J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Jajanan Tradisional ini Cuma Ada Saat Bulan Ramadhan, Ayo Berburu Buat Buka!

Selasa, 13 Apr 2021, 16:15 WIB
Jajanan tradisional berikut cuma ada di bulan Ramadhan loh, geng. Dari penampakannya sih, enak semua! Kamu udah coba yang mana?

Salah satu yang membuat atmosfer bulan Ramadhan menjadi berbeda adalah adanya jenis-jenis panganan tertentu yang hanya bisa ditemui di bulan yang suci ini, geng.

Berburu cemilan untuk disantap saat berbuka puasa juga jadi kebiasaan yang nggak pernah dilewatkan oleh masyarakat dari berbagai usia.

Biasanya sih, orang-orang membeli takjil dan aneka cemilan sambil ngabuburit jalan-jalan sambil menunggu azan maghrib.

Mungkin kamu sudah sering membeli berbagai macam takjil populer seperti cendol, gorengan, bubur sumsum, kolak pisang, atau bubur mutiara.

Namun, udah pernah belum, cobain jajanan tradisional Indonesia yang hanya bisa kamu temukan di bulan puasa berikut? Sedap banget, geng!

1. Roti Jala

Roti Jala 3f353
Sumber foto: Kompasiana

Masyarakat Melayu di Sumatera Utara punya takjil Ramadhan yang lezat dan gurih, namanya Roti Jala.

Walaupun berasal dari Indonesia, kudapan ini diduga merupakan adaptasi dari Roti Canai yang diperkenalkan oleh pedagang India pada abad ke-17, geng.

Seiring berlalunya waktu, masyarakat Melayu mengadopsi konsep Roti Canai dengan membuat Roti Jala yang memiiki ciri khas lubang-lubang layaknya jala.

Biasanya, hidangan ini disajikan dengan kare kambing, tetapi Roti Jala dengan rasa manis pandan dan ubi ungu juga tersedia.

Di Kepulauan Riau, Roti Jala dikenal dengan nama lain, yaitu Roti Kirai. Sedangkan, orang Malaysia menyebutnya sebagai Net Pancake.

2. Kicak

Kicak 48f28

Yogyakarta memang gudangnya makanan enak, tetapi kali ini kamu perlu tahu bahwa ada makanan yang cukup sulit ditemukan di luar bulan Ramadhan, yaitu Kicak.

Kicak pertama kali ditemukan di salah satu destinasi Ramadhan favorit masyarakat Indonesia, Pasar Ramadhan Kauman pada tahun 1970.

Menu yang satu ini terbuat dari bahan baku berupa singkong, nangka, jadah ketan, parutan kelapa, gula, pandan, dan vanili.

Aromanya wangi banget dan rasanya pun gurih-gurih manis gitu, bikin kamu nggak bisa melupakan sensasi berbuka dengan Kicak.

Kamu memang bisa membuatnya sendiri di rumah, tetapi berburu langsung di tempatnya akan terasa lebih afdol, bukan?

3. Bubur Pedas

Bubur Pedas 65921
Sumber foto: Resep Masakanku

Pecinta makananan berempah dengan sensasi hangat wajib banget mencoba Bubur Pedas atau Bubbor Paddas yang merupakan makanan dari Sambas, Kalimantan Selatan.

Walaupun namanya "pedas", sebenarnya nama tersebut merujuk pada banyaknya jenis rempah yang digunakan. Adapun rasa pedas dari bubur ini berasal dari merica.

Bubur ini terbuat dari beras yang telah dihaluskan dan diberi kelapa parut, tak lupa pula dicampur dengan berbagai jenis sayuran, geng.

Topping yang digunakan bukan hanya kacang tanah dan bawang goreng loh, melainkan ada tambahan ikan teri juga.

Air jeruk, kecap manis, dan sambal juga biasa ditambahkan untuk menambah kelezatan bubur yang kaya gizi dan isi ini.

Nah, inilah saatnya tim bubur nggak diaduk mencoba kelezatan bubur yang sudah diaduk dan dicampur dari sananya, geng! Hihi.

4. Ketan Bintul

Ketan Bintul 2f153
Sumber foto: Good News From Indonesia

Butuh lebih banyak referensi jajanan nusantara yang memiliki rasa asin dan gurih? Ada Ketan Bintul dari Banten yang selalu ada saat berbuka puasa nih, geng.

Makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman peninggalan Kesultanan Banten pada abad ke-16, dan saat ini biasa ditemukan di Pasar Lama, Kota Serang.

Sesuai namanya, Ketan Bintul adalah makanan berbahan dasar nasi ketan yang diguyur kuah semur daging. Kebayang kan geng, kayak apa gurihnya?

Ketannya sendiri ditaburi serundeng kelapa parut yang membuatnya semakin nikmat.

Saking susahnya mendapatkan kudapan ini, ada lelucon yang menyatakan bahwa Ketan Bintul hanya muncul saat hilal bulan Ramadhan sudah terlihat. Hehehe.

5. Kue Jongkong

Kue Jongkong E3d7f
Sumber foto: Detik

Biasanya, Medan terkenal dengan Bika Ambon atau Bolu Meranti yang sudah punya nama, bahkan hingga ke mancanegara.

Namun, bagaimana dengan Kue Jongkong? Mungkin masih sedikit dari kita yang pernah mendengar namanya, apalagi mencicipinya.

Kue Jongkong adalah makanan tradisional masyarakat Melayu yang tinggal di sekitar pesisir pantai Selatan Malaka dan hanya dijual saat bulan Ramadhan.

Sekilas, takjil ini terlihat mirip bubur sumsum yang dipadatkan, ya. Bahan pembuatnya juga sama sih, yaitu tepung beras.

Hanya saja, Kue Jongkong dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang sebelum diguyur dengan santan kelapa dan gula merah. Duh, bikin pengen coba!

6. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor 9313e
Sumber foto: Tribunnews Travel

Jika Ramadhan tiba, kamu akan mudah menemukan Bongko Kopyor di sepanjang jalanan Gresik, Jawa Timur. Namun, jangan muluk-muluk berharap menjumpainya di luar bulan puasa, deh.

Itulah mengapa makanan yang terbuat dari campuran roti tawar, kelapa muda, bubur mutiara, dan pisang yang dikukus ini jadi super duper langka dan ludes diburu menjelang buka puasa.

Berbeda dengan sajian yang dibungkus daun pisang lainnya, tekstur Bongko Kopyor tidak padat, malah agak encer dan lembut.

Nama Bongko Kopyor sendiri adalah singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor, geng. Dilihat dari penampakannya, kayaknya cukup bikin kenyang, ya!

7. Pakkat

Pakkat A72cd
Sumber foto: Correcto

Mungkin kamu heran ketika melihat gambar di atas, makanan apa itu? Inilah Pakkat, makanan tradisional Mandailing, Tapanuli Selatan.

Pakkat adalah pucuk rotan muda yang dibakar dan menjadi lalapan yang lumrah dinikmati saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, geng. Unik banget, ya!

Pucuk rotan muda ini dibakar sampai warna kulitnya menghitam selama kurang lebih 4 jam. Isinya akan tetap berwarna putih, loh.

Biasanya, Pakkat disajikan dengan cabai serta parutan kelapa, tak lupa bawang merah.

Meski rasanya agak pahit, masyarakat mengaku ketagihan makan Pakkat hingga bisa meningkatkan nafsu makan! Cocok buat kamu yang susah makan, nih.

Akhir Kata

Enak-enak banget ya geng, jajanan tradisional di atas. Sayangnya untuk mendapatkannya cukup sulit, sehingga kamu mungkin tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah!

Keberadaan panganan tradisional seperti ini penting banget untuk menjaga kelestarian budaya. Mudah-mudahan nggak punah seiring zaman, ya.

BTW, kamu baca artikel ini pas lagi berpuasa atau sudah berbuka? Kalau pas lagi puasa, mohon bersabar ya, geng. Ini ujian! Hehe.

Baca juga artikel seputar Ramadhan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 18t204229 182 B68c4
4 Ide Bisnis Saat Ramadhan dengan Modal Minimalis | Biar Dompet Tebal Pas Lebaran!
Shutterstock 1303539682 3738a
7 Destinasi Wisata Islami Favorit di Indonesia | Jalan-jalan Sambil Tambah Keimanan!
Untitled Design 2021 03 24t212912 960 8d6fc
7 Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Nusantara, Dari Makan-Makan Hingga Lomba Dayung!
Untitled Design 2021 03 25t162108 067 64206
Kisah Astronot Muslim Puasa Ramadhan, Salat, dan Khatamkan Quran di Luar Angkasa
Peristiwa Besar Yang Terjadi Di Bulan Ramadhan Banner 48950
5 Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Sudah Tahu Belum?
Kata Kata Penyemangat Puasa 85d8a
40 Kata-kata Kocak Penyemangat Puasa | Agar Puasa Lebih Berwarna
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal