Bikin Bangga! 8 Fakta Menarik Bahasa Indonesia yang Gak Banyak Diketahui | Jadi Bahasa Resmi di Vietnam

Default

Walaupun jadi bahasa Ibu Pertiwi, tak jarang bahasa Indonesia kini malah sudah terpinggirkan. Contohnya, di masa sekolah pasti banyak di antara kalian yang nilai ujian nasional bahasa Inggrisnya lebih besar dibanding nilai bahasa Indonesia.

Selain hal itu, masih banyak lagi fakta unik seputar bahasa Indonesia. Tahukah kamu kalau bahasa Indonesia jadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia? Tak itu saja, bahasa Indonesia juga jadi bahasa resmi loh di negara lain, yakni di Vietnam.

Ternyata banyak juga fakta-fakta seputar bahasa Indonesia yang masih jarang diketahui oleh kita sendiri, masyarakat Indonesia. Penasaran apa saja? Simak daftarnya berikut ya seperti dirangkum dari Good News From Indonesia.

1. Bahasa resmi kedua di Vietnam

Bendera Vietnam 08429

Bahasa Indonesia tak hanya jadi bahasa resmi di negara kita ini loh. Bahasa Indonesia sudah dijadikan bahasa resmi kedua di Vietnam sejak Desember 2007 silam. Itu membuat penggunaan bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang di Vietnam.

Hal itu dilakukan oleh pemerintah daerah Ho Chi Minh City. Kebijakan ini membuat orang-orang di sana bisa mengambil program studi bahasa Indonesia yang tersedia di beberapa universitas. Misalnya, Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora Vietnam.

Hal ini dilakukan agar hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam jadi semakin erat. Khususnya karena Vietnam dan Indonesia sama-sama jadi negara berpenduduk terbesar di ASEAN.

2. Posisi 9 bahasa dengan penutur terbanyak

Ilustrasi Kuliah Jurusan Bahasa Indonesia 68768

Ternyata bahasa Indonesia juga jadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia loh. Bahasa Indonesia menempati posisi sembilan di dunia.

Sedikitnya ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia di wilayahnya, seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada, Vietnam, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia bahwa jadi bahasa paling populer keempat di Australia. Tak heran, ada 500 sekolah yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di sana.

Mengutip Kompas.com, pada Juli 2021 saja tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia.

Beberapa negara juga kini sudah semakin banyak membuka jurusan bahasa Indonesia. Misalnya di School of Oriental and Africal Studies (SOAS)-University of London, Inggris; dan University of Washington, Amerika Serikat.

Kemudian di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Korea Selatan; University of Melbourne, Australia; serta adanya pusat pembelajaran khusus bahasa Indonesia di Mesir.

3. 10 besar bahasa tersulit dikenal

Ilustrasi Bahasa Indonesia Liputan6 Afa64

Walaupun jadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak, bahasa Indonesia ternyata termasuk dalam 10 besar bahasa tersulit dikenal loh.

Penelitian di London School of Science and Technology pernah membahas tentang kualitas rekaman audio untuk menebak bahasa yang digunakan oleh seseorang.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Hedvig Skirgard itu, disimpulkan bahwa kualitas rekaman audio bisa memengaruhi perkiraan menebak sampai 78 bahasa yang dimainkan.

Menariknya, bahasa Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai bahasa yang paling sulit dikenali lewat rekaman audio itu. Salah satu alasannya karena logat bahasa Indonesia yang cenderung lurus dan terkesan tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

Bahasa lain yang masuk dalam 10 besar paling sulit dikenali di antaranya adalah Kanada, Fiji, Shona, Dinka, Hausa, Tigrinya, Efate Selatan, Dari, dan Maltese. Waduh, asing-asing semua yang, geng?

4. Digunakan saat pelantikan Wali Kota di Amerika Serikat

Dana S Hilliard Ketika Mengucapkan Ikrar Setia Jadi Wali Kota Somesworth Liputan6 841f4

Tak hanya di Indonesia, bahasa Indonesia juga pernah digunakan saat pelantikan Wali Kota Somersworth yang ada di New Hampshire, Amerika Serikat loh.

Pada Kamis, 7 Januari 2016 tercipta sejarah baru. Kala wali kota terpilih, Dana S. Hilliard yang sedang dilantik jadi wali kota memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam Ikrar Setia yang ia ucapkan.

Hal ini merupakan permintaan khusus Hilliard yang memang dikenal dekat dengan komunitas Indonesia di Somersworth. Pembacaan janji setia ini dilakukan oleh seorang pelajar kelas menengah Somersworth bernama Abigail Johan.

Isi Ikrar Setia berbahasa Indonesia itu adalah, "Aku berikrar setia kepada bendera Amerika Serikat dan kepada Republik yang berbangsa satu, berdaulat, merdeka, dan berkeadilan untuk semua."

Hal ini jadi yang pertama kalinya dilakukan. Pasalnya, pengucapan Ikrar Setia biasa dilakukan dalam bahasa Inggris atau Perancis karena mayoritas masyarakat kota Somersworth adalah keturunan Perancis.

Tak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tapi Hilliard juga memperlakukan komunitas orang Indonesia di sana dengan istimewa. Ia meneken kontrak proyek yang istimewa dengan pembangunan distrik Little Indonesia. Distrik khusus Indonesia ini jadi yang pertama di dunia.

5. Penuturnya punya lidah paling fleksibel

Child 2769913 640 94d11

Penutur asli bahasa Indonesia dinilai punya kecenderungan lidah yang lebih fleksibel. Diduga hal ini bisa terjadi karena logat dan bunyi penutur bahasa Indonesia terdengar beragam.

Artinya, penutur bahasa Indonesia bisa lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa asing. Kita juga akan bisa berbicara bahasa asing tanpa terdengar jelas logat aslinya.

Hal ini cukup berbeda dengan penutur bahasa lain. Jika dibandingkan misalnya, dengan penutur bahasa India, China, Jepang, dan Malaysia yang punya dialek kental saat bicara bahasa asing seperti bahasa Inggris.

6. Dikirim NASA ke luar angkasa

Ilustrasi Indonesia Dari Luar Angkasa Shutterstock Da63c

Bahasa Indonesia ternyata sudah lebih dulu dikirim ke luar angkasa loh. Tepatnya pada tahun 1977, salah satu satelit milik NASA yang bernama satelit Voyager memiliki bagian dalam berupa piringan hitam.

Piringan hitam itu diisi dengan kumpulan 115 gambar, rekaman suara-suara alam, serta rekaman musik, budaya, dan ucapan salam dari 55 negara. Bahasa Indonesia termasuk dalam salah satu bahasa yang terpilih direkam dalam piringan hitam tersebut.

7. Bahasa terbanyak digunakan di Wikipedia dan WordPress

Ilustrasi Wikipedia 3de11

Tak hanya populer diucapkan, bahasa Indonesia juga jadi bahasa terbanyak digunakan di Wikipedia dan WordPress.

Pakar bahasa Indonesia serta Wikipediawan Ivan Lanin mengungkapkan bahwa Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia.

Sementara di tingkat Asia, Wikipedia bahasa Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah bahasa Jepang dan Mandarin.

Tak itu saja, WordPress juga mencatat bahwa bahasa Indonesia jadi bahasa ketiga terbanyak yang digunakan dalam tayangan artikel blog di WordPress. Kita berada di bawah bahasa Inggris dan Spanyol.

Paling sedikit ada sekitar 1,7 juta situs yang menggunakan platform WordPress berbahasa Indonesia dengan rata-rata pengakses mencapai 200 juta per bulan.

Angka itu berarti sekitar 3,5 % dari seluruh pengguna WordPress mengakses layanan ini dengan bahasa Indonesia.

8. Keunikan ejaan angka

8 7af2c

Bahasa Indonesia juga punya keunikan ejaan angka. Di mana setiap angka (bukan bilangan) yang mempunyai huruf awal sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan.

Misalnya, angka 1 dan 9 yang sama-sama berhuruf depan S, bila dijumlahkan jadi 10. Begitu juga dengan angka 4 dan 6 yang berhuruf depan E, bila dijumlahkan juga jadi 10.

Akhir Kata

Itu tadi 8 fakta menarik seputar bahasa Indonesia yang masih jarang diketahui orang. Ternyata keren banget ya bahasa yang kita gunakan sehari-hari ini? Gak kalah keren dari bahasa asing lainnya. Jadi bikin makin bangga sebagai orang Indonesia!

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Potret Lawas 9 Artis Saat Jadi Paskibra | Ada yang Jadi Paskibraka Istana Juga!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
Anime Unsur Indonesia Bannerx 2ec5e
11 Anime dengan Unsur Indonesia, Ada Adegan Dialog Bahasa Indonesia!
Istilah Teknologi Bahasa Indonesia
12 Istilah Teknologi dalam Bahasa Indonesia Ini Belum Tentu Diketahui Kids Jaman Now
Film Hollywood Yang Menyelipkan Unsur Indonesia Bf529
7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!
Google Search Fasih Bahasa Indonesia Bisa Diajak Ngobrol
Google Search Fasih Bahasa Indonesia, Bisa Diajak Ngobrol!
Negara Yang Menggunakan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional 7f9fd
7 Negara yang Menganggap Bahasa Indonesia Penting | Bahkan Jadi Bahasa Kedua!
Minion Banne
Ada Bahasa Indonesia Di Daftar Lengkap Bahasa Minion!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal