10 Makhluk Mitologi Nordik Paling Unik dan Mengerikan, Banyak yang Tampil di Film!

Default

Kenal dengan Thor, Odin, atau Loki? Tahu nggak sih kalau itu semua merupakan bagian dari makhluk mitologi Nordik lho, geng. Tempat-tempat seperti Asgard, Midgard, dan Jotunheimr juga merupakan bagian dari rangkaian mitologi ini.

Menjawab apa itu mitologi Nordik, sebenarnya ini merupakan kepercayaan masyarakat Eropa Utara yang meliputi negara Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia sebelum datangnya agama Kristen ke negara mereka.

Mitologi Nordik adalah kumpulan kisah mengenai makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos lainnya yang ditulis dalam bentuk puisi atau prosa dan terangkum rapi dalam Edda.

Sama seperti mitologi dari negara lainnya, mitologi Nordik atau Norse juga punya makhluk-makhluk ajaib, aneh, dan menyeramkan yang sering kita lihat dalam film, loh.

Yuk kita bandingkan, lebih seram mana dengan makhluk mitologi Indonesia? Cekidot!

1. Draugr

Makhluk Mitologi Nordik 72f4b

Bayangkan makhluk campuran antara zombi dan vampir. Kayak apa mengerikannya? Nah, seperti itulah Draugr.

Draugr adalah mayat hidup yang bangkit kembali dari kuburnya. Penampilannya cukup mengerikan karena mereka berwarna gelap, seperti tengkorak, dan berbau busuk, geng.

Makhluk mitologi Norwegia dan sekitarnya ini tinggal di kuburan atau istana kerajaan miliknya demi menjaga harta yang dikubur bersama jasad mereka saat meninggal dunia.

Mereka juga memiliki kekuatan super layaknya penyihir, misalnya saja berubah bentuk, mengendalikan cuaca, dan melihat masa depan.

Konon, orang-orang mati yang menjadi Draugr adalah mereka yang serakah dan penuh iri dengki. Untuk membunuhnya, Draugr harus dipenggal.

2. Fenrir

Apa Itu Mitologi Nordik 6eb17

Fenrir adalah seekor serigala raksasa yang merupakan anak dari Loki dan Angerboda.

Karena Fenrir tumbuh dengan cepat dan menjadi sangat besar, para dewa berusaha mengikat Fenrir agar tidak menimbulkan bencana bagi sekitarnya.

Hal ini membuat Fenrir memiliki sejarah dengan dewa Tyr di mitologi Nordik, di mana si serigala menggigit tangan kanan Tyr saat berupaya mengikatnya hingga Tyr disebut "Dewa Bertangan Satu".

Meski akhirnya ia berhasil diikat, namun saudara dari Hela dan Jormugandr ini berhasil bebas saat Ragnarok dimulai.

Ia pun bertarung melawan dewa Odin hingga membunuh dan memakannya, namun Fenrir kemudian dibunuh oleh Vidar, putra Odin yang murka atas kematian ayahnya.

3. Jormugandr

Nama Makhluk Mitologi Nordik 9368d

Nama makhluk mitologi Nordik terkenal lumayan sulit, termasuk pula Jormugandr, ular laut yang dilempar oleh Odin ke samudera besar yang mengelilingi Midgard alias Bumi.

Sama seperti saudaranya, Fenrir, Jormugandr juga menjadi sangat besar hingga dikisahkan ia dapat mengelilingi bumi dan kepalanya mampu menjangkau ekornya sendiri.

Jormugandr juga menjadi pertanda dimulainya Ragnarok (pertempuran akhir dunia), yakni ketika ia melepaskan ekornya.

Ternyata, ular besar ini adalah musuh bebuyutan Thor. Pertamuan keduanya diramalkan menyebabkan Jormugandr keluar dari samudera dan menyemburkan racunnya ke langit luas.

4. Hela

Hel Mitologi Nordik 809d4

Ingat film Thor: Ragnarok yang menggambarkan Hela sebagai adik dari Thor dan Loki?

Padahal, sebenarnya Hela mitologi Nordik dikisahkan sebagai anaknya Loki, bukan dewa Odin.

Hela atau Hel merupakan makhluk berupa raksasa wanita yang juga adalah ratu orang mati. Ia digambarkan memiliki tubuh setengah normal dan setengah hitam dengan tulang-tulang yang terekspos.

Ia digambarkan sebagai sosok yang kasar, kejam, serakah, dan tidak peduli terhadap kebaikan orang baik yang hidup maupun yang mati.

Hel yang awalnya tinggal di Asgard diperintahkan Odin untuk pergi dan memimpin Niflheim karena para dewa Nordik lainnya tidak nyaman dengan penampilan saudara Fenrir dan Jormungandr tersebut.

5. Kraken

Hewan Mitologi Nordik B86fc

Tahukah kamu bahwa Kraken yang sering tampil di berbagai film bajak laut seperti "Pirates of the Caribbean" merupakan hewan mitologi Nordik?

Menurut cerita rakyat Skandinavia, Kraken adalah monster laut legendaris berukuran raksasa yang mirip dengan gurita. Ia tinggal di lepas pantai Norwegia dan Greenland.

Bahkan, Kraken telah menjadi mitos dan takhayul tersendiri bagi para pelaut Nordik yang melewati Atlantik Utara, geng.

Walaupun seringkali digambarkan serupa dengan gurita atau cumi-cumi, pada awalnya Kraken dideskripsikan mirip kepiting dan berperilaku seperti paus.

Karena ukurannya yang begitu besar, Kraken seringkali dikira sebagai pulau. Padahal sebenarnya... Hiii, ngeri.

6. Elf

Tyr Mitologi Nordik F6fa3

Elf atau Peri juga termasuk makhluk mitologi Viking alias Nordik loh, geng. Legenda Skandinavia menyebutkan ada dua tipe Elf, yaitu Elf Terang dan Elf Gelap.

Elf Terang digambarkan tinggal di tempat yang alami dan asri seperti telaga, mata air, gunung, dan hutan serta berupa manusia rupawan yang tak pernah menua, dan disebut-sebut lebih terang daripada matahari. Mungkin mirip-mirip Legolas di "The Lord of the Rings" ya, geng.

Kebalikannya, Elf Gelap hidup di bawah bumi, berkulit gelap, dan identik dengan kejahatan. Mereka juga dianggap sama dengan Dwarf.

Secara umum, Elf dianggap sebagai makhluk berkekuatan magis dengan keindahan supernatural dan bersifat ambivalen terhadap manusia - mereka dapat membantu atau malah menghalangi manusia.

Tetapi, Elf juga diasosiasikan dengan hal-hal buruk seperti merayu dan memperkosa manusia, hingga suka menculik bayi manusia.

Semuanya karena perbedaan interpretasi dari setiap cerita rakyat negara-negara Nordik, geng. Kamu percaya yang mana?

7. Dwarf

Mitologi Nordik Lengkap C16b7

Kurcaci atau juga disebut dengan Dwarf dalam bahasa Inggris adalah manusia kerdil yang tinggal di bawah tanah atau gua-gua daerah pegunungan serta mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan.

Umumnya, Dwarf memiliki janggut panjang dan seringkali dikaitkan dengan kebijaksanaan, kerajinan tempa, serta pertambangan.

Dalam mitologi Nordik lengkap, mereka dikisahkan pandai membuat senjata, menggali logam mulia, dan memperdagangkan barang-barang logam.

Makhluk yang tak mahir berlari dan menunggang kuda ini kebanyakan berjenis kelamin pria - jarang sekali ditemukan penjelasan soal Dwarf wanita.

8. Fossegrim

Makhluk Mitologi Norse D4a8e

Makhluk mitologi Norse lainnya yang tak kalah menarik adalah Fossegrim, roh air atau troll yang ada dalam cerita rakyat Skandinavia.

Fossegrim digambarkan sebagai pemain biola yang sangat berbakat, bahkan diibaratkan bahwa suara hutan, angin, dan air bermain di atas senar biolanya.

Mereka bersedia mengajarkan keterampilan tersebut dengan imbalan persembahan makanan yang dibuat pada Kamis malam dan secara rahasia.

Menu kesukaannya adalah seekor kambing jantan putih yang dilempar dengan kepala menghadap ke arah air terjun yang mengalir ke utara, atau daging kambing asap yang dicuri dari gudang tetangga selama empat hari Kamis berturut-turut. Unik banget, kan?

Jika persembahannya memuaskan, dia akan memegang tangan kanan orang tersebut dan menarik jari-jarinya di sepanjang senar sampai semuanya berdarah. Kok malah jadi serem...

9. Huldra

Makhluk Makhluk Mitologi Nordik C33aa

Huldra adalah nama berikutnya yang patut masuk ke dalam daftar makhluk mitologi Nordik terunik ini, geng.

Namanya sendiri berarti "gadis hutan", sehingga dikisahkan bahwa Huldra adalah wanita dengan paras sangat cantik dan tampil telanjang, namun ternyata memiliki lubang di punggungnya yang menyerupai batang pohon.

Beberapa versi lain menyebut Hudra tak berpunggung bolong, tetapi memiliki ekor sapi atau rubah.

Dengan wajahnya yang cantik, ia merayu lelaki untuk berhubungan badan atau bahkan menikahinya. Mereka yang menolak bisa-bisa dibunuh, geng.

Huldra tidak dapat dikhianati sama sekali, karena mereka akan sakit hati dan menghukum dengan kejam siapapun yang menyakiti hatinya.

10. Jotun

Raksasa Mitologi Nordik C6eef

Raksasa mitologi Nordik bernama Jotun ini tak kalah seram dengan makhluk mitologi Yunani berukuran raksasa lainnya, geng.

Jotun merupakan raksasa yang tergolong dalam ras manusia perkasa dengan kekuatan luar biasa, bahkan mereka berani bertarung dan memusuhi para Dewa - meski ada juga yang menikah dengan Dewa.

Mereka tinggal di sebuah dunia bernama Jotunheimr yang berbatasan dengan Midgard.

Ada pula Jotun yang tidak tinggal di Jotunheimr, biasanya mereka tinggal di gua dan tempat yang gelap.

Ternyata, dewa Odin dan Thor juga merupakan keturunan dari Jotun loh, geng.

Akhir Kata

Wah, makhluk mitologi Nordik di atas beragam banget ya geng, ada yang cantik, seram, berukuran kecil, hingga raksasa!

Selain itu, pasti banyak dari makhluk-makhluk di atas yang pernah kamu lihat dalam film, misalnya Elf, Dwarf, Hela, Fenrir, dan Kraken.

Rupanya, mereka berasal dari mitologi Norse. Jadi, yang mana nih yang paling keren menurutmu?

Baca juga artikel seputar Makhluk Mitologi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 196d1 0fb9c
10 Makhluk Mitologi Indonesia yang Mendunia, Bikin Merinding dan Penasaran!
Untitled Design 2021 05 03t203324 784 4407a
10 Makhluk Mitologi Yunani Paling Terkenal | Ada yang Menyeramkan dan Baik!
2045 Legendary6 3031d
5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran
Page Dde7b
10 Film tentang Dewa Mitologi Terbaik, Seru dan Menegangkan
Tokoh Game Yang Terinspirasi Dari Mitologi Kuno Banner 30ba2
8 Tokoh Game yang Terinspirasi dari Mitologi Kuno, Nomor 6 Dewi Legendaris!
Hylos Feature 97558
5 Hero Mobile Legends yang Mirip dengan Tokoh Mitologi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal