Bikin Geli, Inilah 6 Kotoran Termahal di Dunia | Ada Punya Artis Legenda!

Berbicara mengenai benda-benda termahal di dunia, ternyata nggak cuma sebatas barang mewah seperti kendaraan, perangkat teknologi, atau produk fashion saja, lho.

Pasalnya, fakta di lapangan justru membuktikan bahwa masih ada barang-barang unik lainnya yang tak pernah terpikirkan jika memiliki harga jual sangat fantastis.

Setelah sebelumnya, ada jajaran buah termahal di dunia yang masih cukup masuk akal, kini ada lagi deretan kotoran termahal di dunia yang terdengar sangat menggelikan.

Namun, apakah memang benar ada? Langsung saja simak daftar selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Kotoran Hewan Luwak

Kotoran Termahal Di Dunia Custom Cd5a1
Sumber foto: Stay Grateful and Be Happy

Bukan rahasia lagi kalau kotoran hewan Luwak memang memiliki nilai jual yang sangat fantastis, lantaran dapat diolah menjadi kopi dengan cita rasa yang sangat nikmat.

Bahkan, kopi luwak juga digadang-gadang sebagai salah satu kopi termahal di dunia lho, geng. Terbukti, pada tahun 2015 silam, secangkir kopi luwak di AS dijual seharga USD 90 (Rp1,2 juta).

Sebagai informasi, hewan Luwak sendiri dikenal sangat ahli dalam memilih biji kopi sebagai makanannya.

Sementara itu, karena sistem pencernaan Luwak yang tergolong cepat, maka biji kopi yang menjadi makanannya itu pun tidak tercerna dan akan keluar bersama kotorannya.

2. Ambergris

Kotoran Paling Mahal Di Dunia Custom 26bd2
Sumber foto: Liputan6

Jika mungkin selama ini kita mengenal mutiara sebagai harta karunnya lautan, ternyata ada yang jauh lebih mahal dari itu, lho!

Dialah Ambergris, zat lilin abu-abu atau hitam yang berasal dari usus paus tertentu dan dianggap sebagai bahan penting dalam pembuatan parfum.

Ambergris sendiri banyak dianggap sebagai muntahan paus, meskipun kenyataannya berdasarkan penelitian terakhir, ambergris sebenarnya merupakan feses yang diproduksi oleh Paus Sperma atau Paus Kepala Otak.

Ambergris menjadi bahan penting pembuatan parfum lantaran kotoran Paus Sperma ini diketahui akan berubah menjadi tinja yang memiliki aroma super harus ketika sudah mengering.

Pada tahun 2016 silam, tiga orang nelayan asal Oman kabarnya pernah menemukan Ambergris seberat 80 Kg, yang harganya ditaksir mencapai USD 3 juta atau saat ini setara dengan lebih dari Rp42 Milyar.

Lalu, di tahun yang sama, pasangan di Inggris juga berhasil menemukan bongkahan Ambergris yang kemudian laku terjual seharga USD 70.000 atau sekitar Rp996 juta (kurs Rp14 ribu)

3. Kotoran Elvis Presley

Feses Termahal Di Dunia Custom 4a186
Sumber foto: InsertLive

Selain kotoran hewan, ternyata ada juga lho beberapa kotoran manusia yang kabarnya punya nilai jual sangat mahal, geng.

Salah satunya adalah kotoran dari bintang rock and roll, Elvis Presley yang banyak ditawar oleh para penggemarnya seharga 5.000 Pound Sterling atau saat itu setara dengan Rp86 juta.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi pada tahun 2012 silam, ketika celana dalam biru muda yang dikenakan Elvis saat konsernya pada tahun 1977 dilelang karena dipercaya terdapat feses sang legenda.

Meskipun nominal yang ditawarkan sudah terbilang mahal untuk ukuran pelelangan feses manusia, namun ternyata juru lelang berharap akan menjualnya seharga 10.000 Pound Sterling (Rp173 juta). Yang benar aja, bos!

4. Kotoran Piero Manzoni

Fosil Kotoran Termahal Di Dunia Custom 27ad4
Sumber foto: Intisari Online

Selain kotoran musisi legenda Elvis Presley, ada juga kotoran termahal lainnya yang berasal dari seorang seniman Italia bernama Piero Manzoni.

Uniknya, sang seniman bahkan sengaja membuat sebuah "karya" dengan menggunakan fesesnya sendiri untuk dijual ke publik pada tahun 1961 silam.

Diketahui Manzoni mengumpulkan kotorannya di 90 kaleng, kemudian menutupnya dan menjualnya. Tak ketinggalan pula label bertuliskan "Artist's S-t, Freshly Preserved, Produces and Tinned in May 1961" di masing-masing kaleng tersebut.

Menariknya lagi, harga tiap-tiap kaleng kotoran Manzoni juga ditentukan oleh berat yang sama dengan nilai emas, lho. Epic banget, geng!

Meskipun terdengar nyeleneh dan nggak menarik sama sekali, tetapi satu kaleng kotoran Manzoni pernah laku terjual dengan harga 22.350 Pound Sterling (Rp387 juta) pada tahun 2007.

Kemudian, pada tahun 2017, karya menohok Manzoni itu juga berhasil menyentuh angka USD 300.000 dan diperkirakan akan terus naik beberapa tahun ke depan.

5. Guano

Tinja Paling Mahal Di Dunia Custom 5de9f
Sumber foto: Educalingo

Kotoran termahal di dunia yang berikutnya yaitu Guano, yang merupakan kumulasi kotoran burung laut, kelelawar, hingga jangkrik yang diolah sebagai produk pupuk.

Bahkan, Guano pernah menjadi benda yang sangat berharga pada abad ke-19, ketika Amerika dan beberapa negara Eropa lainnya rela melakukan apa saja demi mendapatkan feses hewan satu ini dalam jumlah banyak.

Saking berharganya jenis kotoran satu ini, pada tahun 1864, negara Peru dan Spanyol bahkan sampai berperang untuk memperebutkan Pulau Chincha yang konon kaya akan produksi Guano.

Pada tahun 2019, harga pupuk Guano asli Peru sendiri kabarnya dijual berkisar USD 55 per 14 pon atau sekitar Rp56 ribu per pon.

6. Fosil Tinja

Jenis Kotoran Termahal Di Dunia Custom 1fbc5
Sumber foto: Educalingo

Kegiatan penemuan fosil megalodon atau hewan purba lainnya mungkin sudah terdengar biasa mengingat benda-benda tersebut memiliki nilai sejarah yang begitu besar.

Namun, apa jadinya kalu fosil yang ditemukan adalah fosil tinja? Terdengar sangat unik, bukan?

Itulah yang terjadi pada tahun 2012 silam, ketika para arkeolog menemukan sebuah fosil tinja sepanjang 1 meter di kawasan Toledo, Washington, Amerika Serikat.

Fosil tinja yang diperkirakan telah berumur 33 juta tahun yang lalu itu berhasil menjadi salah satu kotoran termahal di dunia, karena terjual seharga Rp130 juta pada tahun 2014.

Akhir Kata

Demikian, geng, deretan kotoran termahal di dunia yang memiliki banderol harga setara mobil sport mewah.

Siapa sangka, benda yang sering dianggap menjijikan oleh banyak orang ini ternyata laku dijual dan bahkan punya harga fantastis. Namun, satu hal yang paling nggak masuk akal, kok ada orang yang rela merogoh kocek dalam cuma buat beli tinja?

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

BACA JUGA

Download TikTok 18 Plus MOD APK 5.1.7 Terbaru 2021 | Khusus Dewasa

Rumah Tuanya Dibeli Rp1,5 Triliun, Pria Miskin Ini Mendadak Kaya

Calon Mertua Minta Mahar Rp100 Juta, Pria Ini Ikhlas Lepas Kekasihnya | Saya Hanya Kuli

X8 Speeder Versi China Terbaru 2021, Bebas Main Tanpa Iklan!

10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok

ARTIKEL TERKAIT
Suhu Permukaan Matahari 8cad2
Ilmuwan Akhirnya Pecahkan Misteri Permukaan Matahari | Gak Nyangka!
Orang Terkaya Di Dunia 9f1bc
Tiket Tamasya ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Laku Rp397 Miliar! | Tertarik?
Restorasi Jasad Korban Pompeii 61397
Bukan Dongeng, Anak Ini Beneran Berubah Jadi Batu!
Artis Jadi Pejabat Bf97f
10 Gaya Artis Saat Tampil di TV vs Bertugas Sebagai Pejabat | Aura Diva Gak Bisa Bohong!
Potret Artis Saat Pakai Daster Vs Tampil Glamor E1e06
10 Potret Artis Saat Pakai Daster vs. Tampil Glamor | Bukti Jangan Remehkan Emak Berdaster!
Apa Itu Onlyfans 3d611
Apa Itu OnlyFans? Ini Ulasan Lengkap + Cara Membukanya!
Tags Terkait: ViralOut Of Tech
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal