Kelihatan Gak Berguna, Padahal 6 Bagian Tubuh Manusia Ini Dulu Punya Fungsi

Default

Setiap makhluk hidup di bumi pasti akan senantiasa berevolusi. Evolusi ini jadi salah satu bentuk adaptasi terhadap lingkungan hidup.

Proses evolusi ternyata tak hanya dialami oleh hewan atau tumbuhan saja. Namun kita sebagai manusia juga mengalaminya, geng.

Dalam rangkaian evolusi tersebut, tubuh manusia mengalami berbagai perubahan. Tak hanya bentuk fisik saja yang berubah, tapi ada pula bagian tubuh kita yang menghilang atau tetap ada hanya saja kehilangan fungsinya.

Bagian tubuh manusia yang melewati proses evolusi tersebut ada di bawah ini. Walaupun kelihatan gak berguna, ternyata 6 bagian tubuh manusia ini dulu punya fungsi yang penting loh!

Penasaran apa saja fungsinya? Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Otot arrili pili

Bulu Kuduk Merinding 49eae A6158

Mengutip Liputan 6, otot arrili pili jadi jawaban mengapa kamu sering merasa merinding ketika kedinginan.

Hal itu terjadi akibat refleks yang tersisa ketika nenek moyang manusia dulu masih memiliki bulu. Merinding ini disebabkan otot arrili pili berkontraksi tanpa sadar ketika kita sedang kedinginan atau mengalami emosi yang meningkat.

Kontraksi ini menyebabkan rambut tubuh manusia berdiri tegak. Dulu, jika rambut kita terlihat lebih tebal dan panjang bisa sangat membantu melindungi manusia dari lawan.

Bulu itu membuat kita terlihat lebih besar dan berkuasa dibanding lawan sehingga berguna untuk mempertahankan diri. Keren juga ya, geng?

2. Otot palmaris longus

NDI D1ab8

Tak hanya otot arrili pili saja yang tersisa di diri manusia. Ada juga otot palmaris longus yang ada pada tangan. Untuk melihatnya, coba kuncupkan tanganmu dan perhatikan apakah ada otot yang menonjol di sekitar pergelangan tangan.

Otot ini merupakan sisa otot yang membantu nenek moyang kita memanjat pohon. Otot ini membantu manusia purba untuk mencengkram.

Namun ketika manusia mulai bisa berjalan tegak, yakni sekitar 3,2 juta tahun yang lalu, otot ini tidak lagi berguna. Kini, sekitar 10 persen populasi manusia di dunia sudah tidak lagi memiliki otot tersebut.

3. Daun telinga

Telinga 3f3b0

Ternyata daun telinga punya fakta yang sangat menarik loh. Daun telinga dipercaya telah banyak berubah selama ribuan tahun. Dipercaya, dulu manusia bisa menggerakkan telinga mereka seperti halnya kucing dan anjing.

Hal itu juga masih bisa ditemukan sekarang ini. Walaupun hanya terjadi pada beberapa orang saja. Hal itu dikarenakan orang-orang tersebut memiliki lebih banyak fungsi di otot telinga yang dimiliki manusia, tepatnya pada otot auricular.

Otot auricular berfungsi untuk membantu mamalia melokalisasi suara dan mengekspresikan emosi. Hewan seperti kucing, anjing, dan beberapa primata memang bisa memutar telinga seperti parabola untuk menangkap suara di sekitar. Dulu manusia juga bisa melakukan ini.

Namun manusia dan simpanse hanya perlu menggerakkan kepalanya saja untuk melakukan hal itu karena memiliki leher yang fleksibel. Sehingga pada akhirnya, kita kehilangan kebutuhan akan otot-otot kecil ini.

Tak itu saja, ada juga beberapa orang yang memiliki benjolan kecil di tepi telinga bagian atas yang disebut tuberkel Darwin. Ini dianggap sebagai sisa dari sambungan yang membantu bagian atas telinga berputar ke bawah dan menutupi lubang telinga.

Selain itu, nenek moyang manusia juga dipercaya sempat memiliki insang. Para ahli biologi percaya sisa insang ini masih ada di daun telinga sebagian kecil orang.

Peninggalan itu berbentuk lubang kecil yang ada pada titik telinga bertemu wajah. Lubang itu disebut sinus preauricular.

4. Gigi bungsu

Gigi Geraham Bungsu 475f4 Fb728

Biasanya, set gigi pertama pada manusia akan tumbuh saat kita berusia 6 tahun. Kemudian set gigi yang kedua muncul saat kita berusia 12 tahun. Bertahun-tahun kemudian, tepatnya saat seseorang berusia 20-an tahun, barulah set gigi ketiga muncul.

Set gigi ketiga ini yang disebut sebagai gigi bungsu. Masing-masing orang mengalami tumbuh gigi bungsu yang berbeda. Ada yang gigi bungsunya tumbuh begitu saja tanpa masalah.

Namun ada pula gigi bungsu yang tumbuh dengan mengganggu gigi yang lain. Hal itu menyebabkan sakit gigi pada sebagian orang. Sementara sebagian orang lainnya bahkan ada yang tidak mengalami tumbuh gigi bungsu sama sekali.

Ternyata, gigi geraham ekstra ini dipercaya memiliki fungsi khusus untuk nenek moyang primata. Khususnya untuk mengunyah makanan yang jauh lebih keras.

Mengutip Kompas.com, sekarang ini makanan manusia cenderung sudah jauh lebih lembut sehingga geraham bungsu yang biasanya digunakan untuk melumat makanan tak lagi benar-benar dibutuhkan.

5. Tulang ekor

Tulang Ekor C46de 3ade7

Pernahkah kamu penasaran kenapa bagian tulang ekor kita disebut sebagai 'tulang ekor'? Ternyata tulang ekor dulunya benar-benar sebuah ekor, geng!

Nenek moyang manusia dipercaya sempat memiliki 1 ekor. Ekor ini berfungsi untuk menyeimbangkan diri saat dulu hidup di pepohonan. Tulang ekor ini adalah yang tersisa dari ekor manusia dulu.

Bahkan, selama perkembangan awal janin di rahim, embrio masih memiliki ekor. Namun akhirnya tubuh manusia akan menyerap ekor tersebut. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, masih ada bayi terlahir dalam keadaan memiliki ekor yang utuh.

6. Usus buntu

Usus Buntu IDN Times 1cd2c 02385

Usus buntu kini dianggap tak lagi berguna. Tak jarang orang tua sudah memutuskan untuk langsung membuang usus buntu anaknya ketika baru lahir.

Ternyata, usus buntu sempat memiliki fungsi yang penting di masa lalu. Usus buntu dulu berfungsi untuk membantu manusia mencerna tanaman yang kaya akan selulosa. Hal ini masih bisa terlihat pada hewan-hewan vertebrata atau bertulang belakang.

Namun, karena manusia sudah berpaling pada pola makan yang lebih beragam dan lebih banyak konsumsi daging, maka kita tak lagi membutuhkan saluran usus tersebut.

Namun begitu, usus buntu disebutkan masih memiliki fungsi yakni menyimpan beberapa bakteri usus yang berguna.

Akhir kata

Nah itu tadi bagian tubuh manusia yang bisa disebut sebagai sisa evolusi kita selama ini. Setelah mengetahuinya, apakah pandanganmu terhadap bagian-bagian tubuh tersebut ikut berubah? Bagian tubuh mana yang kamu harap masih ada dan berfungsi hingga kini?

BACA JUGA

7 Foto Miris yang Menunjukkan Perubahan Kondisi Bumi, Ada Indonesia Juga

8 Potret Transgender Miliuner Pertama dan Satu-satunya di Asia | Bos Bisnis Media di Thailand

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Wanita Ini Pecahkan Rekor Mulut Terbesar di Dunia | Keren atau Malah Menyeramkan?

ARTIKEL TERKAIT
7 Fakta Evolusi Menakjubkan Yang Jarang Diketahui Panda Dulunya Karnivora 7d135
7 Fakta Evolusi Menakjubkan yang Jarang Diketahui, Panda Dulunya Karnivora?
Untitled Design 2021 03 17t201925 350 2763d
Penelitian Buktikan Ayam adalah Evolusi dari T-Rex | Bisa Kloning Dinosaurus?
Evolusi Manusia Purba Ternyata Dipicu Oleh Makanan Lezat 2c55c
Suka Makan? Evolusi Manusia Purba Ternyata Dipicu oleh Makanan Lezat
Evolusi Zombie Banner
Seram! Inilah Evolusi Mengerikan Zombie dalam 100 Tahun Terakhir
Ilusi
10 Ilusi Tubuh Manusia yang Bikin Geleng Kepala, Asli Bukan Photoshop!
Ilustrasi
12 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kemanusiaan yang PASTI Bikin Kamu Merinding
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal