Eks Guru Privat Ini Jadi Orang Terkaya di Korea Selatan | Hartanya Rp193 Triliun!

Default

Seorang eks guru privat berhasil jadi orang terkaya di Korea Selatan. Orang tersebut bernama Brian Kim, seorang bos perusahaan teknologi bernama Kakao Corp. Baru-baru ini jumlah kekayaan milik Kim mencapai Rp193 triliun, geng!

Mengutip Liputan 6, kekayaan pendiri Kakao ini melonjak lebih dari 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp86,6 triliun pada tahun 2021 saja. Lonjakan ini berhasil membawanya jadi orang terkaya di Korea Selatan.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Kim bernilai 13,4 miliar dolar AS atau mencapai Rp193,4 triliun setelah saham Kakao naik 91 persen pada 2021.

Dengan jumlah kekayaan sebesar ini, Kim berhasil menggeser posisi pewaris Samsung, Jay Y. Lee sebagai orang terkaya di Korea Selatan. Lee 'hanya' memiliki kekayaan sekitar 12,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp175, 1 triliun.

Kakao A11df

Kesuksesan Kakao

Kakao merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang cukup populer di Korea Selatan. Kekuatan IPO dari Kakao ditunjukkan karena saham mereka meningkat setelah anak perusahaannya menjual atau baru berencana untuk menjual sahamnya.

Sebelum mendirikan Kakao, Kim lebih dulu mendirikan Iwilab pada 2006. Ia kemudian meluncurkan KakaoTalk 4 tahun setelahnya.

Layanan pesan instan ini memiliki 53 juta pengguna global. Diketahui 88 persen di antaranya berada di pasar domestik Korea Selatan.

Dari awalnya hanya layanan pesan instan di perangkat seluler, Kim berhasil mengembangkannya ke beberapa area bisnis. Mulai dari pembayaran online, perbankan, game, bahkan transportasi massal berbasis digital.

Kakao berhasil jadi perusahaan terbesar keempat di Korea Selatan yang punya nilai pasar hingga 58 miliar dolar AS atau Rp839 triliun.

"Strategi Kakao adalah mengembangkan bisnisnya secara cepat dengan menarik investasi secara agresif. IPO adalah cara yang paling lancar dan pasti," ujar analis di Hyundai Motor Securities Seoul, Hyunyong Kim.

Diketahui Kakao memiliki 32 persen saham di pemberi pinjaman online, KakaoBank. Bisnis baru tersebut baru akan dibuka untuk umum bulan depan.

Diperkirakan perusahaan akan bisa mendapatkan 2,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp33,2 triliun setelah menetapkan harga di atas kisaran pasar.

Tak itu saja, Kakao juga akan meluncurkan Kakao Pay pada 12 Agustus mendatang. Layanan ini merupakan layanan pembayaran online terbesar di Korea Selatan.

Adanya pandemi Covid-19 semakin membuat Kakao berkembang. Terdapat peningkatan permintaan untuk layanan yang disediakan Kakao. Hal itu membuat laba mereka meningkat hingga 3 kali lipat jadi 209 juta dolar AS atau Rp3 miliar dalam 3 bulan pertama tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Brian Kim Orang Terkaya Di Korea Selatan WireImage 21cb2

Sosok Brian Kim

Uniknya, sosok di balik kesuksesan Kakao ini berasal dari keluarga yang sederhana. Kim saat ini berusia 55 tahun. Saat tumbuh besar dulu, ia bahkan harus berbagi kamar dengan 7 anggota keluarga lainnya.

Kim adalah sosok pekerja keras. Ia berhasil jadi orang pertama dari saudara-saudaranya yang berhasil menempuh pendidikan tinggi. Tepatnya di Universitas Nasional Seoul.

Namun karena bukan dari keluarga kaya, Kim sempat bekerja sebagai guru les privat hanya agar bisa membayar uang kuliahnya.

Karena tumbuh dalam situasi keuangan yang tidak baik, membuat Kim jadi seorang yang tetap sederhana dan peduli terhadap isu sosial.

"Tumbuh dalam kemiskinan, hingga usia 30-an, saya menganggap bahwa menjadi kaya adalah satu-satunya ukuran kehidupan yang sukses," tulis Kim dalam sebuah pernyataan.

Namun setelah mendapatkan kekayaan tersebut, Kim malah merasa kehilangan arah. Maka dari itu salah satunya ia menandatangani The Giving Pledge, sebuah inisiatif yang dimulai dari sosok miliuner sekaligus filantropi lainnya seperti Warren Buffett, Bill Gates, dan Melinda French Gates.

Orang-orang tersebut berkomitmen untuk menyumbangkan sebagian kekayaan dengan tujuan membantu memecahkan permasalahan sosial.

BACA JUGA

Susilo Wonowidjojo, Pewaris Gudang Garam yang Jadi Orang Terkaya di Indonesia

8 Foto Sebelum dan Sesudah dari Selebriti Transgender, Dulu Ganteng Sekarang Cantik!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Inilah Pemilik Nama Terpanjang di Indonesia dengan 17 Kata, Tapi Panggilannya Cuma Y

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Saham A449c
10 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Penyebab Kematian Bos Teknologi 939c3
4 Kematian Mengerikan Para Bos Teknologi, Ada yang Dibunuh Keluarga Sendiri!
Perseteruan Bos Teknologi B9923
5 Bos Teknologi yang Berseteru Hebat dengan Rekan Bisnisnya, Mark Zuckerberg Paling Nyebelin?
10 Orang Terkaya Di Dunia Teknologi Edisi Tahun 2017
10 Orang Terkaya di Dunia Teknologi Edisi Tahun 2017
Banner F4d1e
7 Game Populer yang Sebenarnya Buatan Korea Selatan, Lebih Seru dari Drakor!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal