J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Makanan Khas Puasa dari Seluruh Dunia Terpopuler | Indonesia Terfavorit!

Minggu, 28 Mar 2021, 14:00 WIB
Makanan khas puasa dari seluruh dunia ini menjadi penganan yang kerap disantap saat bulan puasa, baik di waktu sahur atau buka puasa!

Siapa yang sangat menunggu masa-masa ini? Ramadan memang menjadi bulan yang spesial dan ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nah netizen Indonesia pun banyak mencari hal seputar Ramadan melalui Google ataupun YouTube selama bulan ini.

Salah satu topik yang paling banyak dicari adalah makanan khas Ramadan. Kira-kira apa saja makan khas Ramadan paling populer di seluruh dunia?

1. Ramadan Pidesi - Turki

Makanan Bulan Puasa Untuk Dijual 0df10
Sumber foto: www.instagram.com/altinolukkartepe

Sesuai dengan nama bulan suci itu sendiri. Pidesi adalah roti pipih yang biasa dibuat dengan ragi atau tepung terigu dan kemudian dibentuk dengan tangan.

Ramadan Pidesi atau Ramazan Pidesi adalah roti tradisional Turki beragi lembut. Bentuknya bulat dan agak rata dan memiliki kerak bermotif seperti tenun.

Pidesi selalu diberi biji wijen dan bisa diisi dengan daging atau sayuran. Makanan ini selalu disediakan pada saat sahur dan berbuka di bulan Ramadan.

2. Qatayef - Mesir

Makanan Khas Lebaran 2c47d
Sumber foto: www.instagram.com/eslam.s.k/

Qatayef identik dengan makanan berbuka puasa di Mesir. Pangsit manis Timur Tengah ini mengenyangkan dan memanjakan lidah.

Hidangan penutup Arab yang disajikan pada bulan Ramadan ini dikenal sebagai kue manis yang diisi dengan krim atau kacang

Sejarahnya bermula pada Kekhalifahan Abbasiyah, 566-653 M. Qatayef disebutkan dalam buku masak Arab aabd kesepuluh dari Kekhalifahan Abbasiyah karya Ibn Sayyar al-Warraq yang disebut Kitab al-Tabih.

3. Harira - Maroko

Minuman Khas Ramadhan 87211
Sumber foto: www.instagram.com/morocco_house_inc

Banyak orang di dunia Muslim suka makan sup di malam hari selama Ramadan, karena rasanya yang ringan di tubuh namun tetap mengenyangkan.

Orang Maroko secara tradisional berbuka puasa dengan harira, sup berwarna cokelat yang terbuat dari lentil, kacang arab, nasi, dan kaldu daging.

Supnya bisa terdiri dari bahan-bahan yang berbeda, mulai dari tomat hingga daging yang berbeda, tergantung di mana kamu berada di Maroko.

4. Kolak - Indonesia

Gambar Makanan Ramadhan A0bb5
Sumber foto: www.instagram.com/jajanbeken/

Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Kolak adalah makanan penutup yang terbuat dari gula kelapa, santan, dan daun pandan.

Buah dan sayur seperti pisang, ubi, nangka, pisang raja, singkong, atau bahkan labu pun bisa ditambahkan agar lebih bervariasi.

Orang Indonesia suka berbuka puasa dengan ini karena percaya kolak memberi mereka dorongan energi setelah seharian berpuasa.

5. Kue Lapis - Singapura

Makanan Khas Buka Puasa F59e3
Sumber foto: www.instagram.com/mei_ling22/

Makanan penutup multi-warna yang populer di seluruh Asia Tenggara, Kue Lapis adalah kue kukus berlapis, umum ditemui di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Makanan ini dibuat dengan tepung beras, santan, dan berbagai warna makanan yang berbeda. Kue ini dikukus secara bertahap.

Kemudian setiap lapisan ditambahkan melalui proses memasak. Hasil akhir yang lembut terlihat hampir seperti jelly yang berwarna-warni.

6. Mansaf - Yordania

Makanan Favorit Ramadhan 28145
Sumber foto: www.instagram.com/ahasayen/

Hidangan nasional Yordania, Mansaf, adalah bentuk kecintaan orang Arab pada domba. Daging diasinkan, kemudian dimasak dengan saus yogurt kering yang difermentasi.

Kemudian makanan ini akan disajikan dengan nasi harum atau bulgur. Mansaf menjadi salah satu hidangan yang populer dimakan oleh masyarakat Levant (wilayah Syam, Palestina sekitarnya sekarang).

Mansaf mulanya dibuat oleh para penggembala dari suku Badui mengalami perubahan signifikan pada abad ke-20. Hidangan ini konon awalnya dibuat hanya dengan daging (unta atau domba), kaldu daging atau ghee (mentega), dan roti.

7. Nonbu Kanji - Sri Lanka

Makanan Puasa E2ef8

Sumber foto: www.instagram.com/hazeenaseyad/

Ringan dan tetap mengenyangkan, Nonbu Kanji adalah makanan pokok di meja makan Sri Lanka bagian mana pun.

Nasi dengan konsistensi seperti bubur, butuh beberapa jam untuk membuatnya karena lambat dimasak bersama dengan daging dan sayuran segar.

Resep Nombu Kanji pertama kali dikembangkan oleh Pulavar Asan Mohideen dari keluarga Pulavar, seorang pemilik hotel Tamil di Burma. Kemudian dia memperkenalkan Nombu Kanji di kota asalnya di Shengottai, Tamilnadu, India.

Akhir Kata

Itu dia sejumlah makanan khas puasa dari seluruh dunia yang cukup populer untuk disantap di bulan Ramadan. Bermacam-macam dan terlihat enak bukan?

Kalau kamu pada bulan Ramadan, makanan apakah yang menjadi favoritmu dan paling kamu rindukan? Bagikan pendapatmu dalam kolom komentar.

Baca juga artikel seputar Ramadan atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

BACA JUGA

Misteri Segitiga Bermuda Terpecahkan | Pesawat dan Kapal Terhisap?

10+ Cara Mudah Mendapatkan Pulsa Gratis | Bisa Tanpa Aplikasi Juga Loh!

Download PPT Keren Gratis dan Terbaru 2021, Sudah Jadi & Bisa Diedit!

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Video Klip Artis Indonesia yang Dituding Plagiat K-Pop | Terbaru Young Lex

5 Tim Esports Indonesia yang Diakui Dunia, Bikin Bangga!

ARTIKEL TERKAIT
Setiap Hari Bersamamu Adalah Sebuah Anugerah Semoga Kita Selalu Bersama Hingga Jannah Selamat Ulang Tahun Pernikahan D292f
75+ Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islami | Langgeng Hingga Jannah!
Kata Mutiara Calon Pengantin 54b97
100 Kata-Kata Mutiara Pernikahan | Romantis, Islami & Menyentuh Hati
Untitled Design 19 8478b
7 Rekomendasi Cerita Wattpad Islami | Banyak Kisah Perjodohan!
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
Ucapan Ulang Tahun Islami 9306a
100+ Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Terkasih, Penuh Harapan!
Situs Belajar Islam Bef1f
6 Situs Terbaik untuk Belajar Islam dan Sejarahnya | Insya Allah Terpercaya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal