Mengenal Kucing Busok dari Madura | Hewan Gaib Pembawa Keberuntungan

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak jenis hewan endemik. Hewan-hewan ini hanya hidup dan berdiam di wilayah tertentu dan tidak akan ditemukan di tempat lain.

Nah, salah satu hewan endemik yang ingin Jaka bahas kali ini adalah kucing busok. Pernah dengar namanya? Mungkin akan terasa asing, mengingat kucing ini hanya hidup di Madura.

Karena langka, kucing busok sempat dianggap sebagai hewan gaib pembawa hoki. Kok bisa? Bagaimana sejarah lengkapnya? Simak fakta-fakta unik seputar kucing busok di bawah ini!

Hanya Hidup di Madura

Kucing Busok Madura 1 2b09b
Sumber foto: Asiiklim

Kucing busok atau kucing raas merupakan ras kucing domestik endemik yang hanya ada di Pulau Raas, Madura, Jawa Timur.

Sering disebut sebagai kucing Madura, kucing ini diklaim menjadi satu-satunya kucing dengan ras murni tanpa campuran dari ras manapun.

Nggak heran, kucing busok menjadi salah satu spesies yang sangat langka. Bahkan dilansir messybeast.com, per tahun 2016 kucing ras hanya tersisa kurang dari 100 ekor.

Asal Muasalnya Masih Misterius

Kucing Busok Madura 2 9a32f

Nah, asal muasal terciptanya ras endemik kucing busok sendiri masih jadi perdebatan para ahli. Banyak yang meyakini bahwa kucing ini terbentuk secara alami.

Menurut Lasley Morgan dari Australia dan dr. Ronny Rachman Noor dari Fakultas Peternakan IPB, kucing ini kemungkinan besar merupakan hasil perkawinan silang antara ras Korat yang berasal dari Thailand serta ras Asia secara umum.

Hal ini disebabkan karena kucing busok memiliki warna agak kebiruan layaknya kucing ras Korat dan struktur ekor yang bengkok layaknya kucing ras Asia.

Busok juga memiliki karakteristik fisik yang lebih besar dibanding kucing pada umumnya. Ia juga punya ciri-ciri fisik yang mirip seperti kucing hutan dan macan tutul atau leopard.

Mitos Kucing Busok

Kucing Busok Madura 3 88eda
Sumber foto: Catlovers.id

Disadur Kompas, masyarakat di Pulau Raas pernah menjadikan kucing busok sebagai cinderamata pada tahun 1990-an. Hal ini mengingat bentuknya yang anggun dan khas.

Tidak hanya itu, hewan berkaki empat ini dipercaya memiliki kekuatan mistis. Konon, mereka akan mendatangkan nasib baik dan rezeki berlimpah bagi penduduk.

Bahkan, kucing ini tidak bisa dipelihara sembarang orang. Lewat indra keenam yang dimilikinya, kucing busok hanya mau dipelihara oleh orang-orang berkedudukan tinggi seperti kyai, pejabat, bangsawan, dan tokoh masyarakat.

Inilah yang menyebabkan busok dengan mudah bisa ditemukan di sekitar pondok pesantren yang tersebar di Pulau Raas.

Dijaga dan Dilindungi Penduduk Setempat

Kucing Busok Madura 4 Ac42c
Sumber foto: Wikipedia

Seiring jumlahnya yang kian langka, Pemerintah Sumenep melarang kucing ini dijadikan cinderamata. Bahkan, Pemerintah kala itu menetapkan aturan yang ketat mengenai kucing tersebut.

Mirip seperti mitos kucing hitam, kucing busok konon bisa membawa kesialan, terutama bagi orang-orang yang nekat membawanya keluar Pulau Raas.

Bahkan dulu, penduduk meyakini bahwa orang-orang yang membawa kucing ini keluar pulau dengan menggunakan kapal bakal tenggelam, apalagi jika ia belum menikah.

Saat ini, kucing raas sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Kucing ini bahkan hanya boleh dibawa keluar pulau kalau sudah dikebiri. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kemurniannya.

Maka dari itu, kalau kamu kebetulan melihat artikel foto-foto kucing lucu dan menemukan busok di dalamnya, maka dipastikan kucing itu difoto dari Pulau Raas.

Berjuang Dapat Pengakuan Internasional

Kucing Busok Madura 5 C32aa
Sumber foto: InfoPublik

Saat ini, Pemerintah Sumenep sedang berusaha agar kucing cantik berbulu abu-abu ini mendapatkan pengakuan internasional, mengingat busok begitu unik dan langka.

Seperti dilansir Good News from Indonesia, Pemerintah sempat mengadakan kontes kucing internasional bertajuk Indonesia Breed and Raas Catshow pada tahun 2018.

Saat itu, Pemerintah Sumenep berhasil menggandeng komunitas pencinta kucing raas, Cat Fancy Indonesia (CFI) untuk ikut mempromosikan kucing Madura ini.

Kontes itu sendiri diikuti 100 peserta, di mana 30 peserta di antaranya membawa kucing busok asli dari Pulau Raas.

Kontes ini juga dihadiri para ilmuwan dari berbagai universitas yang ingin tahu lebih banyak mengenai busok. Mereka pun bahkan sudah mengambil spesimen dari kucing lewat swab atau tes usap.

Kucing Busok Madura 6 967db
Sumber foto: PR Newswire

Supaya diakui internasional dan dinyatakan sebagai ras baru, ada dua tahapan utama yang harus Indonesia lalui. Pertama, ilmuwan Indonesia harus bisa membuktikan kemurnian gen kucing busok sampai tiga generasi.

Kedua, Indonesia harus melakukan presentasi internasional di hadapan World Cat Congress. Berdiri sejak tahun 1994, organisasi ini merupakan gabungan federasi dan asosiasi pelestari ras kucing dunia.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai kucing busok dari Madura. Mari kita doakan agar proses pengakuan kucing busok di tahap internasional bisa berjalan lancar, ya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

20 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Publik | Bikin Prihatin!

7 Anak Artis dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Buat DP Mobil!

25 Quote Terbaru dan Terbaik Lord Fahri Skroepp, Dewa Bucin Panutan Netizen +62

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tags Terkait: hewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal