Rusa Terbesar di Indonesia Tertangkap Kamera, Penampakan Langka!

Default

Rusa yang disebut sebagai yang terbesar di Indonesia tertangkap kamera di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, Sumatera Utara.

Jenis rusa itu adalah rusa sambar (Cervus unicolor). Diketahui, rusa jenis ini memang memiliki ukuran yang besar dibandingkan jenis lain.

Meski begitu, bentuk tubuhnya tampak tak jauh berbeda dengan rusa kebanyakan. Ia memiliki bulu coklat gelap dengan tanduk bercabang yang tampak gagah.

Dalam akun Instagram resmi Taman Nasional Gunung Leuser, tampak ada rusa sambar yang tertangkap kamera sedang mencari makanan.

"Siang itu, sesosok makhluk berkaki empat keluar dari semak. Ia terlihat santai mencari makan. Satwa diurnal ini memiliki tanduk yang panjangnya bisa mencapai 110 cm," tulis Taman Nasional Gunung Leuser, dalam caption postingannya di Instagram.

Rusa Leuser1 4b14f
Sumber foto: Taman Nasional Gunung Leuser

Rusa sambar disebut termasuk dalam anggota family Cervidae. Jenis rusa ini adalah rusa terbesar di Indonesia dan dapat ditemui di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Selain di Indonesia, rusa sambar juga hidup di sejumlah kawasan di Asia, seperti Asia Selatan (lereng utara Pegunungan Himalaya), daratan Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Semenanjung Melayu), dan Pulau Hainan, Taiwan.

Menurut penjelasan Taman Nasional Gunung Leuser, rusa sambar memiliki tinggi bahu yang bisa mencapai 102-160 cm. Lalu, beratnya bisa mencapai 546 kg, umumnya 225-320 kg.

Sementara kepala dan badannya memiliki panjang bervariasi antara 162-246 cm, dengan panjang ekor 25 sampai 30 cm.

Rusa sambar termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi. Sama seperti rusa bawean, rusa timor, kijang muncak, dan kijang kuning.

Sementara itu, kalian pernah nonton film dinosaurus terbaik seperti "Jurassic Park" dan "Dinosaur 13"?

Nggak hanya menampilkan dinosaurus berukuran super besar dengan raungan mengerikan, kamu juga pasti melihat hewan terbesar di dunia pada zaman purba lainnya yang gak kalah jumbo dan bikin bergidik.

Hewan yang ditampilkan itu bukannya lebay, geng, karena beragam jenis binatang berukuran raksasa memang bergantian menghuni bumi dari waktu ke waktu.

Dari darat, laut, hingga udara, bumi ini pernah penuh dengan hewan-hewan besar - bahkan serangga seperti capung dan nyamuk saja dulu berukuran jumbo, geng!

Nah, mau tau nggak hewan-hewan paling besar yang pernah tercatat dalam sejarah? Sini, Jaka kasih tahu!

1. Serangga Terbang Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia Adalah C0a1c

Seperti yang sudah Jaka sebutkan sebelumnya, serangga yang hidup di zaman purba tidak sama dengan yang kita kenal sekarang.

Bukan nyamuk sebesar telapak tangan, serangga terbang terbesar adalah capung raksasa dengan nama Latin Meganeuropsis permiana yang jika kedua sayapnya dibentangkan bisa mencapai 70 centimeter .

Capung yang bentuknya mirip dengan capung modern ini hidup 300 juta tahun yang lalu dan memiliki panjang badan seukuran tangan hingga siku orang dewasa.

Bayangin kalau capung sebesar ini mampir ke rumah kamu, geng!

2. Ular Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia Yang Sudah Punah 3bc32

Buat kamu yang nggak suka reptil pasti setuju kalau ular itu mengerikan, nggak peduli besar atau kecil.

Di masa sekarang, Anaconda dengan panjangnya yang mencapai 6 hingga 8 meter komplit dengan lilitannya yang mematikan sudah benar-benar menakutkan, bukan?

Akan tetapi, di masa lalu, ada ular terbesar yang bernama Titanoboa dengan panjang tubuh mencapai 15 meter dan diameter tubuh sebesar 1 meter .Kalau lihat yang begini, bisa-bisa pingsan!

3. Artropoda Terbesar

Hewan Yang Terbesar Di Dunia A1181

Hewan yang memiliki kaki berbuku-buku disebut juga artropoda geng, misalnya udang, lipan, dan laba-laba.

Nah, 340-280 tahun yang lalu ada jenis artropoda terbesar bernama Arthropleura. Tampilannya sih, mirip banget dengan lipan di masa sekarang.

Soal ukuran jangan ditanya deh, karena Arthropleura memiliki tubuh sepanjang 2,5 meter dengan bobot 500 kilogram. Ngeri banget, kan?

4. Mamalia Darat Terbesar

Hewan Darat Terbesar Di Dunia 3ef90

Yak, pasti pada kompak menyebut gajah sebagai hewan darat terbesar di dunia. Kalau di masa sekarang sih, bener banget, geng.

Namun, kalau ngomongin yang terbesar sepanjang sejarah, gajah masih nggak ada apa-apanya sama Paraceratherium yang besarnya kayak raksasa!

Hewan yang namanya lumayan susah disebut ini kepalanya mirip tapir, badannya kekar seperti badak, tetapi kakinya mirip gajah. Nah, lho.

Untuk ukurannya sendiri, Paraceratherium memiliki panjang tubuh 8 meter dengan bobot rata-rata 30 ton dan hidup sekitar 37-23 juta tahun lalu.

5. Predator Darat Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia Pada Zaman Purba 0b8e9

Predator yang dimaksud ini adalah salah satu jenis dinosaurus, geng. Hanya saja, kalau kamu menjawab T-Rex, kamu salah besar!

Ternyata di atas T-Rex masih ada Spinosaurus yang punya panjang tubuh 18 meter diukur dari kepala hingga ekor dan memiliki ciri khas tersendiri karena lengkungan di punggungnya.

Predator raksasa ini hidup 112-87 juta tahun lalu. Gak bisa bayangin kalau Spinosaurus belum punah dan berjalan-jalan di sekitar kita, geng. Hiii.

6. Ikan Predator Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia Sepanjang Sejarah C41b6

Jika di darat ada Spinosaurus, gelar hewan predator terbesar di dunia laut disematkan pada Carcharodon megalodon yang diperkirakan hidup 23 hingga 2,6 juta tahun yang lalu.

Tentu saja, paus pembunuh yang kita kenal di masa sekarang tidak ada apa-apanya dengan nenek moyang hiu modern ini, geng. Panjangnya saja mencapai 20 meter!

Karena itulah hiu megalodon memiliki bobot hingga 103 ton dan manusia hanya berukuran 3/4 dari panjang sirip atasnya. Gede banget, kan?

Namun, ada beberapa penelitian yang mengisyaratkan bahwa monster hiu ini masih berenang di lautan dalam, geng! Hati-hati ya kalo berenang~

7. Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah

Hewan Terbesar Di Dunia Cd24b

Tahukah kamu hewan apa yang memiliki ukuran paling besar? Jawabannya tentu saja paus biru yang juga masih hidup hingga sekarang, geng!

Menurut World Wild Life, paus biru Antartika adalah hewan terbesar di dunia yang memiliki berat mencapai 181 ton dan panjang lebih dari 33 meter.

Dengan tubuh sebesar itu, paus biru memiliki jantung seukuran mobil dan suara mencapai 188 desibel yang berarti lebih keras dari suara mesin jet sebesar 140 desibel.

Jika dibandingkan dengan gajah yang merupakan salah satu binatang terbesar di dunia yang masih hidup, paus biru masih jauh lebih besar loh, geng.

Bayangkan saja, berat gajah hanya mencapai 6 ton dengan tinggi 4 hingga 5 meter. Jauh, kan?

Akhir Kata

Waduh, untung saja kebanyakan dari hewan terbesar di dunia di atas adanya di zaman purba, geng. Gimana ceritanya kalau ada hewan raksasa seperti itu berkeliaran di dekat kita?

Kalau di zaman sekarang, hewan jumbo yang masih hidup paling-paling hanya gajah dan paus biru, itupun nggak hidup di lingkungan kita, geng!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Jofie Yordan.

ARTIKEL TERKAIT
Fosil Megalodon Dan Hewan Purba Ditemukan Di Sukabumi Banner 4926e
Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?
Fosil Dinosaurus T Rex Bd9b6
Fosil Dinosaurus Terbesar di Bumi Ditemukan | Usianya 98 Juta Tahun!
Paus Terdampar Di Madura Banner Bc31a
52 Paus Terdampar di Pantai Madura Jadi Fenomena Langka, Apa yang Terjadi?
Page2 E533a
7 Manusia Paling Jenius Sepanjang Masa, Ada dari Indonesia!
Page1 9e603
5 Rekor Dunia Sains yang Baru Terpecahkan, Ada Sperma Tertua!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal