7 Fakta Penting The Dome of The Rock | Saksi Bisu Peristiwa Isra Miraj

Kubah Batu (Qubbah as-Shakhrah) atau The Dome of The Rock dalam dunia internasional, adalah bangunan seluas 73 meter persegi yang terletak di tengah kompleks Al-Haram as-Sharif di Yerusalem, Palestina.

Bangunan ini menarik perhatian karena desain arsitekturnya yang cantik dengan sentuhan akhir keemasan. Selama ini banyak hipotesis yang menyatakan bahwa Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa adalah bangunan yang sama.

Namun tidak demikian. Oleh karena itu, guna menambah pemahaman kita tentang keberadaan saksi bisu dari sejarah tiga agama samawi dan peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, simak artikel berikut ini.

1. Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa Tidak Sama

Dome Of The Rock Artinya 4f87c

Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa sebenarnya adalah dua bangunan yang berbeda, meski berada di tengah-tengah kompleks masjid.

Kubah Batu dibangun pada masa kekhalifahan Abd al-Malik bin Marwan. Para ahli sejarah percaya bahwa pembangunannya dimulai pada tahun 70 Hijriah (691-692 M).

Kubah Batu merupakan bangunan utama Masjid Al Aqsa dan dinilai sebagai lambang yang mewakili seluruh isi kompleks.

2. Biaya Pembangunan 7 Kali Pemasukan Pajak Tahunan Mesir

Masjid Al Aqsa B0e7f

Mengacu pada makalah Jacob Lassner dalam jurnal Muslim on the Sanctity of Jerusalem: Preliminary Thoughts on the Pursuit of a Conceptual Framework, dikatakan bahwa pembangunan Kubah Batu Biayanya mencapai 7 kali dari pendapatan pajak tahunan negara Mesir di masanya.

Sehingga tidak heran jika bangunan ini menjadi salah satu bangunan dengan sejarah yang penting dalam kompleks ini.

3. Saksi Sejarah Isra Miraj dan Pengorbanan Nabi Ibrahim

Isi Dome Of The Rock A8915

Sebagian besar cendekiawan dan ulama Islam, termasuk Al Maududi, meyakini bahwa Isra Mi'raj terjadi pada periode kenabian terakhir di Mekah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Dalam peristiwa penting ini, Nabi Muhammad SAW diyakini telah menginjak Batu Fondasi dan naik ke Sidratul Muntaha.

Pada lokasi yang sama, menurut kepercayaan Yahudi, batu ini adalah tempat Nabi Ibrahim berkorban dengan menyembelih Ishak.

4. Arsitekturnya Mengikuti Gaya Istana Romawi

Perbedaan Masjidil Aqsa Dan Dome Of The Rock 5bf12

Ada dua orang arsitek yang bertanggung jawab atas pembangunan kubah ini, yaitu Raja bin Haywah (Ulama Beit She'an) dan Yazid bin Salam (Muslim Yerusalem Non-Arab).

Mosaik dan bangunan mengikuti pola gereja dan istana Romawi dengan struktur segi delapan dengan diameter 20 meter.

Mengingat bahwa Yerusalem sendiri telah berkali-kali dikuasai dari Kekaisaran Romawi, Kerajaan Persia, Kekaisaran Kristen, dan Kekhalifahan Muslim, hal ini cukup beralasan kenapa kubah ini memiliki desain tersebut.

5. Bangunan Awal Berupa Kubah Terbuka Tanpa Dinding Penutup

Dome Of The Rock Milik Siapa A8cb2

Kubah Batu awalnya merupakan kubah terbuka tanpa dinding penutup dan tembok baru ditambahkan selama Kekhalifahan Abbasiyah.

Pada tahun 808 dan 816 M, gempa bumi menghancurkan gedung ini. Pada gempa bumi di tahun 1015, kubah tersebut bahkan hancur.

Bangunan ini baru dibangun kembali antara tahun 1022 dan 1023. Mosaik itu sendiri direnovasi pada 1027-1028.

6. Pernah Menjadi Gereja Pascaperang Salib Pertama

Batu Di Dalam Dome Of The Rock Dfeb8

Setelah pasukan Kristen memenangkan perang salib pertama pada tahun 1099, kekuatan Yerusalem dialihkan ke pasukan Kristen.

Kaum muslim yang berlindung di Masjid Al-Aqsa, mereka pada akhirnya tetap dibunuh. Seorang pendeta bernama Fulcher yang berpartisipasi dalam pertempuran tersebut bersaksi bahwa sekitar 10.000 orang dibantai.

Kesaksian serupa diberikan oleh Gesta Francorum, yang pasukannya membunuh dan membantai orang-orang di Kuil Sulaiman (Masjid Al Aqsa).

Setelah pertumpahan darah ini, Kerajaan Kristen Yerusalem akhirnya didirikan.

Masjid Al-Qibli yang dibangun oleh Umar bin Khaththab kemudian diubah menjadi istana kerajaan yang disebut Templum Solomonis atau Kuil Sulaiman, dan Kubah Batu diubah menjadi Gereja Templum Domini (Kuil Tuhan).

7. Baru Dilapisi Emas Pada Tahun 1965

Sejarah Dome Of The Rock 367b1

Setelah pasukan yang dipimpin oleh Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil mengalahkan pasukan Kristen dan semua bangunan di Masjid Al-Aqsa dibuka kembali, umat Islam berhasil merebut kembali kepemimpinan Yerusalem.

Kubah Batu dengan salib di atasnya diganti dengan simbol bulan sabit emas, dan keponakan Shalahuddin melakukan perbaikan lain pada kompleks Al-Aqsa.

Usai renovasi masjid dan Kubah Batu, pembangunan untuk mempercantik arsitektur kompleks dilanjutkan hingga masa Kesultanan Utsmaniyah (1517-1917).

Namun setelah runtuhnya kekaisaran, Kubah Batu kembali rusak parah akibat gempa Yerikho pada tahun 1927. Pemerintah Yordania melakukan perbaikan ekstensif dengan bantuan keuangan dari pemerintah Turki dan Arab Saudi.

Perbaikan tersebut meliputi rekonstruksi bangunan, penggantian ubin, menutup kubah dengan timah hitam, dan barulah pada tahun 1965 dilapisi perunggu aluminium berlapis emas seperti yang kita saksikan sekarang.

Akhir Kata

Itu dia sejumlah fakta penting dan menarik dari Kubah Shakrah atau Kubah Batu di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Seringkali bangunan ini disalahartikan sebagai Masjid Al-Aqsa, tetapi bukan, bahkan sejumlah ulama dan cendekiawan muslim meyakini bangunan ini sebagai saksi bisu di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Mi'raj.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

15 Situs Penghasil Uang Tercepat dan Terpercaya, Auto Kaya!

6 Aktris Indonesia Keturunan Jepang | Cantiknya Kawaii!

25 Film Psikopat Terbaik dan Tersadis 2021 Wajib Tonton, Bikin Insomnia!

Cara Daftar & Aktivasi m-Banking BCA Tanpa ke ATM, Aman & Cepat!

7 Film Terbaik Tentang Pemberdayaan Perempuan, Inspiratif Banget!

ARTIKEL TERKAIT
6cca3075a8698ead9197e791982ea600
4 Spesies 'Alien' yang Hidup di Bawah Segitiga Bermuda
Images 1aga 1a894
10 Foto Misterius yang Hingga Kini Belum Terpecahkan
B33888a2329ae2942c4d9641fdacf44f
10 Rekaman Suara Paling Seram dan Misterius di Dunia, Jangan Didengerin!
10 Tempat Misterius Yang Bisa Kamu Temukan Di Google Earth Bagian 1 Banner
10 Tempat Misterius yang Bisa Kamu Temukan di Google Earth (Bagian 1)
Untitled 1 D8067
5 Tempat Misterius dan Terkutuk Di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal