5 Kapal Selam Termahal di Dunia, Harganya Capai Triliunan!

Salah satu alutsista kebanggaan negara-negara dengan militer terkuat di dunia adalah kapal selam. Selain langka, pembuatan armada yang satu ini terbilang kompleks dan lama.

Bahkan, kapal selam memiliki biaya produksi yang jauh lebih mahal dibanding alutsista lain. Hal ini disebabkan bahan-bahan yang digunakan harus berkualitas tinggi dan kokoh, mengingat ancaman utama kapal selam adalah tekanan laut yang besar.

Maka dari itu, berikut Jaka sajikan daftar kapal selam dengan biaya produksi termahal di dunia. Dijamin, sistem keamanan serta kecanggihannya juara banget!

5. Kelas Chang Bogo - Rp5,3 triliun

Kapal Selam Termahal 5 7791b

Salah satu kapal selam termahal dunia adalah kelas Chang Bogo. Armada ini dimiliki oleh Angkatan Laut Korea Selatan. TNI-AL juga membelinya pada tahun 2012, loh!

Kapal selam ini sengaja dirancang khusus untuk melakukan operasi dengan kebisingan rendah. Selain itu, lewat sistem otomatisnya, armada ini mampu mengurangi kinerja awak kapal sehingga tidak overwork.

Kapal selam yang satu ini dikembangkan oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW), sebelum akhirnya Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) memutuskan untuk mengambil alih.

Dengan panjang 56 meter, beam 6,2 meter, dan draft 5,5 meter, kapal selam ini mampu mengangkut hingga 33 awak kapal. Berkat bahan pembuatnya yang terbuat dari baja solid, harganya pun bisa mencapai Rp5,3 triliun.

4. Kelas Soryu - Rp7,1 triliun

Kapal Selam Termahal 4 B8e12

Untuk mengindari rentetan tragedi kapal selam di berbagai negara, kapal selam kelas Soryu dikembangkan secara cermat dan teliti lewat riset mendalam serta menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Bertenaga diesel-listrik, kapal selam dengan harga Rp7,1 triliun ini dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Shipbuilding Corporation. Lambung kapal selam dibuat dari baja berlapis anechoic untuk mengurangi pantulan gelombang akustik.

Memiliki panjang keseluruhan 84 meter, lebar 9,1 meter, serta kedalaman 10,3 meter, kelas Soryu mampu mengangkut hingga 65 awak kapal dan melaju dengan kecepatan permukaan 13 knot dan kecepatan terendam 20 knot. Keren!

3. Kelas Yasen/ Graney - Rp26 triliun

Kapal Selam Termahal 3 7ebdb

Kelas Yasen adalah salah satu kapal selam yang bertenaga nuklir. Dibangun oleh galangan kapal Sevmash Rusia, armada tangguh seharga Rp26 triliun ini mampu mengangkut 55 awak kapal.

Yang spesial, lambung kapal selam ini dibuat dengan baja berkekuatan magnet tinggi. Panjang keseluruhan armada ini 111 meter, lebar 12 meter, dan draft 8,4 meter.

Kapal ini punya kekuatan tembak yang besar karena mampu menyerang target dalam jarak 300 hingga 800 km, apalagi lewat 8 tabung torpedo 25.6 inci.

Kelas Yasen juga dipersenjatai dengan rudal jelajah (SLCM) 3M51 Alfa, P-800 Oniks atau SS-N-21 Granat/ Sampson SLCM. Pastinya tangguh banget!

2. Kelas Virginia - Rp36,2 triliun

Kapal Selam Termahal 2 Aea0c

Disebut sebagai salah satu kapal selam tercanggih di dunia, kelas Virginia ditenagai nuklir multimisi siluman canggih. Teknologi ini dipakai untuk perang anti-kapal selam laut dalam dan operasi pesisir.

Armada ini sendiri dibangun berkat kemitraan antara divisi Pembuatan Kapal Newport News Huntington Ingalls Industries dan General Dynamics Electric Boat dengan Rp36,2 triliun.

Karena termasuk dalam golongan kapal selam kelas perang, armada yang mampu menampung 135 awak kapal ini sudah dilengkapi dengan 12 tabung peluncuran rudal vertikal serta 4 tabung torpedo 533 mm.

Sebagai informasi, sistem peluncurannya sendiri mampu menembakkan 16 rudal jelajah yang diluncurkan dalam satu salvo. Dijamin musuh nggak bisa berkutik!

1. Kelas Seawolf - Rp79,6 triliun

Kapal Selam Termahal 1 D8409

Dikategorikan dalam kapal selam serangan cepat bertenaga nuklir, SSN Seawolf Class disebut sebagai salah satu alutsista termahal sekaligus tercanggih yang mampu mengangkut 116 awak kapal.

Aslinya, kapal selam kelas Seawolf dibangun sebagai pertahanan laut Amerika Serikat melawan Uni Soviet dalam Perang Dingin. Seiring berjalannya waktu, teknologinya dikembangkan hingga secanggih sekarang.

Seawolf sendiri mampu menyelam hingga kedalaan 610 meter. Karena kecanggihannya, kapal ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 35 knot.

Kapal selam ini sebenarnya tidak memiliki senjata eksternal. Namun, Seawolf sudah dipersenjatai dengan rudal Tomahawk dan anti-kapal dari Raytheon yang mampu menjangkau hingga 2.500 km.

Gak heran kan harganya mencapai Rp79,6 triliun?

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai harga kapal selam termahal di dunia. Tentu saja harganya sebanding dengan sistem keamanan dan kecanggihan alutsistanya.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page2 E1359
Merantau ke Luar Negeri, 5 Orang Indonesia ini Malah Jadi Pejabat Hingga Presiden!
Page1 B2ba0
5 Pemakaman Termewah & Termahal di Indonesia | Sultan Sampai Akhir Hayat!
Page1 E9223
7 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Kanibal!
Page5 573a1
4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!
Page2 66cd6
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal