Waduh! Jakarta Masuk Urutan Paling Wahid Sebagai Kota Terburuk di Dunia | Ini Kata Pemprov DKI

Default

Situs arsitek global Rethinking the Future (RTF) baru-baru ini menobatkan Jakarta sebagai kota dengan penataan terburuk di dunia.

Di bawah Jakarta antara lain diikuti dengan Dubai di Uni Emirat Arab, Brasilia di Brasil, dan Atlanta di Amerika Serikat.

Daftar tata kota terburuk di dunia itu bisa dilihat dalam artikel berjudul 10 Examples of Bad Urban City Planning yang ditayangkan oleh situs web re-thinkingthefuture.com.

Namun, laporan yang dirilis oleh RTF ini mungkin cukup mengejutkan bagi banyak pihak lantaran menempatkan Jakarta di urutan paling pertama dalam daftar tata kota terburuk di dunia itu.

Di satu sisi, sebuah kota sejatinya terus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan pertambahan jumlah penduduk dan dinamika kehidupan warganya.

Selain itu, luas dari setiap kota juga berbeda-beda. Maka dari itu, pada dasarnya tidak ada kriteria khusus yang dapat menunjukkan bahwa suatu kota memiliki perencanaan yang baik.

Meski begitu, situs RTF telah mengklasifikasi masing-masing kota sesuai dengan kondisi desain atau tata kota terburuk di dunia.

Dalam hal ini, RTF menyebut daftar kota ini sebagai kota cacat berdasarkan konstektualnya.

RTF sendiri memiliki daftar panjang yang dapat menunjukkan kelemahan desain kota Jakarta, yang mana menjadi landasan dalam menempatkan ibu kota RI ini di urutan paling wahid tata kota terburuk.

Menurut situs tersebut, kota Jakarta mendapatkan nilai minus dari sisi populasinya yang sangat padat, pencemaran udara yang tinggi, serta pencemaran air yang sangat luas.

Tidak hanya itu, ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) di kota ini juga dianggap sangat minim alias tidak memadai.

Dalam laporannya, RTF pun menyebutkan bahwa Jakarta mengalami kecelakaan infrastruktur akibat adanya intervensi perencanaan selama beberapa dekade.

Bahkan, tingkat kemacetan lalu lintas yang ekstrem serta perluasan kota yang tidak terencana dengan baik justru semakin memperburuk keadaan di kota ini.

F69096fd 8a3f 4d1b 8126 B959c3f93d79 169 D8451

RTF juga menyoroti pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang justru membuat beberapa proyek jangka panjang pembangunan kota jadi tersendat.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ikut buka suara terkait rapor merah yang disematkan RTF kepada kota Jakarta.

Dirinya menyadari bahwa masih banyak persoalan yang belum dapat terselesaikan, seperti banjir dan kemacetan lalu lintas.

Menurutnya, persoalan ini masih belum teratasi hingga saat saat ini, meski DKI Jakarta sudah berganti roda kememimpinan.

"Prinsipnya semua gubernur dari dulu sampai sekarang berusha menjadi Jakarta sebagai kota yang lebih baik," ucapnya pada Senin (23/08/2021) di Balai Kota Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Oleh karena itu, Ariza mengatakan bahwa jajaran Pemprov DKI akan mempelajari setiap indikator penilaian yang dibuat oleh platform RTF tersebut.

"Nanti akan kami pelajari, apa iya Jakarta sebagai kota terburuk di dunia dalam tata kotanya, kami akan pelajari," imbuhnya.

Sebagai informasi, situs RTF sendiri merupakan platform yang lahir dari adanya kebutuhan untuk mendorong dan mempromosikan keunggulan arsitektur dalam skala global.

Bisa dikatakan, RTF menjadi platform satu atap bagi arsitek untuk mencari inspirasi, kritik, dan pengembangan.

BACA JUGA

13 Foto yang Saking Sempurnanya Sampai Dikira Hasil Editan | Kuncinya Adalah Timing!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Jepang Punya Pulau Baru yang Mendadak Muncul | Gara-gara Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 06 10t174606 683 50ad4
10 Kota di Dunia yang Paling Layak Huni 2021 | Asia Pasifik Jawara, Apa Kabar Jakarta?
Negara Terkecil Di Dunia 6a9d3 2 E37a0
10 Negara Terkecil di Dunia | Lebih Kecil daripada DKI Jakarta
Kota Besar Di Dunia Yang Akan Tenggelam Banner 1b08f
3 Kota Besar di Dunia yang Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk!
Manhattan Traffic Art 063fb
4 Kendaraan Masa Depan Anti Macet, Jakarta Butuh Nih!
Ibu Kota Tercanggih Di Dunia E6cb3
7 Ibu Kota Negara Tercanggih di Dunia, Jakarta Gak Termasuk!
Tempat Instagramable Jakarta Banner 5cceb
5 Tempat Instagramable di Jakarta yang Layak Dikunjungi
Tags Terkait: jakartaKota
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal