10 Foto Menakjubkan Permukaan Bumi yang Diambil Satelit | Mirip Lukisan!

Default

Tak dipungkiri bahwa permukaan planet Bumi punya banyak sekali pemandangan alam yang luar biasa indah. Melihat foto-foto indahnya pemandangan alam Bumi yang diambil dari tempat-tempat wisata mungkin sudah biasa.

Namun apa jadinya jika ada foto-foto yang menunjukkan kerennya permukaan Bumi yang diambil dari luar angkasa? Pasti hasil fotonya makin luar biasa ya.

Proyek Landsat merupakan proyek kerjasama antara NASA dan U.S. Geological Survey. Proyek itu adalah salah satu proyek terpanjang yang merekam keberadaan Bumi dari luar angkasa.

Ada sekitar 8 satelit Landsat yang sudah diluncurkan ke luar angkasa sejak 1972. Satelit kesembilan akan diluncurkan September 2021 mendatang.

Selama periode tersebut, satelit-satelit itu sudah merekam lebih dari 9 juta gambar permukaan Bumi. Foto-foto tersebut telah digunakan dalam lebih dari 18.000 penelitian ilmiah.

Untuk merayakan anniversary ke-50 proyek Landsat, Earth Observatory menggelar kompetisi umum untuk memiliki gambar terbaik pemandangan alam Bumi yang diambil oleh Landsat.

Orang-orang bisa memilih foto favorit mereka dari 32 foto Bumi yang diambil dari satelit tersebut.

Dari perspektif yang unik ini, kamu bisa melihat pemandangan Bumi yang keren banget. Ada permainan kontras warna serta tekstur yang begitu indah. Saking kerennya, beberapa foto malah terlihat lebih mirip lukisan daripada foto, geng!

Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut ini 10 foto yang bisa dibilang terbaik dari 32 foto tersebut, seperti dirangkum oleh Livescience.

1. Delta Atchafalaya

Delta Atchfalaya 3f41a

Foto pertama menunjukkan Delta Atchafalaya di Louisiana yang diambil oleh satelit Landsat 8 pada 1 Desember 2016.

Gambar ini merupakan gambar false-color. Artinya, warna pada gambar ini sudah diubah untuk menunjukkan perbedaan antara daratan dan perairan. Sehingga kita bisa mengobservasi sedimen yang terbawa air.

Menurut Earth Observatory, gambar ini merupakan 1 dari 10.000 gambar Landsat yang diambil di area tersebut antara tahun 1982-2016.

Gambar-gambar tersebut digunakan untuk penelitian yang dipublikasikan di Geophysical Research Letters. Penelitian tersebut membahas soal peran angin dalam perluasan kolam di dataran Delta Sungai Mississippi.

2. Gurun Pasir Namib

Gurun Pasir Namib 6f6fd

Gambar ini diambil oleh Landsat 8 pada 13 November 2019 yang menunjukkan kontras warna antara gurun pasir Namib dengan pegunungan berbatu di Namib-Naukluft Park.

Keduanya ada di Namibia. Foto tersebut mencakup area sekitar 26.000 kilometer persegi.

Pasir dalam foto itu terlihat berwarna oranye kemerahan akibat adanya kandungan oksida besi. Selain itu, ada pula Sungai Kuiseb yang rawan banjir. Sungai tersebut bertugas menghentikan pasir agar tidak tumpah ke pegunungan.

3. Delta Yukon-Kuskokwim

Delta Yukon Kuskokwim Ef93d 32305

Gambar ini menunjukkan Delta Yukon-Kuskokwim, di mana sungai Yukon tumpah ke Laut Bering di Alaska. Foto ini diambil pada 19 Mei 2021 oleh Landsat8.

Warna pada daratan sudah ditingkatkan sehingga terlihat lebih kontras. Warna hijau di daratan menunjukkan vegetasi hidup, warna kuning adalah daratan kosong, sementara warna coklat muda vegetasi mati.

4. Sungai Markha, Rusia

Sungai Markha Rusia 208ee 91a50

Landsat 8 memotret gambar ini, menunjukkan aliran garis yang aneh di perbukitan yang mengelilingi Sungai Markha di Rusia bagian utara pada 29 Oktober 2020.

Garis-garis berwarna gelap dan terang bisa terlihat sepanjang tahun. Namun akan jauh lebih jelas di musim dingin.

Para ilmuwan tidak yakin bagaimana pola garis-garis tersebut bisa muncul. Pola tersebut bisa muncul karena pembekuan yang konstan dan melelehnya permafrost.

Atau bisa juga karena erosi unik yang terjadi akibat hujan atau turun salju. Namun NASA masih tak yakin.

5. Pertanian Ginseng di utara China

Pertanian Ginseng Di Utara China 4e431 131a3

Landsat 8 memotret gambar ini pada 25 September 2017. Gambar itu menunjukkan adanya struktur warna biru, ungu, dan kuning yang terlihat di sekitar pertanian di provinsi Heilongjiang di utara China.

Struktur berwarna ini merupakan penutup plastik yang digunakan untuk menumbuhkan ginseng. Ginseng dipercaya jadi salah satu tanaman obat yang sangat berguna. Industri pertanian ginseng sendiri sudah bernilai triliunan dollar AS.

6. Bukit Pennsylvania

Bukit Pennsylvania B7313 767fe

Gambar ini menunjukkan citra satelit dari pegunungan yang saling terlipat. Pegunungan tersebut terlihat melengkung dan terbentuk di perbatasan antara 2 lempeng tektonik.

Lokasinya ada di Pennsylvania tengah, diambil oleh Landsat 8 pada 9 November 2020 menggunakan model elevasi digital untuk menyorot topografi area tersebut.

Pegunungan itu merupakan bagian dari area geologi unik di Pegunungan Appalachian yang disebut sebagai provinsi Valley and Ridge. Wilayahnya memanjang dari New York sampai Alabama.

Selain menunjukkan bentuk pegunungan yang unik, gambar ini juga mengungkap palet warna khas musim gugur. Di mana daun-daun mulai berwarna merah dan jatuh dari pohon.

7. Alga mekar

Alga Mekar 245a6 Bb4fd

Gambar yang satu ini begitu menakjubkan, menunjukkan gambar alga yang sedang mekar di sekitar bagian barat Kepulauan Jason, sebuah semenanjung di Samudera Atlantik. Gambar ini menggunakan warna natural dan diambil Landsat 8 pada 18 Oktober 2020.

Putaran berwarna biru susu tersebut terjadi akibat pertumbuhan cepat dari alga fotosintetis. Alga jenis ini bisa tumbuh subur di perairan kaya nutrisi yang sudah diperkaya oleh arus Malvinas, yang membawa nutrisi dari laut dalam. Mirip seperti lukisan yang dibuat pelukis ternama ya, geng?

8. Danau Natron

Danau Natron C18f8 F64c6

Foto luar biasa ini menunjukkan warna merah darah yang ada pada Danau Natron di Tanzania. Foto ini diambil oleh Landsat 8 pada 6 Maret 2017.

Danau Natron merupakan danau alkalin. Warna dramatis ini terjadi akibat adanya campuran natrium karbonat cair dan garam kalsium karbonat dari gunung berapi di dekat sana. Campuran tersebut kemudian masuk ke dalam air danau melalui mata air panas.

Temperatur danau tersebut sekitar 40 derajat celsius. Ditambah lagi curah hujannya kurang dari 500 milimeter per tahun. Hal itu menjadikan Danau Natron salah satu lingkungan paling keras di Bumi.

9. Selat Sannikov

Selat Sannikov 237f9 E6cfd

Foto ini menunjukkan penampakan Selat Sannikov yang ada di antara Kepulauan New Siberian di utara Rusia. Foto ini diambil Landsat 8 pada 5 Juni 2016.

Selat ini menghubungan Laut Laptev di barat dengan Laut Siberia di timur. Selat ini terus menerus ditutupi es sepanjang tahun.

Foto ini menunjukkan lapisan es tersebut mulai pecah selama musim panas dan memperlihatkan panorama luar biasa seperti puzzle dari pecahan es beku.

10. Salar de Atacama

Salar De Atacama 01057 97df3

Foto yang satu ini mungkin tak terlihat seperti tempat di Bumi ya. Padahal, foto yang menunjukkan susunan kotak berwarna warni ini adalah suatu tempat bernama Salar de Atacama.

Tempat tersebut merupakan dataran garam yang dikelilingi pegunungan di Chile. Tempat itu juga merupakan pabrik litium terbesar di dunia.

Litium merupakan komponen utama pembuatan baterai yang digunakan untuk mengisi tenaga mobil, ponsel, laptop, dan gawai yang bisa dicas lainnya.

Dataran ini memompa air garam yang kaya akan litium dari bawah tanah menuju ke kolam evaporasi. Di sana, matahari akan mengevaporasi airnya dan hanya meninggalkan litium murni.

Warna yang berbeda-beda dalam gambar menunjukkan perbedaan proses evaporasi yang terjadi di masing-masing kolam.

Akhir Kata

Nah itu tadi 10 foto menakjubkan permukaan Bumi seperti diambil oleh satelit luar angkasa. Indah-indah semuanya kan? Sebagian benar-benar mirip dengan lukisan mahal yang dibuat pelukis ternama ya, geng. Jadi, gambar mana kah yang jadi favoritmu?

BACA JUGA

5 Hewan yang Punah Akibat Kejadian Konyol | Bikin Nggak Habis Pikir!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Anak Kos Pasti Sejahtera!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Heboh Penampakan Benda Asing di Bandung | UFO atau Penampakan Dewata?

ARTIKEL TERKAIT
Laspisan Es Tempat Bakteri Dan Virus Purba Hidup Fe3c0 De726
Bakteri dan Virus Purba yang Terkurung di Dalam Es Perlahan Bangun | Dampak Global Warming?
Cara Bikin Lukisan Mahal Di Android Dcef2
Auto Tajir! Cara Bikin Lukisan Seharga Ratusan Juta di Android
Foto Gak Masuk Akal Banner
10 Foto Paling Gak Masuk Akal yang Pernah Ada di Muka Bumi Ini
Foto Terlihat Seperti Planet Lain Banner
15+ Foto Keren di Bumi yang Terlihat Seperti Planet Lain
Space Photo Banner
16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi
Cara Mencari Satelit Pakai Android 819ce
Pasti Ketemu! Cara Mencari Satelit di Angkasa Pakai Android
Tags Terkait: fotobumi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal