 114 miliar dollar AS

Interstate Highway Sistem 9bd0c

Interstate Highway System adalah jaringan jalan raya dengan akses terkontrol yang merupakan bagian dari National Highway System di AS.

Proyek ini diprakarsai oleh Presiden Dwight Eisenhower untuk memastikan lancarnya mobilisasi di seluruh wilayah negara, geng.

Pembangunan sistem ini disahkan oleh Federal Aid Highway Act tahun 1956. Sistem ini meluas ke seluruh Amerika Serikat dan memiliki rute di Hawaii, Alaska, dan Puerto Rico.

Dibutuhkan waktu selama 35 tahun untuk merampungkan pembangunan jalan tersebut dengan total anggaran sebesar 114 miliar dollar AS jika dikonversi ke masa sekarang, yang berarti senilai 1,6 kuadriliun.

4. The International Space Station (ISS), luar angkasa - 150 miliar dollar AS

The International Space Station B02c0

Stasiun ruang angkasa di orbit Bumi ini merupakan proyek kolaborasi multinasional yang melibatkan badan antariksa milik 5 negara, yaitu NASA (AS), Roscosmos (Rusia), AXA (Jepang), ESA (Eropa), dan CSA (Kanada).

Stasiun ini berfungsi sebagai laboratorium penelitian gravitasi mikro dan lingkungan ruang angkasa yang penelitian ilmiahnya mencakup bidang astrobiologi, astronomi, meteorologi, fisika, dan bidang lainnya.

ISS diperlukan untuk menguji sistem dan peralatan pesawat ruang angkasa yang diperlukan untuk kemungkinan misi jangka panjang di masa depan ke Bulan dan Mars.

Untuk menyelesaikan proyek ini, dibutuhkan dana sebesar 150 miliar dollar AS atau setara dengan 2,18 kuadriliun rupiah dan menjadi barang tunggal termahal yang pernah dibuat, geng.

5. Gulf Railway, negara-negara Teluk - 250 miliar dollar AS

Gulf Railway D8ba4

Dikenal pula dengan nama GCC Railway, megaproyek ini adalah sebuah sistem perkeretaapian yang ditargetkan akan menghubungkan keenam negara Teluk yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC).

Enam negara tersebut adalah Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Oman, Kuwait, dan Bahrain.

Karena akan menyediakan rute antar negara, jaringan rel ini akan memiliki panjang total 2.177 kilometer dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2023.

Tentu saja megaproyek ini menelan biaya fantastis, yaitu mencapai 250 miliar dollar AS alias 3,6 kuadriliun rupiah.

Sayangnya, proyek Gulf Railway dilaporkan menemui hambatan dalam pembiayaan proyek yang diperburuk oleh harga minyak yang rendah.

6. Proyek pembaruan kota terbesar, Turki - 400 miliar dollar AS

Pembaruan Kota Turki 94b56

Turki adalah negara yang rawan gempa dan belum memiliki infrastruktur memadai untuk menghadapi bencana tersebut.

Itu sebabnya mereka memerlukan perbaikan besar-besaran yang dilakukan sejak tahun 2012.

Dalam proyek ini, ada 7,5 juta bangunan yang akan diruntuhkan dan akan diganti dengan bangunan tahan gempa serta sistem daur ulang akan diterapkan di seantero Turki.

Pembaruan kota ini diproyeksikan akan berjalan selama 20 tahun lamanya dengan biaya sebesar 400 miliar dollar AS atau sama dengan 5,8 kuadriliun rupiah.

Ke depannya, Turki ingin menjamin bangunan-bangunan yang ada sudah memenuhi standar keselamatan untuk daerah rawan gempa, geng.

7. Kota lintas batas NEOM, Arab Saudi - 500 miliar dollar AS

NEOM 406e4

Ambisi Arab Saudi untuk membangun perkotaan elit tak berhenti di King Abdullah Economic City, itulah mengapa pemerintah Saudi masih ingin memasukkan teknologi smart city yang juga berfungsi sebagai tujuan wisata.

Hal itu diwujudkan melalui NEOM, kota lintas batas di Provinsi Tabuk yang akan membentang seluas 460 kilometer di sepanjang pantai Laut Merah, geng.

Rencananya, proyek ini akan sepenuhnya didukung oleh sumber energi terbarukan dan fase pertamanya diperkirakan akan selesai pada tahun 2025.

NEOM sendiri artinya "masa depan baru" dan akan terdiri dari area perkotaan, pelabuhan, dan zona perusahaan serta direncanakan menjadi rumah bagi satu juta orang dari seluruh dunia pada tahun 2030.

Soal anggaran, NEOM diperkirakan akan memakan anggaran 500 miliar dollar AS atau 7,3 kuadriliun rupiah hingga akhir penggarapannya. Wow!

Akhir Kata

Kurang wow apa lagi sih, megaproyek di atas? Biaya yang fantastis tampaknya memang sebanding dengan cita-cita masa depan yang ingin dicapai, geng.

Namun, ada satu masalah yang jug menjadi kontroversi, yakni isu lingkungan yang dianggap semakin memburuk akibat digarapnya proyek-proyek di atas.

Kalau menurut kamu, apakah pembangunan pesat seperti itu akan merusak lingkungan, geng?

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Kecil-kecil Cabe Rawit, Inilah 7 Negara Terkaya di Dunia | Ada Negara Tetangga!

Indonesia Negara Ekonomi Terbesar di OKI | Ungguli Arab, Turki, dan Malaysia!

10 Negara dengan Utang Paling Parah Sampai Melebihi Pendapatan, Awas Bangkrut!

7 Negara yang Menganggap Bahasa Indonesia Penting | Bahkan Jadi Bahasa Kedua!

ARTIKEL TERKAIT
492405107 D471a
Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!
Untitled Design 2021 03 26t084338 666 5a803
5 Jenis Handphone Pertama di Dunia | Layar Sentuh Sudah Ada Tahun 90-an!
Film Mahal Nggak Terkenal 69b2f
7 Film Mahal yang Justru Gak Terkenal Sama Sekali, Gagal Total?
Kemahalan 7 Game Dengan Harga Yang Gak Sepadan Sama Kontennya 4508a
Kemahalan! 7 Game dengan Harga yang Gak Sepadan Sama Kontennya
Page 78ab8
7 Drone Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Nyaris 5 Miliar!
Film Indonesia Gaga 5cf25
Rugi! 7 Film Indonesia Ini Gak Laku Padahal Biaya Produksinya Mahal
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal