J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Makhluk Mitologi Indonesia yang Mendunia, Bikin Merinding dan Penasaran!

Selasa, 4 Mei 2021, 15:15 WIB
Nama makhluk mitologi Indonesia berikut sudah terkenal tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Ada yang seram, cantik, bahkan keren!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan.

Kamu tahu nggak, kalau kita punya sejumlah nama makhluk mitologi Indonesia yang nggak kalah menarik dari makhluk mitologi Yunani yang pernah Jaka bahas sebelumnya?

Sama seperti makhluk-makhluk mitologi dari negara lain, makhluk mitologi di Tanah Air juga disertai kisah supranatural, asal mula, atau kisah dewa-dewi.

Bukan cuma keren, makhluk-makhluk berikut juga ada yang sudah dikenal di kancah internasional, loh! Yuk, kita bahas sekarang. Awas merinding!

1. Garuda

Hewan Mitologi Indonesia 71f74

Sumber foto: Fakta dan Mitos

Garuda yang juga menjadi lambang Pancasila adalah salah satu makhluk mitologi yang ada di Indonesia, geng.

Ada berbagai interpretasi fisik mengenai Garuda, tetapi kebanyakan menggambarkannya memiliki tubuh yang tertutup bulu emas, berwajah putih, dan memiliki sayap merah.

Bagian sayap dan paruhnya dipercaya mirip burung elang, tetapi memiliki tubuh seperti manusia dengan ukuran yang sangat besar. Konon, ia bisa menghalangi matahari!

Kisah Garuda sendiri ada dalam kepercayaan Hindu dan Buddha yang tertuang dalam kitab Mahabharata dan Purana yang asalnya dari India.

Tak hanya Indonesia, Garuda juga merupakan lambang negara Thailand, loh!

2. Ahool

Makhluk Mitologi Jawa D68f9

Sumber foto: Indozone

Alasan hewan mitologi Indonesia ini dinamakan Ahool adalah karena ia mengeluarkan suara seperti, "Ahooooool" yang sangat panjang, geng.

Bentuknya sendiri cukup menyeramkan sih, karena Ahool adalah kelelawar sebesar anak berusia satu tahun yang memiliki sayap raksasa berukuran sekitar 3,5 meter!

Konon, kemunculan makhluk ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1925 ketika seorang ahli ornitologi bernama Dr. Ernest Bartels melihat Ahool terbang di atas kepalanya di Pegunungan Salak.

Beberapa peneliti memperkirakan ada kemungkinan bahwa Ahool adalah jenis reptil terbang di masa dinosaurus yang masih bertahan hingga kini, geng.

Kabarnya sih, kehancuran hutan hujan di Jawa menyebabkan populasinya menyusut. Masalahnya, keberadaannya saja belum ada buktinya.

3. Orang Bati (Maluku)

Makhluk Mitologi Laut Indonesia 0c890

Sumber foto: Boombastis

Ternyata, Ahool punya kembaran di Maluku yang bernama Orang Bati atau manusia bersayap dengan perawakan menyerupai kera besar dengan sayapnya mirip kelelawar.

Makhluk mitologi Indonesia ini diyakini hidup di Gunung Kairatu di pulau Seram dan berkeliaran di malam hari untuk memangsa anak kecil dan hewan ternak sehingga menimbulkan ketakutan bagi para warga desa.

Sama seperti Ahool, Orang Bati juga suka berteriak hingga menciptakan suasana mencekam.

Konon, seorang misionaris asal Inggris bernama Tyson Hughes dan anggota timnya yang datang ke Maluku pernah melihat Orang Bati pada sekitar tahun 1987.

Orang Bati yang dikenal sebagai manusia terbang ini juga populer di belahan dunia lainnya seperti Zambia, Papua nugini, dan Kongo, geng.

4. Leak

Makhluk Mitologi Indonesia Yang Go Internasional D33c9

Sumber foto: Taman Ghoib

Selain menyeramkan, Leak, makhluk mitologi asal Bali ini juga dikenal banyak orang sampai ke luar negeri, loh.

Leak merupakan penyihir jahat yang suka berkeliaran di malam hari untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia di kuburan yang akan dijadikan bahan membuat ramuan sihir.

Padahal, pada siang hari Leaks berbentuk seperti manusia biasa, geng. Diam-diam mengerikan, bukan?

Sesuai kepercayaan orang Bali, seorang Leak dapat mengubah dirinya menjadi api atau bola api, meski bentuk sesungguhnya memiliki lidah panjang dan gigi tajam.

Penggambaran Leak sebenarnya juga cukup berbeda-beda, karena ada sekitar 35 jenis leak yang ada di Bali. Banyak banget, ya.

5. Naga Besukih

Makhluk Makhluk Mitologi Indonesia 556ea

Sumber foto: Sejarah Bali

Naga Besukih salah satu makhluk yang masuk ke dalam mitos penciptaan Selat Bali, geng.

Diceritakan, Naga Besukih yang tinggal di Gunung Agung tersebut sangat sakti dan sisiknya dapat berubah menjadi emas dan berlian jika rontok.

Suatu hari, seorang Brahmana sakti bernama Sidi Mantra bertapa di Gunung Agung untuk meminta bantuan Naga Besukih menyelesaikan persoalan utang piutang yang disebabkan oleh Manik Angkeran, anaknya yang suka berjudi.

Singkat cerita, sang naga setuju untuk membantunya dengan syarat anak Sidi Mantra harus berhenti berjudi, tetapi ternyata Manik Angekran tidak berubah.

Cerita tersebut berakhir dengan terciptanya Selat Bali oleh tongkat milik Sidi Mantra yang memisahkan pulau Bali dan pulau Jawa.

6. Warak Ngendhog

Nama Makhluk Mitologi Indonesia 38ca8

Sumber foto: Boombastis

Jika Naga Besukih digambarkan sebagai naga yang besar dan sakti, berbeda dengan naga kecil bernama Warak Ngendhog asal Semarang.

Makhluk dalam cerita mitos orang Jawa tersebut adalah representasi dari tiga etnis mayoritas di Semarang, tercermin dari kepala naga yang melambangkan etnis China, tubuh unta khas Arab, serta empat kaki kambing yang mewakili suku Jawa.

Biasanya, Warak Ngendhog diarak dalam Festival Kebyaran atau perayaan Dugderan yang digelar untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Warak Ngendhog memiliki tubuh bersisik, mulut bertaring yang menganga, dan wajah yang cukup mengerikan sebagai lambang hawa nafsu yang harus dilawan.

Kata "Warak" berasal dari bahasa Arab "wara'i" yang berarti suci, sementara "ngendhog" adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya "bertelur", yang dilambangkan sebagai pahala dari ibadah puasa, geng.

7. Suku Mante (Aceh)

Makhluk Mitos Indonesia 7c1db

Sumber foto: HiTekno

Sudah baca tulisan Jaka mengenai Suku Mante yang misterius, belum? Kalau belum, Jaka sarankan untuk membacanya setelah artikel ini, geng.

Pasalnya, suku misterius yang satu ini sangatlah unik karena mereka disebut-sebut menjadi nenek moyang Suku Aceh yang masih hidup. Hanya saja, menemukannya sampai sekarang masih menjadi tugas yang sulit.

Pada tahun 2017, ada sebuah video viral di mana beberapa pengendara motor bertemu orang pedalaman dengan tubuh kecil yang berlari dengan sangat kencang - diduga itu adalah anggota Suku Mante.

Mante memiliki fisik yang kerdil dengan tinggi maksimal 1 meter, berkulit sawo matang, dan rambut gimbal yang sangat panjang.

Suku ini masih hidup dengan cara primitif dan sangat menutup diri dari manusia, bahkan mereka sangat takut dengan manusia, loh!

8. Kuda Sembrani

Hewan Mitologi Di Indonesia 2a59e

Sumber foto: Kompasiana

Hewan mitologi di Indonesia lainnya yang berasal dari Jawa adalah Kuda Sembrani, seekor kuda bersayap yang bisa terbang dan pemberani, geng. Mirip dengan Pegasus dari Yunani!

Menurut cerita pewayangan, Kuda Sembrani merupakan kuda tunggangan Batara Wisnu, tetapi hikayat rakyat Jawa menyebutnya sebagai alat transportasi bagi raja, ratu dan senopati.

Salah satu legenda mengatakan Kuda Sembrani milik Sultan Agung pernah kabur dari Kerajaan Mataram dan singgah di Pantai Madasari, Pangandaran, Jawa Barat.

9. Nyi Roro Kidul

Makhluk Mitologi Indonesia 6d9ee

Membicarakan legenda laut Indonesia pastinya tak lengkap jika tidak menyertakan nama Nyi Roro Kidul yang sangat populer.

Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris yang dikenal sebagai Ratu Laut Selatan dan digambarkan memiliki paras rupawan.

Sosok yang memiliki nama asli Dewi Kadita ini dipercaya menguasai Laut Selatan dan memiliki kerajaan di bawah laut, geng.

Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan larangan untuk berpakaian hijau di sepanjang pantai selatan Jawa karena Nyi Roro Kidul amat menyukai warna hijau.

Mitosnya, jika nekat mengenakan baju hijau, bisa-bisa orang tersebut diseret masuk ke dalam lautan dan tak akan pernah kembali, lantaran menjadi tentara atau pelayan sang Nyai. Berani pakai, nggak?

10. Kuyang (Kalimantan)

Makhluk Mitologi Di Indonesia 17eec

Sumber foto: Liputan 6

Makhluk mitologi Indonesia yang go internasional lainnya adalah Kuyang asal Kalimantan yang kengeriannya tak perlu diragukan lagi, geng.

Kuyang adalah siluman berwujud kepala manusia dengan organ-organ tubuh yang masih menggantung di kepala dan bisa terbang untuk memangsa darah bayi atau darah wanita yang baru melahirkan.

Mirip Leak di Bali, Kuyang adalah wanita yang memiliki ilmu hitam agar dapat hidup abadi dan berpenampilan seperti orang biasa di pagi hari.

Menurut kepercayaan, korban harus menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabotan rumah tangga seperti panci dan wajan untuk menghadapi Kuyang.

Akhir Kata

Itu dia makhluk mitologi Indonesia yang berasal dari berbagai daerah, geng. Ajaib dan misterius, kan?

Beberapa makhluk di atas juga lebih dipercaya sebagai setan atau hantu, misalnya saja Kuyang.

Apakah menurutmu makhluk-makhluk di atas lebih mengerikan daripada makhluk mitologi dari negara lain?

Baca juga artikel seputar Makhluk Mitologi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 05 03t203324 784 4407a
10 Makhluk Mitologi Yunani Paling Terkenal | Ada yang Menyeramkan dan Baik!
2045 Legendary6 3031d
5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran
Untitled Design 2021 03 09t171155 451 23861
Suku Mante, Leluhur Suku Aceh yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Page Dde7b
7 Film tentang Dewa Mitologi Terbaik, Seru dan Menegangkan
Tokoh Game Yang Terinspirasi Dari Mitologi Kuno Banner 30ba2
8 Tokoh Game yang Terinspirasi dari Mitologi Kuno, Nomor 6 Dewi Legendaris!
Hylos Feature 97558
5 Hero Mobile Legends yang Mirip dengan Tokoh Mitologi
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal