Kisah Hidup Bos Jalan Tol Jusuf Hamka, Dulu Digaji Rp750 Ribu Kini Punya Harta Triliunan

Default

Siapa yang gak tahu sosok Jusuf Hamka? Ia adalah salah satu pengusaha jalan tol ternama di Indonesia yang dikenal kaya raya tapi selalu hidup sederhana dan suka berbagi kepada sesama.

Sosok bernama lengkap H. Mohammad Jusuf Hamka ini memang bukan seperti crazy rich Indonesia pada umumnya. Pengusaha berdarah Tionghoa ini membangun semua kekayaannya benar-benar dari 0.

Ia juga dikenal sangat sederhana karena kerap kepergok mendatangi warung sederhana, potong rambut di tukang cukur pinggir jalan, dan mengenakan barang-barang fashion yang tidak branded.

Kisah hidup sang bos jalan tol ini ia ceritakan juga melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @jusufhamka.

Digaji Rp750.000 per bulan

Jusuf Hamka F25cc
Sumber foto: Instagram @jusufhamka

Seperti dilansir Dream, kisah hidup pengusaha yang juga dikenal dengan sebutan Babah Alun ini memang begitu menginspirasi.

Sebelum menjadi Direktur Utama PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), salah satu kontraktor swasta yang banyak terlibat di pembangunan jalan tol di Indonesia, ia adalah seorang pekerja biasa di bidang kontraktor.

Dalam foto yang ia unggah, itu adalah fotonya bersama kedua buah hatinya. Saat itu tahun 80-an, ia masih tinggal di Samarinda dan bekerja sebagai supir traktor untuk pembuatan jalan.

Ia bekerja untuk pabrik plywood di desa Bukuan, Kecamatan Palaran yang terletak di pinggir Sungai Mahakam. Selama bekerja dari tahun 1986-1989, Jusuf Hamka digaji Rp750.000 saja per bulan.

Pada usia 28 tahun, terungkap kalau Jusuf Hamka bahkan masih harus tinggal di rumah panggung sederhana yang terbuat dari kayu. Itu pun ia masih mengontrak pada orang.

Sebelumnya, Jusuf Hamka juga sudah terlatih mencari uang sendiri sejak kecil. Ia dibesarkan di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Sejak kecil ia sudah terbiasa menjadi pedagang asongan untuk menambah uang jajan.

Dari pembuat jalan, jadi pengelola jalan tol

Masjid Babah Alun 99dad
Sumber foto: Instagram @jusufhamka

Namun, dengan kerja keras Jusuf Hamka berhasil mengubah nasibnya. Berawal dari pembuat jalan, ia kini menjadi pengelola jalan tol di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Sahabatku, percayalah, bila Allah Swt sdh berkehendak, ga ada yg tdk mungkin, semua bagaikan mimpi.. mana sangka, si Anak JALANAN. yg bekerja sbg pembuat JALAN, namun skrg bisa jd pemilik JALAN TOL swasta terpercaya, yaitu PT CMNP," tulis dia dalam caption foto tersebut.

Karier pria yang memutuskan menjadi mualaf dengan dibantu Alm. Buya Hamka ini pun terus meroket. PT. CMNP pun sudah dipercaya untuk mengerjakan berbagai proyek pemerintah yang bernilai triliunan.

"Bahkan saat ini PT CMNP dipercaya utk mengerjakan proyek Harbour Road 2 di Jkt senilai 16 Triliun dan NS LINK di Bandung senilai 9 Triliun, total Rp 25 Triliun," ungkap Jusuf Hamka.

Hobi bersedekah

Jusuf Hamka Berbagi 147cf
Sumber foto: Instagram @jusufhamka

Penghasilan triliunan yang diperoleh Jusuf Hamka tak lantas membuatnya lupa diri. Ia berusaha berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya.

Salah satunya dengan cara membangun warung nasi kuning untuk kaum dhuafa. Warung nasi kuning pojok halal tersebut menjual nasi kuning dengan harga Rp3.000 saja per porsi. Pelanggan juga bebas mengambil nasi dan lauk sepuasnya.

Selain itu, pengusaha dermawan ini juga ingin bisa mewujudkan salah satu mimpinya di jalan Tuhan, yakni membangun 1000 masjid.

Selama ini ia sudah berhasil sebuah masjid bernama Masjid Babah Alun yang berada di bawah jalan tol Ir. Wiyoto-Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Masjid berkonsep Tionghoa tersebut juga memiliki balai masyarakat yang bisa digunakan untuk kegiatan warga sekitar dengan gratis. Kini, sudah ada beberapa Masjid Babah Alun yang tersebar di Jakarta.

Jusuf Hamka memiliki tiga orang anak, Fitria Jusuf, Feisal Hamka, dan Farid Hamka. Ketiganya ikut membantu bisnis sang ayah dan juga sering ikut berbagi kepada sesama.

Jusuf pun sudah berpesan kepada anak-anaknya untuk meneruskan pembangunan 1000 masjid tersebut setelah dirinya sudah dipanggil sang Tuhan.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Terlilit Hutang Ratusan Miliar ke Mantan Pacar, Raja Komedi Stephen Chow Kini Bangkrut?

Gini Kalau Petani Jadi OKB! Langsung Beli BMW 4 Miliar, Tahunya Gak Mampu Beli Bensin!

Biasa Ada di Warung, 6 Obat Asli Indonesia Ini Juga Laris Manis di Seluruh Dunia

Soekarno dan Peran Wanita Malam untuk Kemerdekaan RI, Ampuh Bikin Belanda Ketar-Ketir!

Sudah 25 Kali Gagal, Bos Kaya 55 Tahun Ini Pantang Menyerah Ikut Tes Masuk Universitas Impian

Bikin Perampok Ogah Masuk, Rumah Ini Kumuh di Luar Tapi Mewah di Dalam!

ARTIKEL TERKAIT
10 Penemu Yang Kesulitan Bahkan Gagal Jadi Kaya Dari Penemuannya E2cd0 E0cbc
10 Penemu Top yang Gak Dapat Untung dan Gagal Jadi Crazy Rich
Business G331d82627 1280 6e15c
5 Alasan Keturunan Tionghoa di Indonesia Banyak yang Jadi Crazy Rich, Layak Dicontoh!
Mix Ok Af45b 048b4
5 Crazy Rich yang Nggak Ragu Tampil Sederhana, Ada yang Hobi Makan di Angkringan!
Anak Sembilan Naga Indonesia 299a2 Ae454
5 Generasi Muda Penerus Crazy Rich Indonesia | Tampan dan Berani, Bismillah Dapat Sahamnya
Crazy Rich Grobogan Bangun Jalan 3e466
Crazy Rich Grobogan Bangun Jalan Kampung Demi Mudik, Habiskan Rp2,8 Miliar!
Jadi Konglomerat Rumahnya Bak Istana Ini Gaya Sederhana Fitno Fabulous Pakai Sarung 22561
Crazy Rich ini Hobinya Sedekah Puluhan Juta Setiap Hari | Dulu Pernah Ditolak Ratusan Perusahaan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal