7 Kebiasaan Zaman Dulu yang Akan Aneh Jika Dilakukan Sekarang

Default

Membandingkan tradisi atau kebiasaan di zaman dahulu dengan zaman sekarang, tentunya akan ada banyak sekali perbedaannya, kan?

Bahkan, bukan nggak mungkin juga kalau beberapa di antaranya ada yang terasa sangat aneh jika dilakukan di era modern seperti saat ini.

Nah, ngomongin soal ini, Jaka punya nih beberapa kebiasaan unik zaman dulu yang dinilai bakal aneh banget kalau kamu lakukan di zaman sekarang. Bukan cuma aneh, tapi ada yang seram juga!

Penasaran mau tahu apa saja itu? Yuk, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Menghitamkan Gigi

Kebiasaan Zaman Dulu Yang Aneh Jika Dilakukan Sekarang Custom 00e27
Sumber foto: Liputan6

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam tradisi unik. Salah satunya yaitu tradisi menghitamkan gigi atau yang biasa disebut sebagai Ohaguro.

Tradisi unik ini mulai populer sejak zaman Kofun (250-138 Masehi) hingga akhir abad ke-19 karena dianggap menjadi simbol kecantikan budaya wanita Jepang. Tradisi ini juga dilakukan oleh para wanita kerajaan dan bangsawan.

Bukan hanya sebagai simbol kecantikan, warna gigi yang semakin hitam juga menunjukkan bahwa wanita tersebut sudah beranjak dewasa.

Namun, tradisi ini kemudian hilang ketika zaman pemerintahan Meiji atau tepatnya pada tahun 1870 karena terdapat larangan dengan tujuan ingin membuat negara jauh lebih modern.

Coba kamu bayangkan, apa jadinya kalau tradisi ini masih dilakukan di zaman sekarang, di mana orang-orang justru memilih melakukan veneer gigi yang telah menjadi standar kecantikan baru?

2. Menggunakan Bawang Untuk Mengecek Kehamilan

Kegiatan Zaman Dulu Yang Akan Aneh Jika Dilakukan Di Zaman Sekarang Custom F78d8
Sumber foto: Viva

Pesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang, tentu sangat membawa dampak positif terhadap sejumlah sektor seperti misalnya dunia medis.

Terbukti, saat ini sudah ada banyak teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan di sektor ini. Salah satunya adalah teknologi alat test pack yang digunakan untuk mengecek kehamilan.

Kondisi ini tentu sangat berbeda jauh dengan apa yang terjadi di masa lalu. Di mana pada tahun 150 sebelum Masehi, para dokter menggunakan media bawang putih atau merah untuk melakukan hal tersebut.

Mengenai cara penggunaannya, konon bawang akan dimasukkan ke dalam area kemaluan wanita dan dokter akan memeriksa wanita tersebut dengan cara mencium napasnya.

Jika napas wanita tersebut memiliki aroma bawang, artinya dia sedang hamil dan begitu pun sebaliknya. Hihihi...bakal kocak banget sih kalau tradisi ini masih dilakukan di zaman sekarang ya, geng!

3. Mencukur Habis Alis Saat Ada Kucing yang Mati

Tradisi Unik Zaman Dulu Yang Bakal Aneh Jika Dilakukan Di Zaman Sekarang Custom F9286
Sumber foto: Kabar Besuki

Jika di zaman sekarang ide mencukur habis alis lebih sering dijadikan sebagai bahan becandaan untuk melihat "tuyul", maka lain halnya dengan kebiasaan masyarakat di zaman dulu.

Pasalnya, bagi masyarakat Mesir Kuno, mencukur habis alis adalah tradisi yang wajib dilakukan ketika ada kucing peliharaan mereka yang mati.

Hal ini tentu ada alasannya, geng. Menurut kepercayaan masyarakat Mesir Kuno, memelihara kucing dapat membawa keberuntungan bagi mereka. Maka tak heran, jika mereka sangat menghormati dan memuja hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW ini.

Terlebih lagi, salah satu Dewi Mesir Kuno bernama Bastet yang digambarkan sebagai wanita berkepala kucing, dijuluki sebagai dewa penjaga rumah, kucing, dan kesuburan.

Wah! Kalu tradisi ini masih dilakukan sampai sekarang, kebayang dong ada berapa pemilik kucing yang akan berakhir dengan alis botak?

4. Menggunakan Kosmetik Kotoran Buaya

Tradisi Zaman Dulu Ini Aneh Dilakukan Sekarang Custom 650d0
Sumber foto: Boombastis

Jangankan menggunakan kosmetik dari bahan-bahan yang berasal dari kotoran hewan, menggunakan kosmetik yang punya bau nggak enak saja pastinya nggak bakal diminati oleh masyarakat zaman sekarang.

Namun, kondisi ini berbeda jauh dengan apa yang terjadi di zaman dulu, geng. Bagi kalangan bangsawan di Yunani dan Mesir kuno, kotoran buaya kabarnya pernah menjadi komoditas yang sangat berharga di zaman itu.

Mereka percaya bahwa kotoran buaya memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah penuaan dan membantu kulit tetap cerah. Itulah alasannya kenapa di zaman dulu kotoran buaya banyak dijadikan sebagai bahan kosmetik.

Kebiasaan ini pastinya bukan hanya aneh jika dilakukan di zaman sekarang, tetapi juga tidak dianjurkan mengingat kotoran hewan mengandung banyak virus, bakteri, dan juga parasit yang justru akan berbahaya bagi kesehatan.

Daripada gitu, mending kotoran buayanya diolah agar bisa menghasilkan duit seperti yang dilakukan salah seorang pria yang menggunakan kotoran sapi untuk menambang uang Kripto.

5. Ayah Membunuh Kekasih Anak Perempuannya

Kebiasaan Zaman Dulu Dilakukan Sekarang Custom A189a
Sumber foto: Keepo

Beruntunglah kamu para generasi muda yang menjalani hidup di era yang sudah sangat modern dan open minded seperti sekarang, geng!

Karena tahu nggak sih? Kalau di zaman dahulu, masyarakat Romawi kuno menerapkan aturan yang terbilang sangat keji bagi anak-anak mereka, lho.

Salah satunya tentang aturan diperbolehkannya seorang ayah membunuh pasangan kekasih anak perempuannya, jika kedapatan telah berhubungan intim sebelum menikah. Bahkan, kabarnya sang ayah juga diperbolehkan untuk membunuh anak perempuannya sendiri.

Nggak kebayang deh kalau tradisi ini masih dilakukan di zaman sekarang!

6. Menggunakan Belerang Sebagai Pewarna Rambut

Kegiatan Zaman Dulu Ini Aneh Dilakukan Sekarang Custom 6f427
Sumber foto: Tribun Travel

Siapa sangka kalau kegiatan mewarnai rambut rupanya sudah ada sejak zaman kuno, lho. Namun, tentunya ada perbedaan ketika kegiatan tersebut dilakukan di zaman dulu dan sekarang.

Kabarnya, karena kurangnya pengetahuan orang-orang di zaman kuno dulu tentang bahaya penggunaan bahan-bahan kimia terhadap kesehatan, maka banyak dari mereka yang asal menggunakan belerang untuk mewarnai rambut.

Bukan cuma belerang, larutan korosif yang dapat menyebabkan karat juga banyak digunakan oleh wanita Italia pada tahun 1700-an agar dapat memiliki rambut berwarna keemasan.

Padahal, penggunaan belerang dalam jangka waktu yang lama tentu dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Untung saja kebiasaan zaman dulu ini sudah nggak lagi dilakukan di zaman sekarang, ya.

7. Dokter Mengebor Lubang di Kepala Pasien Untuk Melepas Roh Jahat

Kegiatan Zaman Dulu Yang Aneh Dilakukan Saat Ini Custom Aad3e
Sumber foto: Liputan6

Membuat lubang di tengkorak kepala manusia atau yang lebih dikenal dengan istilah metode Trepanasi mungkin sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh para dokter di zaman dulu.

Meskipun terdengar mengerikan, tapi metode ini sangatlah populer karena konon dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diderita pasien.

Hal ini didasari pada kepercayaan orang kuno zaman dahulu yang meyakini bahwa penyebab utama munculnya berbagai penyakit dalam tubuh manusia adalah karena adanya roh jahat yang terjebak di dalam kepala.

Itulah alasannya, kenapa para dokter zaman kuno dulu kerap mengebor lubang di kepala para pasiennya, geng. Hiii...serem banget ya! Untung sekarang dunia medis sudah makin canggih.

Akhir Kata

Itu dia deratan kebiasaan zaman dulu yang bakalan aneh banget kalau dilakukan di zaman sekarang, geng. Bukan hanya aneh, tapi juga bakalan serem banget!

Untung saja, kemajuan yang terjadi di era modern seperti sekarang diimbangi juga dengan pemikiran-pemikiran yang semakin modern pula.

BACA JUGA

10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!

27 Karakter Anime Tercantik 2021 | Favorit Wibu, Kawaii!

Aplikasi Pengganti x8 Speeder Terbaik, Auto Jackpot Main Higgs Domino Island!

Download X8 Sandbox MOD APK Tanpa Iklan Terbaru | Bisa Buat Higgs Domino!

Arkeolog Temukan Danau Purba Raksasa di Bumi | Indonesia Bisa Nyemplung Masuk!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2020 12 26t223503 777 Ae206
7 Artis Korea yang Tidak Percaya Tuhan, Lee Min Ho Termasuk!
Aktor Yang Dulunya Miskin Parah 7b5ec
7 Aktor yang Dulunya Miskin Parah, Gak Punya Uang Sama Sekali?
Artis Hollywood Galak 10bb7
7 Aktor Hollywood yang Terkenal Galak & Nyebelin, No. 3 Aktor Film DC!
Orang Terkaya Di Indonesia Ee059
5 Suami Artis Indonesia Dari Kalangan Non-Seleb, Tapi Gantengnya Serupa Aktor!
Artis Blasteran Indonesia E3f4b
8 Potret Artis Indonesia Blasteran Saat Tanpa Makeup | Tetap Bikin Meleleh
Bobi F6d80
5 Artis Indonesia Hidupnya Berubah Total, Hilang Kekayaan sampai Miskin!
Tags Terkait: SejarahViral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal