7 Franchise Film Laris yang Aktornya Diganti saat Produksi, Ada Kontroversi?

Default

Kasus pergantian aktor atau recast pada produksi film bukanlah hal baru, termasuk film Hollywood. Banyak alasan pergantian aktor di tengah proses produksi.

Pergantian aktor ini tak hanya menimpa film-film tak memiliki sekuel. Bahkan banyak franchise film laris yang mengalami hal tersebut. Salah satunya, Fantastic Beasts yang memecat Johnny Depp dalam peran pentingnya di film ketiga Fantastic Beasts.

Meskipun pergantian pemain bisa luput dari perhatian penonton, ada juga sejumlah penggemar yang justru merasa mengganggu, salah satunya karena perbedaan karismatik.

Berikut Jaka sajikan beberapa franchise film yang mengganti aktornya di tengah produksi. Ada aktor yang berhasil tampil memukau, ada juga aktor yang justru membuat filmnya lesu. Siapa saja? Yuk, simak!

1. Fantastic Beasts - Johnny Depp

Fantastic Beasts Johnny Depp Mads Mikkelsen 25aa9
Sumber foto: flyfm

Seperti yang sudah Jaka informasikan, Johnny Depp harus dipecat dari waralaba film Fantastic Beasts. Hal ini imbas dari kontroversi rumah tangga dengan mantan istrinya, Amber Heard. Depp kalah di pengadilan atas kasus KDRT.

Di waralaba Fantastic Beasts, Johnny Depp berperan sebagai villain bernama Gellert Grindelwald. Dia berhasil jadi penyihir jahat karismatik pada dua sekuelnya.

Sayangnya, karena kasus KDRT yang menimpanya, Warner Bros. meminta Depp mengundurkan diri. Kemudian, peran Grindelwald digantikan oleh bintang serial Hannibal, Mads Mikkelsen, di film ketiganya berjudul Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (2022).

Drama recast ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa seri Fantastic Beasts harus berakhir. Namun, kalau dilihat dari popularitas Harry Potter di seluruh dunia, tampaknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

2. Back to the Future - Claudia Wells dan Eric Stoltz

Back To The Future 68f19
Sumber foto: themarysue

Seri film Back to the Future bisa dibilang sebagai landasan pop culture Amerika. Film perjalanan waktu legendaris ini ini juga sempat melakukan pergantian aktor. Bahkan, sampai dua kali, lho!

Pertama, Claudia Wells. Di film pertama, dia mendapat peran sebagai Jennifer Parker yang karakternya hanya muncul dalam plot terbatas.

Kemudian di sekuel kedua dan ketiga, karakternya digantikan oleh Elisabeth Shue. Alasan pergantian ini adalah penyakit kanker Wells yang membuat dirinya pensiun dini.

Kedua, ada Eric Stoltz yang berperan menjadi sosok McFly Pop. Namun, sang sutradara merasa kurang puas karena akting Stoltz kurang lucu. Akhirnya, Stoltz yang sudah syuting empat minggu harus digantikan dengan Michael J. Fox.

3. Hannibal Lecter - Jodie Foster

Hannibal C5f7f
Sumber foto: ScreenRant

Memang benar bahwa karakter utama dari film-film Hannibal Lecter adalah si Hannibal sendiri. Selain itu adalah benar bahwa The Silence of the Lambs (1991) tidak akan semenarik itu tanpa penampilan pemenang Oscar, Jodie Foster, sebagai Clarice Starling.

Sekuelnya pada 2001 yang berjudul Hannibal mendapuk Anthony Hopkins untuk mengulangi perannya sebagai mantan dokter jiwa sekaligus psikopat sadis. Dia berkolaborasi akting dengan dengan Julianne Moore menggantikan Jodie Foster sebagai Clarice Starling.

Alasan Foster mundur dari peran Starling adalah ketidakcocokan atas narasi yang dibangun, yakni menjadi kekasih dari Lecter. Setelah itu, sang sutradara mengganti narasinya, tapi Foster juga tak kunjung menerima peran dengan alasan lain, yaitu meminta kenaikan gaji yang lebih tinggi.

4. Harry Potter - Richard Harris

Harry Potter 4956a
Sumber foto: ScreenRant

Kepala sekolah Hogwarts, Dumbledore, adalah salah satu tokoh terpenting di Dunia Sihir Harry Potter, hampir sama pentingnya dengan Harry Potter sendiri. Dua film Harry Potter pertama, Batu Bertuah dan Kamar Rahasia, menampilkan aktor Richard Harris dalam peran sebagai penyihir bijak tersebut.

Namun setelah kematiannya pada 2002, karakternya dimainkan oleh Michael Gambon, dan dia memainkan peran tersebut hingga akhir seri.

Saking pentingnya dan luasnya semesta Harry Potter, tokoh Dumbledore juga kembali dimunculkan di franchise prekuelnya, Fantastic Beasts. Sosok Dumbledore yang masih muda tersebut diperankan oleh Jude Law.

5. Iron Man - Terrence Howard

Iron Man 9daee
Sumber foto: ScreenRant

Persahabatan Tony Stark dengan James Rhodes telah menjadi elemen penentu karakternya selama bertahun-tahun di franchise Iron Man dan MCU. Rhodes berubah dari hanya seorang militer menjadi seorang karakter Avenger yang keberadaannya penting.

Menariknya, pemeran Rhodes di Iron Man pertama (2008), Terrence Howard, adalah aktor dengan bayaran tertinggi. Bahkan lebih tinggi dari Robert Downey Jr.

Pada sekuelnya, Marvel berniat mengurangi bayaran tersebut, tapi Howard tidak menyetujuinya. Akhirnya, superhero War Machine tersebut digantikan oleh Don Cheadle, yang justru ikonis hingga saat ini.

6. The Incredible Hulk - Edward Norton

The Incredible Hulk B440b
Sumber foto: Koimoi

Keberhasilan Iron Man pertama sering membuat satu film lain yang juga disebut sebagai benchmark MCU adalah The Incredible Hulk (2008). Film superhero MCU terburuk yang mudah dilupakan ini menampilkan Hulk yang diperankan oleh Edward Norton.

Namun, umur Norton menjadi Hulk tak lama. Dia harus hengkang dengan alasan ketidaksamaan visi dengan bos Marvel Studios Kevin Feige. Menurutnya, Hulk seharusnya terlihat serius dan suram.

Akhirnya, peran Bruce Banner atau Hulk digantikan oleh Mark Ruffalo yang hingga kini karakternya diingat sebagai monster paling menyenangkan di MCU.

7. Dark Knight Trilogy - Katie Holmes

Dark Knight Trilogy 5dc82
Sumber foto: ScreenRant

Karakter Rachel Dawes diciptakan khusus untuk Dark Knight Trilogy karya Christopher Nolan untuk menjadi love interest Bruce Wayne. Rachel juga menambah lapisan kerumitan lain pada kehidupan Bruce Wayne sebagai superhero berjubah.

Dalam Batman Begins (2005), Rachel diperankan oleh Katie Holmes. Sayangnya, dia harus digantikan oleh Maggie Gyllenhaal dalam sekuelnya, The Dark Knight (2008), di mana karakter tersebut memainkan peran yang jauh lebih signifikan.

Alasan Katie Holmes hengkang dari peran Rachel adalah masalah preferensi, karena Holmes ingin mengembangkan dan mengeksplorasi peran lain yang tersedia baginya saat itu.

Selain Katie Holmes, masih ada beberapa aktor yang terpaksa harus hengkang dari film yang tengah diproduksi. Simak daftarnya di artikel Aktor yang Perannya Digantikan Orang Lain Saat Proses Syuting Film ini.

Banner7 D4796
Nyesek! 10 Aktor Yang Perannya Digantikan Orang Lain Saat Proses Syuting Film
Di dunia perfilman, pergantian pemeran memang hal yang wajar dan sudah sering dilakukan. Bahkan, hal ini juga kerap terjadi di tengah proses produksi.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah daftar franchise film laris yang harus menghadapi drama pergantian aktor di tengah produksi. Dari berbagai alasan, ada yang dampaknya membuat karakter lebih ikonis, ada juga yang malah bikin karakternya jadi kurang karismatik.

Dari daftar waralaba film laris di atas, mana film yang menurutmu jadi kehilangan jiwa setelah aktornya diganti? Bagikan di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Movie, Nonton Run BTS, Nonton Pachinko atau artikel menarik lainnya dari Nural.

ARTIKEL TERKAIT
Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20
10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!
Smith E47a6
4 Aktor Hollywood yang Menghancurkan Karier Rekan Seprofesinya | Kok Bisa?
Aktor Akting Lebay Banner D3cc0
5 Aktor Hollywood yang Aktingnya Terlalu Lebay, Lebih Cocok Jadi Meme!
Aktor Yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film 2ca42
7 Aktor yang Makin Populer Setelah Pindah Franchise Film, Keren!
Banner 25968
7 Franchise Film Buruk yang Menghasilkan Miliaran Dollar
Franchise Film Hancur Akibat Satu Keputusan Banner 23cae
7 Franchise Film yang Hancur Akibat Satu Keputusan | Salah Strategi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal