5 Makanan Indonesia yang Diklaim Negara Lain | Siapa Pelakunya?

Tentu kamu masih ingat saat ramai pemberitaan Gordon Ramsay yang mendatangi kota Padang, Sumatera Barat untuk belajar menyajikan makanan khas asli Indonesia, rendang.

Ternyata hal ini mengundang banyak perdebatan di kalangan netizen. Pasalnya, ada polemik saat netizen Malaysia menyebut rendang dengan sebutan "Malaysian Rendang".

Polemik ini termasuk juga Lumpia Semarang, yang juga diakui Malaysia sebagai masakan tradisional negaranya.

Protes dalam sebuah aksi damai digelar di Kedutaan Besar Malaysia. Di sana, orang Indonesia ramai-ramai berjuang mempertahankan cemilan khas Semarang tersebut.

Kesamaan akar budaya di antara Indonesia dan Malaysia memang kerap memantik emosi netizen yang mati-matian mempertahankan pengakuan makanan ini atas nama nasionalisme. Lalu, makanan Indonesia mana sajakah yang pernah menjadi perdebatan dan diklaim negara lain?

1. Rendang

Budaya Indonesia Yang Diklaim Malaysia 7cddc

Dikenal sebagai makanan terlezat di dunia, rendang telah menimbulkan kontroversi gara-gara kompetisi memasak British Masterchef.

Saat itu, juri menilai rendang yang disajikan salah satu peserta tidak renyah. Sontak, netizen Malaysia mengomentari sang juri melalui media sosial, termasuk Perdana Menteri Malaysia saat itu Najib Razak.

Sayangnya, tanggapan netizen Malaysia itu malah membuat marah warga Indonesia yang menolak makanan itu diklaim oleh Malaysia.

Rendang sendiri berasal dari Minangkabau, Indonesia. Penduduk Minang memang sangat suka berimigrasi ke daerah lain (termasuk Malaysia dan Singapura). Inilah mengapa rendang banyak dikonsumsi di ketiga negara ini.

2. Lumpia

Makanan Khas Malaysia C5a15

Di Malaysia, makanan khas Semarang ini biasa disebut popiah. Pada 2015, beredar rumor bahwa negara tetangga ingin mengklaim lumpia sebagai penganan khas mereka.

Banyak warga Indonesia di Forum Masyarakat Peduli Budaya Indonesia (Formasbudi) yang tak terima hal tersebut dan kemudian menggelar aksi di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Tujuannya? Mengklaim lumpia adalah makanan khas Indonesia. Menariknya, Malaysia sendiri belum mengetahui siapa yang menyebarkan rumor tersebut.

Pasalnya, negara tersebut tidak pernah secara resmi mengakui bahwa lumpia tersebut berasal dari Malaysia, seperti dikutip dari The Malaysian Star.

3. Sate

Rendang Malaysia 489b3

Menu sate mudah ditemukan di mana saja, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, bahkan Thailand. Meski sumber sebenarnya dari makanan ini belum diketahui.

Namun Malaysia sendiri telah menambahkan sate sebagai makanan khas negara tetangga pada halaman promosi travel online-nya.

Tidak lupa dengan label "Taste of Malaysia". Wow, menyenangkan sekali punya tetangga yang sangat aktif saat ada kesempatan.

4. Martabak manis

Jenis Makanan Yang Indonesia Yang Sempat Diakui Asal Usulnya Oleh Malaysia Adalah D3c37

Polemik satu ini berawal dari tweet di akun Twitter @thisisinsider yang mengunggah video dengan memperlihatkan pembuatan martabak manis.

Dalam video tersebut juga terdapat pernyataan yang menyebut kue martabak manis ini sebagai kue khas Bandung. Tak terima, warga Malaysia langsung menjawab bahwa kue itu adalah "apam balik" khas Malaysia.

Tak mau kalah, netizen Indonesia pun mengklaim bahwa makanan ini merupakan makanan asli Indonesia yaitu martabak manis.

Terjadi perdebatan sengit antara kedua negara serumpun ini. Menariknya, beberapa netizen berusaha "meredam" perang ini dengan mengatakan bahwa makanan ini sebenarnya berasal dari China.

5. Ketupat

Rendang Diklaim Malaysia D43a9

Makanan khas saat hari raya Idul Fitri ini juga sangat umum di Malaysia. Itu sebabnya developer salah satu game ternama Mobile Legends berniat menyiapkan "item" edisi spesial yang bisa dikumpulkan saat lebaran.

Sayangnya, gambar yang bocor melalui Instagram tersebut bukannya membuat antusias para pemain, justru bikin emosi para pemain Indonesia.

Lantaran perusahaan pengembang game tersebut mencantumkan kata "beras ketan Malaysia" pada gambar ketupat tersebut. Terlihat dari kolom komentar WNI yang tidak menerima ketupat yang dikatakan khas Malaysia.

Akhir Kata

Itulah sejumlah makanan Indonesia yang diklaim oleh negara lain. Menurut kamu apakah karena memang serumpun jadi semua dianggap milik bersama?

Adakah makanan favorit kamu yang ikutan diklaim oleh negara lain? Bagikan komentarmu juga dalam kolom komentar, yuk!

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 20t144212 044 828a8
10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!
Negara Ramah Lingkungan Banner 5d7bf
10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Untitled Design 2021 03 01t145928 532 C465a
Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Negara Teknologi Canggih Banner Ef750
10 Negara dengan Teknologi Paling Canggih, Indonesia Termasuk?
0be038f464bad061ac8fcb8f963ec268
10 Negara Ini Penghasil Teknologi Tercanggih di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal