Trending di Twitter, Ini Fakta Unik Jengkol dan Durian yang Perlu Kamu Tahu!

Default

Siapa yang tidak kenal jengkol dan durian? Dua makanan tersebut memiliki aroma yang khas dan disukai sebagian masyarakat Indonesia lho geng. Ya, yang satu merupakan makanan tradisional dan yang satu lagi merupakan buah yang bisa dijadikan beragam aneka hidangan.

Khusus jengkol nih, makanan ini memiliki tekstur yang empuk, lezat bagi sebagian masyarakat yang gemar menyantapnya dan biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi serta lauk lainnya.

Sementara durian, tampil sangar dengan kulit luarnya yang tajam, namun lezat pada bagian daging buahnya. Buah durian bisa disantap langsung atau dibuat untuk campuran tambahan misalnya es krim durian.

Kedua makanan ini sedang menjadi perbincangan publik geng. Sebab, keduanya muncul di urutan teratas trending topic pada hari ini, Selasa (8/2/2022).

Berikut ini fakta-fakta unik terkait jengkol dan durian yang perlu kamu ketahui ya geng.

1. Aromanya yang Khas

Jengkol dan durian memiliki aroma yang khas, yang bagi sebagian orang menyukainya, tetapi sebagian lainnya menjauhinya karena baunya yang cukup menyengat. Kembali ke selera masing- masing ya geng.

Cookist C85c0
Sumber foto: Cookist

Asam amino dan sulfur berkontribusi terhadap aroma jengkol yang dapat menusuk hidung. Lebih rinci lagi dijelaskan bahwa pada jengkol terdapat senyawa mengandung sulfur bernama, 'djengkolic acid' atau asam jengkolat.

Asam ini merupakan jenis asam amino yang kurang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak. Asam ini yang bisa menyebabkan bau pada mulut serta air seni seseorang.

2. Baik untuk Kesehatan

Jengkol sekalipun ia dibenci oleh sebagian masyarakat, tetapi rupanya makanan yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lho geng. Jengkol memiliki manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan protein serta mencegah penyakit maag.

Zonamagz 6233c
Sumber foto: Zonamagz

Berdasakran penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa tikus yang makan jengkol memiliki proteksi dari gangguan pencernaan, misalnya maag.

Sementara durian juga punya manfaat untuk kesehatan lho. Buah durian mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dikenal sebagai zat yang bisa melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas, yang menyebabkan penyakit seperti kanker serta penyakit jantung.

3. Wilayah Penghasil Jengkol dan Durian

Jengkol jadi bahan makanan yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat di Tanah Air. Wilayah penghasil jengkol terbesar ialah Jawa Tengah, yang menjadi provinsi sentra jengkol terbesar di Indonesia.

Steemit Cfc0d
Sumber foto: Steemit

Jawa Tengah memproduksi jengkol mencapai 22,65 ribu ton pada 2020. Sedangkan produksi jengkol dari Sumatera Barat mencapai sebesar 16,36 ribu ton. Kemudian Jawa Barat menempati urutan selanjutnya, menghasilkan jengkol sebanyak 15,86 ribu ton.

Untuk durian, buah yang satu ini banyak diproduksi di wilayah Jawa Timur. Mengutip data Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Desember 2019, Jawa Timur merupakan provinsi yang memproduksi buah durian terbesar di Tanah Air.

Pada 2018, durian yang dipanen dari pohon-pohon di Jawa Timur mencapai 276.426 ton. Jumlah tersebut naik dibandingkan jumlah panen durian di 2017 sebesar 227.952 ton.

4. Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Jengkol dan Durian

Bagi yang gemar menyantap jengkol dan durian, ada baiknya memperhatikan bahaya yang mengintai kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan ini geng. Apa aja sih bahayanya?

Mental Floss E7565
Sumber foto: Mental Floss

Gangguan pencernaan bisa jadi dampak yang paling sering ditemukan kalau seseorang terlalu banyak memakan jengkol. Makan jengkol terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan, yakni bisa berpotensi menyebabkan keracunan.

Gejala yang bisa timbul dapat berupa sakit perut, mual, diare, muntah hingga muncul darah pada urine.

Sementara kalau kamu kelebihan makan durian, ini juga berakibat buruk bagi kondisi kesehatan. Terlalu banyak makan durian membuat kamu mengalami perut kembung serta bersendawa.

Durian juga kurang baik bila dikonsumsi berlebihan karena berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, terutama mereka yang mengidap diabetes. Durian memiliki kandungan gula (sukrosa, fruktosa dan glukosa) sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

Baca juga artikel seputar Ragam, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuat Emoticon Durian 3174b
Cara Membuat Emoticon Durian di TikTok, Bisa Salin di Keyboard!
Es Krim Dora Fff98
10 Foto Makanan Menyedihkan tapi Bikin Ngakak | Beli Roti Isinya Zonk!
Maskot Makanan Jadi Karakter Anime Banner
10 Ilustrasi Lucu Saat Maskot Makanan Dijadikan Karakter Anime
Penyajian Makanan Mahal Paling Nyeleneh 086f4
10 Penyajian Makanan Mahal yang Paling Nyeleneh | Bikin Melongo!
10 Tips Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik Langsung Auto Laper Fc213
10 Tips & Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik, Langsung Auto Laper!
Makanan Harga 20 Dollar Banner
14 Ilustrasi Makanan yang Bisa Dibeli Seharga Rp 265 Ribu di Seluruh Dunia
Tags Terkait: fakta unikSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal