Kisah Harta Karun Legendaris yang Jadi Rebutan 3 Negara | Gak Ada yang Ngalah

Default

Iliad, sebuah tulisan milik Homer kerap dianggap menjadi salah satu karya sastra terbesar sepanjang sejarah dunia sastra Barat.

Karya tersebut mengisahkan Perang Troya yang sudah berabad-abad dinilai menjadi mitologi di Yunani bahkan oleh para cendekiawan.

Namun, di abad ke-19, seseorang berinisiatif mencari bukti nyata mengenai lokasi kota Troya yang berada dalam cerita legendaris tersebut.

Ia merupakan arkeolog asal Jerman bernama Heinrich Schliemann. Pencarian Schliemann pun sukses ketika ia mendapati Hisarlik atau situs peninggalan kerajaan Troya yang sekarang dijuluki situs kuno Troy.

Terbuktinya Lokasi Troya

Harta Karun Priam 936c0

Penggalian pun dimulai di tahun 1817 usai berhasil menyisir situs Troy II sebagai Troy of the Iliad . Ia selanjutnya punya target berikutnya demi menemukan situs yang bernama Treasure of Priam atau Harta Karun Priam yang menurut Schliemann adalah milik raja Troya, Priam.

Lantaran Priam merupakan penguasa Troy, Schliemann pun berpikir kalau sang raja menyembunyikan hartanya di sebuah lokasi di sekitar Hisarlik.

Hal tersebut demi mencegah penjarahan apabila nantinya Yunani jatuh ke tangan orang lain. Benar saja rupanya Schliemann sukses mendapati harta karun yang selama ini dicari pada 31 Mei 1873.

Ia mendapati Harta Karun Priam secara tak sengaja saat melihat emas di permukaan parit pada sisi barat daya situs Hisarlik.

Menurut penuturan Schliemann, benda-benda tersebut dikemas dengan rapi bahkan ditempatkan dalam peti kayu yang mulai membusuk karena usia.

Usai menemukan harta karun tersebut, ia menyimpan harta-harta tersebut di dalam rumahnya. Selain emas juga perak, Harta Karun Priam berisi senjata, kuali tembaga, panci perunggu, serta katel perunggu.

Jadi Incaran Otoritas Pemerintah

Kota Troya 0be3d

Rupanya, otoritas Ottoman yang sekarang berubah menjadi Turki menginginkan Harta Karun Priam yang ada sekarang menjadi miliknya.

Namun Schielmann memiliki rencana lain. Ia justru ingin membawa harta yang ditaksir memiliki nilai miliaran tersebut keluar dari wilayah Ottoman.

Usai menemukan Harta Karun Priam tersebut Schliemann kemudian mencari museum untuk memajangnya.

Sementara artefak bernilai tinggi tersebut ia simpan dalam rumahnya di bawah bayang-bayang ketakutan dan kecemasan akan dicuri.

Pada tahun 1887, Harta Karun Priam akhirnya pertama kali dipamerkan di depan umum dalam South Kensington Museum yang sekarang menjadi Victoria and Albert Museum di London, Inggris.

Selang beberapa tahun dipamerkan di London, Harta Karun Priam kemudian dipindahkan menuju Berlin, Jerman pada tahun 1881.

Antara tahun 1882 hingga 1885, artefak ini dipamerkan dalam Kunstgewerbe Museum dan selanjutnya dipindah kembali ke Ethnological Museum yang baru dibangun saat itu.

Dijarah atau Dirampas?

Kuda Troya 91b3a

Lepas kekalahan Nazi dalam Perang Dunia II di tahun 1945, artefak ini menghilang secara misterius. Pasukan Soviet yang ketika itu menguasai Berlin diduga bertanggung jawab atas hilangnya Harta Karun Priam.

Sejumlah benda dari Priam, karya seni, juga artefak berharga kemudian malah ditemukan di Moskow pada tahun 1993.

Soviet yang saat ini berubah menjadi Rusia, sempat membantah kalau dulunya mereka menyimpan Harta Karun Priam.

Hingga pada akhirnya mereka mengakuinya di tahun 1993. Mereka menganggap harta ini merupakan barang rampasan atas kompensasi kerugian Perang Dunia II.

Jerman melihat tindakan Rusia ini sebagai penjarahan dan menuntut harta tersebut untuk dikembalikan. Hingga sekarang, harta karun Troy legendaris tersebut masih ada di Rusia. Sebagian besar terpajang dalam Pushkin Museum, Moskow.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Sajikan Konten Kehidupan Desa, YouTuber Ini Raup Rp72 M dan Masuk Guinness World Records

Inget, Nggak? 6 Artis Ini Sering Banget Dapat Peran Jadi ART | Jago Ngelawak Semua!

Download KineMaster Pro MOD APK Terbaru 2021 | No Watermark + Unlimited Feature Unlocked!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: Finance
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal