Aslinya Harga Receh, 10 Makanan Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Luar Negeri!

Default

Jika ditanya apa sih makanan Indonesia favoritmu, mungkin hampir setiap orang akan kesulitan menjawab.

Wajar saja, Indonesia memang punya banyak sekali makanan khas yang rasanya luar biasa lezat dari segala penjuru daerahnya. Tak hanya lezat, makanan-makanan ini pun kebanyakan punya harga yang murah.

Saking populernya makanan Indonesia, kamu juga bisa dengan mudah menemukannya di luar negeri. Seperti rendang, sate, pecel lele, hingga nasi goreng.

Namun, harga yang murah ini bisa berbalik 180 derajat kalau kamu berkunjung ke luar negeri. Harga makanan-makanan tersebut bisa jadi sangat mahal loh.

Banyak faktor yang bikin makanan-makanan ini jadi punya harga yang mahal. Salah satunya bahan masakan serta bumbu dan rempah khas Indonesia yang sulit ditemukan di luar negeri. Belum lagi, tak semua orang bisa membuatnya dengan rasa yang otentik.

Penasaran makanan Indonesia apa saja yang harganya recehan di Indonesia tapi jadi mahal banget di luar negeri? Simak daftarnya berikut ya, seperti dilansir dari Good News From Indonesia.

1. Rendang

Rendang Kumparan 1465b 2a0e2

Kamu pasti familiar sama rendang. Makanan yang pernah diakui sama negara lain ini beberapa kali berhasil masuk dalam daftar makanan paling lezat di dunia oleh situs berita CNN.

Jika biasanya makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di mana pun, lain halnya di luar negeri. Harganya pun murah, hanya mulai dari Rp8.000 per potong.

Selain sulit ditemukan, harganya juga mahal banget. Misalnya saja di Amerika, harga rendang bisa mencapai Rp150.000 per potong!

2. Pecel Lele

Pecel Lele GNFI 44d6a Ba0e9

Pecel lele yang bisa dengan mudah kita temukan di pinggir-pinggir jalan juga populer nih di luar negeri. Salah satunya di Swiss.

Namun kalau jajan pecel lele di Swiss rasanya kita harus pikir-pikir lagi deh, geng. Harganya mahal banget. Untuk 1 porsi pecel lele harganya bisa mencapai 15 euro atau sekitar Rp225.000.

Duh, padahal kalau di Indonesia dengan uang Rp10.000-Rp 20.000 saja kita sudah kenyang ya makan pecel lele beserta nasi, sambal, dan lalapan.

3. Sate Ayam

Sate Ayam Kedubes RI Di Kabul D67e1 2b584

Sate ayam biasanya punya harga yang cukup recehan. Satu porsinya dibanderol mulai dari Rp10.000 saja.

Sate ayam dengan bumbu kecap atau kacang, ditambah lontong atau nasi ini tak hanya populer di Indonesia saja ternyata. Namun juga di luar negeri seperti di Jerman.

Namun harga sate ayam di sana sama sekali tak semurah di Indonesia, geng. Untuk 1 porsi sate ayam di Jerman biasanya dibanderol dengan harga 10 euro atau sekitar Rp150.000.

4. Bakso

Bakso Sapi Tribun News 870cf 1410c

Banyak orang yang menjadikan bakso makanan favoritnya. Jelas saja, kuah gurih bakso bisa cocok dipadupadankan dengan rasa apa pun. Kamu bisa membuatnya jadi pedas, sedikit asam, atau agak manis dengan kecap.

Bakso juga mudah ditemukan di mana-mana. Banyak tukang bakso yang berkeliling dengan gerobak di jalanan. Harganya pun khas kaki lima banget, mulai dari Rp10.000 saja per porsi.

Bakso khas Indonesia juga bisa kamu temukan di luar negeri, seperti di Singapura misalnya. Namun harganya cukup mahal nih. Kamu harus siap merogoh kocek sebesar 5 dollar Singapura atau sekitar Rp50.000 per porsi.

5. Nasi Goreng

Nasi Goreng Kumparan 44aa3 A85fd

Bukan rahasia lagi kalau nasi goreng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang populer banget di luar negeri. Nasi goreng cocok dimakan kapan pun. Bisa saat sarapan, makan siang, bahkan makan malam.

Jika biasanya kita bisa mendapatkan nasi goreng kaki lima dengan harga mulai dari Rp10.000 per porsi, lain halnya dengan di luar negeri nih.

Kamu harus bersedia merogoh kocek yang agak dalam untuk bisa menikmati nasi goreng. Di Amerika Serikat misalnya, harga 1 porsi nasi goreng bisa mencapai 10 dollar AS atau sekitar Rp110.000 loh.

6. Soto Ayam

Soto Ayam Masakapahariini 8f2d3 F39a5

Makanan yang punya banyak sekali jenis di Indonesia ini memang enak banget. Kuahnya yang gurih dilengkapi dengan irisan daging ayam, telur, kentang goreng, daun seledri, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Biasanya kamu akan mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan 1 porsi soto ayam plus nasi di Indonesia. Rasanya kamu akan dibuat meringis deh dengan harga soto ayam di luar negeri.

Di Belanda atau Jerman, 1 porsi soto ayam dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni 12 euro atau sekitar Rp180.000.

7. Gado-gado

Gado Gado Masakapahariini 51068 1edc0

Salad sayuran ala Indonesia ini biasa berisi aneka sayuran rebus dan telur rebus lalu diberi bumbu kacang yang gurih. Tak lupa ada bawang goreng sebagai taburan dan kerupuk sebagai penambah kelezatan.

Di Indonesia, gado-gado harganya cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan 1 porsi gado-gado dengan harga mulai dari Rp12.000.

Namun di New York, Amerika Serikat, sajian ini cukup mahal loh. Makanan ini disebut sebagai mixed vegetables with peanut sauce. Harga 1 porsinya bisa mencapai 10 dollar AS atau sekitar Rp110.000.

8. Pisang Goreng

Pisang Goreng GNFI A69ce 2a90c

Pisang goreng merupakan salah satu camilan faovorit banyak keluarga. Camilan ini enak banget dinikmati bareng kopi atau teh panas di sore hari saat berkumpul dengan keluarga.

Pisang goreng dibanderol dengan harga yang cukup murah juga di banyak tukang gorengan. Harganya mulai dari Rp1.000 per buah.

Namun jangan kaget ya kalau kamu berkunjung ke Belanda dan menemukan pisang goreng dengan harga yang mahal. Di sana, pisang goreng dihargai 5 euro atau sekitar Rp75.000, geng!

9. Tempe Goreng

Tempe Goreng Fimela 62cf2 18b2c

Tempe jadi salah satu makanan asli Indonesia yang sudah go international. Tempe jadi salah satu makanan sehat khususnya untuk para vegetarian.

Tempe di Indonesia identik sebagai makanan yang sangat murah. Harganya paling hanya mencapai Rp1.000-Rp2.000 saja per potong.

Namun di Eropa sana, harga tempe sangat mahal loh. Kamu harus siap merogoh kocek mulai dari 1,8 euro atau sekitar Rp25.000 untuk 1 potong tempe goreng.

10. Mie Instan

Mie Instan GNFI 81d4c 5a007

Tak hanya di Indonesia, orang luar negeri juga banyak yang ketagihan sama mie instan. Di sini mie instan identik jadi makanan anak kosan karena murah. Harga mie instan memang murah banget, rata-rata mulai dari Rp2.500 saja per bungkus.

Sementara di luar negeri seperti di Tokyo, Jepang misalnya. Mie instan juga populer. Namun harganya sedikit lebih mahal, yakni Rp9.000 per bungkus. Mirip dengan harga mie instan premium di Indonesia ya, geng?

Akhir Kata

Nah itu tadi 10 makanan khas Indonesia yang harganya recehan di sini, tapi jadi mahal banget di luar negeri. Apakah ada makanan favoritmu yang masuk dalam daftar ini? Jika ada, apakah kamu masih mau memakannya di luar negeri?

BACA JUGA

Thomas Wedders, Pemilik Hidung Terpanjang Dalam Sejarah | Sampai 19 Cm, Pinokio Kalah!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Potret Lawas 9 Artis Saat Jadi Paskibra | Ada yang Jadi Paskibraka Istana Juga!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
Es Krim Dora Fff98
10 Foto Makanan Menyedihkan tapi Bikin Ngakak | Beli Roti Isinya Zonk!
Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Banner E5f40
10 Makanan Indonesia dengan Nama Jorok, Mulai Kue K*nt*l Sapi hingga M*m*k!
Penyajian Makanan Mahal Paling Nyeleneh 086f4
10 Penyajian Makanan Mahal yang Paling Nyeleneh | Bikin Melongo!
Makanan Harga 20 Dollar Banner
14 Ilustrasi Makanan yang Bisa Dibeli Seharga Rp 265 Ribu di Seluruh Dunia
Angklung Malaysia F1bbc
5 Makanan Indonesia yang Diklaim Negara Lain | Siapa Pelakunya?
Makan Indonesia Mendunia C7493
8 Makanan Indonesia yang Populer di Luar Negeri | Nomor 1 Viral Banget!
Tags Terkait: foodfakta menarik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal