J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Ratusan Kilometer!

Jumat, 26 Mar 2021, 19:30 WIB
Berikut ini daftar jembatan terpanjang di dunia. Tidak terbayang bagaimana rasanya melintasi jembatan-jembatan ini.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satu buktinya bisa kita temukan pada bidang infrastruktur.

Berkat itu pula, kondisi geografis sudah bukan jadi masalah bagi manusia. Penemuan bangunan jembatan mampu menghubungkan masyarakat yang berbeda lokasi atau bahkan pulau sekalipun.

Kerennya, beberapa jembatan dibangun sangat besar dan panjang karena tuntutan kondisi geografis maupun cuaca yang ada di sekitarnya. Beberapa di antaranya bahkan berhasil masuk dalam rekor dunia, loh!

Di bawah ini, Jaka berhasil mengumpulkan deretan jembatan terpanjang di dunia. Cocok jadi destinasi wisata terfavorit kamu!

7. Runyang Yangtze, China

Jembatan Terpanjang Di Dunia 7 2adbc

Jembatan Runyang Yangtze merupakan kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, China, bagian hilir Nanjing.

Memiliki panjang total 35,66 kilometer, jembatan ini merupakan bagian dari Jalan Tol Yangzhou Liyang yang strategis dan selalu ramai.

Dua jembatan utama pun dibangun guna menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di tepi utara.

6. Hangzhou Bay, China

Jembatan Terpanjang Di Dunia 6 Eaad4

Merupakan jembatan trans-samudra terpanjang di dunia, Hangzhou Bay Bridge terbentang sepanjang 35,673 kilometer antara darat dan laut.

Jembatan ini sendiri tercatat melintasi bagian Teluk Hangzhou di wilayah pesisir timur China, lalu menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang. Panjang banget, bukan?

Berkat adanya jembatan ini, jarak tempuh antara Ningbo dan Shanghai berkurang dari 400 kilometer menjadi 180 kilometer, serta waktu tempuh yang dari 4 jam menjadi 2 jam.

5. Manchac Swamp, Amerika Serikat

Jembatan Terpanjang Di Dunia 5 172fb

Ternyata Amerika Serikat juga memiliki jembatan yang luar biasa panjang bernama Manchac Swamp, yaitu 36,69 kilometer.

Yang unik, jembatan ini dibangun di atas rawa-rawa. Pembangunannya sendiri cukup berisiko karena rawa-rawa tersebut sudah terkenal menjadi sarang buaya yang memakan banyak korban.

Jembatan yang berlokasi di Lousiana ini dibangun untuk menjadi jalur penghubung antar negara bagian, yaitu jalan Interstate 55.

4. Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Jembatan Terpanjang Di Dunia 4 71c51

Dibangun sejak tahun 1955, Pontchartrain Causeway berhasil masuk ke dalam Guinness Book of World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia yang berdiri di atas air selama 60 tahun.

Memang, jembatan sepanjang 38,35 kilometer ini mempunyai 2 jembatan paralel yang menghubungkan kedua sisi Danau Pontchartrain, New Orleans, Amerika Serikat.

Kerennya, Pontchartrain Causeway ternyata dibangun dalam jangka waktu yang sangat singkat, yaitu hanya 14 bulan. Biarpun singkat tapi tetap awet sampai sekarang, loh!

3. Bang Na Expressway, Thailand

Jembatan Terpanjang Di Dunia 3 B20ef

Ternyata di Asia Tenggara juga memiliki jembatan terpanjang di dunia, tepatnya di Thailand. Bernama Bang Na Expressway memiliki panjang 55 kilometer. Kerennya, jembatan ini pernah memegang rekor jembatan terpanjang di dunia hingga tahun 2010.

Bang Na Expressway sendiri memiliki 6 jalur yang terbentang antara Bang Na hingga Trat. Jembatan ini berdiri di atas jalur 34 yang terkenal karena kemacetannya.

Maka dari itu, jembatan ini dikenal sebagai penyelamat karena mampu mengurai kemacetan yang terbilang parah.

2. Grand Tianjin, China

Jembatan Terpanjang Di Dunia 2 13da2

Pernah masuk Guinness Book of World Records pada tahun 2011, Grand Tianjin Bridge memiliki panjang total hingga 113,7 kilometer.

Jembatan ini difungsikan sebagai penghubung antara Langfang dan Qingxian, yang merupakan bagian dari Beijing Shanghai High-Speed Railway.

Dengan demikian, selain dilalui oleh kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, jembatan Grand Tianjin juga dilalui oleh kereta api. Keren, kan?

1. Grand Danyang, China

Jembatan Terpanjang Di Dunia 1 A6829

Nah, ini dia peringkat pertama jembatan terpanjang di dunia! Bernama Danyang Kunshan Grand Bridge, bangunan ini berhasil masuk Guinness Book of World Records, loh!

Jembatan yang terletak di China ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Selain dibuat jalan raya, jembatan ini juga digunakan sebagai penopang jalur kereta cepat yang menghubungkan Beijing dengan Shanghai.

Kerennya, jembatan ini melewati sawah, danau, dan sungai, sehingga warga yang melewatinya akan menikmati pemandangan alam yang indah dan asri.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai jembatan terpanjang di dunia. Tertarik untuk mengelana sekaligus melintasi jembatan-jembatan tersebut?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

5 Penemuan Aneh Tapi Jenius Banget, Bikin Hidup Anti Ribet!

Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?

7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal