J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Fakta Lia Eden | Dipenjara 2 Kali Hingga Nyebut Ahok Titisan Hanoman

Senin, 12 Apr 2021, 11:15 WIB
Deretan fakta menarik dari sosok Lia Eden, pendiri sekte Kaum Eden yang meninggal pada Jumat lalu. Apa saja hal kontroversial dari dirinya?

Sosok kontroversial Lia Eden dikabarkan tutup usia pada Jumat (9/4/2021) lalu. Ia meninggal pada usia 73 tahun. Kabar ini berdasarkan informasi dari Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) di akun Facebook mereka.

"Lia Eden yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal," tulis unggahan terbaru dari akun Facebook Sejuk, Minggu (11/4/2021) dikutip dari Akurat.co.

Semasa hidup, wanita pemilik nama lengkap Lia Aminudin ini beberap jadi sosok yang sering jadi sorotan usai usai pembentukan Sekte Kerajaan Tuhan.

Hingga kini belum diketahui kronologi atau penyebab kematiannya. Berikut ini sejumlah fakta unik dari Lia Eden, pemimpin Komunitas Eden atau Agama Salamullah.

1. Ibu Rumah Tangga Perangkai Bunga

Agama Lia Eden D43e3

Lia Eden terlahir pada tanggal 21 Agustus 1947 di Jakarta dan memiliki nama lengkap Lia Aminuddin. Sebelum akhirnya dikenal sebagai seorang pendiri sekte agama baru, Lia adalah seorang ibu rumah tangga.

Selama menjadi seorang ibu rumah tangga Lia memiliki kesibukan merangkai bunga atau dalam istilah yang populer di Jepang sebagai aktivitas Ikebana.

Bahkan saat itu keahliannya ini pernah ditampilkan dalam sebuah acara di stasiun televisi nasional. Semuanya berubah setelah dirinya mengaku mendapatkan wahyu dari Malaikat Jibril.

2. Mengaku Bertemu dengan Malaikat Jibril

Lia Eden Meninggal 645db

Lia mengaku mendapatkan perubahan yang terjadi pada tahun 1974 silam, saat itu ia mengaku mendapatkan penglihatan sebuah bola bercahaya kuning yang berputar di udara dan kemudian lenyap di atas kepalanya.

Lia menjelaskan kalau kejadian itu berlokasi di Senen, Jakarta Pusat. Lantaran peristiwa 'ajaib' ini Lia pun mulai mengubah prinsip hidupnya pada 27 Oktober 1995.

Dirinya mulai merasakan kehadiran sosok pemimpin rohani dalam dirinya yakni Habib al-Huda yang mengaku sebagai jelmaan Malaikat Jibril.

Hal ini yang kemudian membuat dirinya kerap mengaku menerima bimbingan dari Malaikat Jibril terus menerus sejak tahun 1997.

3. Pencetus keyakinan baru

Lia Eden Meninggal Karena Bfe7f

Pada masa 'pembimbingan', Lia mengatakan kalau Malaikat Jibril bahkan mendidik dan menyucikan dirinya melalui sejumlah ujian yang sangat berat sehari-harinya.

Bahkan proses penyucian tersebut tak berhenti hingga kemudian Tuhan memwahyukan nama Lia Eden sebagai pengganti dari namanya yang lama.

Lia mengatakan kalau Tuhan menyatakan dirinya sebagai pasangan Jibril seperti apa yang tertulis pada kitab-kitab suci serta dinyatakan Tuhan sebagai perupaan sosok surgawi-Nya di Bumi.

4. Mencetuskan Dirinya Sebagai Imam Mahdi

Mukjizat Lia Eden E2106

Hal ini mulai berlanjut pada tahun 1998, di mana Lia menyebut dirinya Mesias atau Imam Mahdi yang turun di dunia sebelum hari kiamat demi membawa misi keamanan serta keadilan di dunia.

Selain itu, Lia juga mengaku dirinya sebagai reinkarnasi dari Bunda Maria, yakni ibu dari sosok Yesus Kristus. Lia turut menyebutkan kalau anaknya, Ahmad Mukti, juga reinkarnasi dari Isa.

Pemahaman ini sukses mendapatkan kurang lebih 100 penganut pada pengajarannya. Bahkan anggota Komunitas Eden ini adalah para pakar budaya, golongan cendekiawan, artis musik, drama, dan juga pelajar!

Mereka disebut para pengikut Salamullah. Sejumlah sebutan juga turut muncul untuk menyebut penganut agama dari Lia Eden ini seperti Sekte Kerajaan Tuhan, Salamullah, dan Kaum Eden.

5. Dijebloskan ke Penjara

Lia Eden 2020 38225

Pada tanggal 29 Juni 2006, Lia Eden sempat masuk ke dalam bui selama 2 tahun lantaran mendirikan keyakinan baru yang telah menodai agama, melakukan perbuatan tak menyenangkan, serta menyebarkan kebencian.

Lia Eden selanjutnya kembali dijebloskan ke penjara pada 2 Juni 2009 selama 2 tahun 6 bulan, juga dengan alasan yang sama.

Vonis yang dijatuhkan ke Lia Eden ini diputuskan selepas polisi menyita raturan brosur yang ternyata berisikan penistaan agama.

6. Sebut Ahok Sebagai Titisan Hanoman

Kekayaan Lia Eden C8eb2

Lia Eden turut sempat bikin heboh karena ia berharap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jadi presiden Republik Indonesia.

Pada Mei 2015, Lia mengirimkan surat untuk Ahok yang saat itu masih menjabat sebagai seorang Gubernur DKI Jakarta.

Tertulis di suratnya, Lia mengaku sebagai Malaikat Jibril Ruhul Kudus ini menyebutkan kalau dirinya diminta Tuhan untuk mengusulkan Ahok, sebagai penerus Presiden RI.

Ia bahkan terang-terangan menyebut Ahok sebagai sosok pemimpin tegas dan cerdas yang bisa mengubah Indonesia keluar dari "keterkutukannya."

Surat tersebut kemudian diberikan langsung ke Kantor Gubernur DKI dari para pengikut Lia Eden, bahkan dikonfirmasi oleh Ahok sendiri.

Lia tak segan-segan menyebut Ahok sebagai reinkarnasi dari sosok Hanoman serta Sun Go Kong, kera-kera sakti yang dapat menyelamatkan dunia dari kejahatan.

Akhir Kata

Itu dia sederet fakta menarik dari sosok fenomenal Lia Eden yang tutup usia pada Jumat lalu. Apakah ada fakta lainnya yang perlu ditambahkan dalam daftar ini? Bagikan pendapatmu, yuk!

Baca juga artikel seputar Faka Unik atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com

BACA JUGA

Pemilik Kuku Terpanjang Akhirnya Potong Kuku Setelah Nyaris 30 Tahun

30+ Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2021, Goyang Makin Asyik!

Kumpulan Foto Anak Anggun C Sasmi yang Selama Ini Ditutupi | Menawan Seperti Ibunya!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.6.4 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

9 Pangeran Ganteng yang Masih Jomblo | Pangeran Harry Lewat!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal