7 Destinasi Wisata Islami Favorit di Indonesia | Jalan-jalan Sambil Tambah Keimanan!

Default

Berwisata tak harus melulu ke tempat-tempat rekreasi yang menawarkan hiburan semata, geng.

Menjelang Ramadhan, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi beberapa tempat yang memiliki sejarah dan nuansa keislaman yang begitu kental.

Dari masjid hingga pasar, akan ada hal-hal bermanfaat yang bisa kamu dapatkan dari wisatamu kali ini, misalnya pengetahuan mengenai agama, mengulas sejarah Islam di masa lalu, hingga merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta.

Daripada terjebak dalam hiruk pikuk tempat rekreasi, 7 destinasi wisata Islami ini dapat membawamu ke pengalaman melancong yang penuh makna, geng.

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal 2c073
Sumber foto: Muslim Obsession

Sebagai masyarakat muslim Indonesia, kayaknya kurang afdol kalau belum pernah mengunjungi Masjid Istiqlal dan beribadah di dalamnya.

Masjid yang merupakan masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini memiliki desain yang cantik nan megah, dan terletak berseberangan dengan Gereja Katedral Jakarta.

Selain karena letaknya yang menjadikannya simbol toleransi bangsa, sejarah Istiqlal yang dirancang oleh seorang arsitek beragama Kristen, Friedrich Silaban juga membuatnya unik dan bermakna.

Sebelum mengunjunginya, kamu bisa membaca sejarah dan makna setiap elemen arsitektur Masjid Istiqlal lalu mengamatinya secara langsung, geng.

2. Istana Maimun

Istana Maimun 0ad92

Berkunjung ke Medan, Sumatera Utara tak cuma bisa jalan-jalan, kamu juga dapat menambah pengetahuanmu mengenai sejarah kesultanan Deli dengan bertandang ke Istana Maimun yang dibangun pada tahun 26 Agustus 1888 silam.

Istana ini didesain oleh seorang tentara Kerajaan Belanda bernama Capt. Theodoor van Erp yang kala itu diperintahkan oleh Sultan Deli, Sultan Ma'moen Al Rasyid, geng.

Hal menarik yang dapat kamu temukan di istana yang juga terletak satu kompleks dengan Masjid Raya Medan ini adalah desain interiornya yang unik karena memadukan unsur-unsur kebudayaan Melayu dengan arsitektur Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia.

3. Pasar Ramadhan Kauman

Pasar Ramadhan Kauman 93d0c
Sumber foto: Jogja Tour Wisata

Jika biasanya kamu cuma mengunjungi Malioboro saat ke Yogyakarta, pada Ramadhan kali ini cobalah untuk menambahkan Pasar Ramadhan Kauman ke daftar kunjunganmu, geng.

Destinasi wisata kuliner yang ada sejak tahun 1980-an ini akan memanjakanmu dengan aneka takjil untuk berbuka puasa yang dijual oleh sekitar 53 warung tenda yang berbeda.

Selain jajanan yang sering ditemukan seperti risol dan kue lumpur, Pasar Ramadhan Kauman juga punya kudapan tradisional yang hanya dapat ditemukan di bulan puasa, yaitu kicak ketan dan kacang kumbon.

Kamu juga bisa menemukan aneka sayur, minuman, dan lauk pauk. Kalau ke Jogja saat bulan Ramadhan, mengunjungi pasar ini adalah pilihan tepat, geng!

4. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Agung Baiturrahman 7e211

Tentu kamu masih ingat dengan masjid yang tetap bertahan kala bangunan-bangunan di Aceh runtuh tergulung tsunami pada 26 Desember 2004, bukan?

Masjid yang menjadi bukti adanya mukjizat Tuhan tersebut adalah Masjid Raya Baiturrahman yang dibangun pada tahun 1879, geng.

Tempat ibadah ini hanya mengalami sedikit saja kerusakan dan masih dapat berfungsi sebagai penampungan untuk pada korban telantar akibat tsunami Aceh selama 2 minggu, loh.

Nggak hanya dapat foto-foto baru, kamu juga akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru tatkala dapat mengunjungi masjid ini dengan mata kepalamu sendiri. Asyik, kan?

5. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati Bbebc
Sumber foto: Okezone

Makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu tujuan wisata religi populer di kalangan umat Islam yang ingin mengenal salah satu Wali Songo, yakni Sunan Gunung Jati.

Makam yang berlokasi di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon ini berbeda dengan makam lainnya karena memiliki sembilan pintu yang disusun bertingkat, geng.

Jika kamu ingin merasakan wisata Islami sekaligus berziarah ke makam wali, kamu wajib mendatangi makam yang tak pernah sepi dikunjungi oleh peziarah dari berbagai wilayah di Indonesia ini.

Disamping berziarah, kamu juga dapat memperhatikan bangunan dengan arsitektur campuran Arab, Jawa, dan Cina dengan banyak hiasan keramik dan porselen di sepanjang jalan menuju makam.

6. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung 0fb8b
Sumber foto: Backpacker Jakarta

Ibadah shalat terasa berbeda ketika kita melakukannya di tempat ibadah ikonik suatu wilayah, salah satunya Masjid Raya Bandung, geng.

Masjid yang menjadi citra Kota Bandung tersebut memiliki kubah berdiameter 30 meter dan hamparan hijau di depannya, melengkapi keindahan arsitektur masjid yang dibuat oleh empat arsitek kenamaan asal Bandung.

Sebelum berdiri kokoh seperti sekarang, masjid yang dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung ini dulunya berbentuk rumah panggung tradisional dan pernah terdampak musibah kebakaran, geng.

Sejak direnovasi pada tahun 2001, Masjid Raya Bandung tampil dengan wajah yang baru dengan tetap mempertahankan sebagian bangunan lama.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah 8cb03
Sumber foto: Pegipegi

Diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah ditetapkan menjadi masjid provinsi bagi Jawa Tengah dan terletak di Kota Semarang.

Masjid yang lebih sering disebut MAJT tersebut memiliki gaya arsitektural campuran antara Jawa, Islam, dan Romawi dan memiliki tampilan yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Setelah beribadah, sempatkanlah untuk menengok Al-Qur'an raksasa yang ditulis tangan oleh penulis kaligrafi dari Wonosobo, H. Hayatuddin, geng.

Ada pula replika beduk raksasa berbahan kulit lembu Australia dengan diameter 220 cm dan panjang 310 cm yang dibuat oleh santri dari Pesantren Alfalah Mangunsari, Banyumas.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 destinasi wisata Islami yang dapat menjadi pilihanmu untuk mengisi momen-momen Ramadhan dengan wawasan dan iman yang meningkat.

Jangan hanya sekedar berkunjung, pastikan kamu juga mengulik sejarah di balik tempat-tempat tersebut dan mengambil nilai-nilai Islami di dalamnya, ya.

Satu lagi, geng. Selalu pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjauhi keramaian. Boleh wisata tapi harus tetap hati-hati, ya!

Baca juga artikel seputar Wisata atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Hati-hati, Inilah 7 Makanan Paling Berbahaya di Dunia | Singkong Termasuk?!

5 Fakta Hubungan Asmara Aurel dan Atta | Kualat Berujung Menikah!

Suku Mante, Leluhur Suku Aceh yang Masih Hidup Sampai Sekarang

20+ Postingan dan Chat Driver Ojol Lucu, Antara Ngakak dan Bikin KZL!

ARTIKEL TERKAIT
Usaha Sampingan Online Di Bulan Ramadan 674f4
Puasa Tetap Produktif! Ini 7 Usaha Sampingan Online di Bulan Ramadan
Lagu Ramadhan Terbaru C97a1
50+ Lagu Ramadhan Paling Menyejukkan Hati, Puasa Makin Berkah!
Channel Youtube Tausiyah Banner 4912f
10 Channel YouTube Tausiyah Terbaik untuk Ditonton Menjelang Lebaran
Cara Mencari Tempat Makan Halal Banner 5eed7
Cara Mencari Tempat Makan Halal Via HP, Buka Puasa Jadi Tenang!
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik Di Bulan Ramadhan Menyejukkan Hati E3926
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik di Bulan Ramadhan, Menyejukkan Hati!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal