10 Orang ini Berhasil Jadi Miliarder Walaupun Berasal dari Keluarga Miskin

Default

Kamu tak perlu berasal dari keluarga kaya raya untuk bisa sukses di dunia. Banyak miliarder dunia yang justru berasal dari keluarga miskin.

Berawal dari kemiskinan, kini mereka berhasil mendapatkan gelar miliarder. Untuk jadi miliarder, kamu harus memiliki kekayaan setidaknya 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp14,4 triliun. Bukan jumlah yang sedikit kan?

Namun para miliarder ini tidak menjadikan latar belakang keluarga jadi alasan untuk berhenti berjuang. Mengandalkan kerja keras dan sikap pantang menyerah, mereka pun berhasil sampai di puncak kesuksesan dalam hidup.

Penasaran siapa saja sosok miliarder tersebut? Simak daftarnya berikut ini seperti mengutip Liputan 6.

1. J. K. Rowling

J K Rowling CNBC 1ac0a

Apakah kamu penggemar novel Harry Potter? Pasti tak asing lagi dengan sosok penciptanya, yakni Joanne Rowling atau J. K. Rowling.

Dari seri novel tersebut, J. K. Rowling berhasil jadi salah satu penulis paling sukses sepanjang masa. Ia disebut memiliki kekayaan sebesar 1 miliar dollar AS (Rp14,4 triliun).

Perjalanan hidupnya tak dimulai dengan mudah. Lebih dari 20 tahun lalu, saat ia baru mulai menulis Harry Potter, ia dan anaknya hidup sangat miskin. Mereka harus bergantung pada bantuan pemerintah untuk bertahan hidup.

Namun berkat kerja keras dan keuletan, Rowling pun berhasil menyelesaikan novel pertamanya, Harry Potter and the Philosopher's Stone. Ia tak menyerah walau naskah novel ini sempat ditolak oleh hampir setiap penerbit.

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey CNBC 273d2 B8720

Siapa yang tak kenal dengan sosok Oprah Winfrey? Oprah merupakan seorang presenter, aktris, eksekutif media, dan filantropi yang sangat terkenal. Ia memiliki acara talkshow sendiri yang tayang selama lebih dari 20 tahun.

Dahulu Oprah tumbuh di keluarga yang sangat miskin. Saking miskinnya, Oprah kecil harus mengenakan karung yang biasa jadi wadah kentang sebagai pakaian.

Tumbuh besar, Oprah bercita-cita jadi pembawa acara talk show. Ia pun berhasil jadi reporter berita di Tennessee.

Seiring berjalannya waktu, karier Oprah semakin meningkat. Ia berhasil memiliki acara talk show sendiri. Perusahaan yang terdiri dari gabungan para pengusaha mulai membayarnya jutaan dolar.

Ia pun berinvestasi di perusahaan media, dan kini kekayaan bersih yang ia miliki mencapai 2,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp41,9 triliun.

3. Roman Abramovich

Roman Abramovich 86adf 25897

Penggemar sepak bola pasti tahu sosok yang satu ini. Roman Abramovich merupakan pemilik dari klub sepak bola Inggris, Chelsea F.C. Ia juga seorang pebisnis yang bergerak di industri perminyakan.

Namun sebelum itu semua, kisah hidup Roman cukup memprihatinkan. Ia lahir dalam kemiskinan di Rusia selatan. Ia menjadi yatim piatu di usia 2 tahun. Ia kemudian dibesarkan oleh pamannya.

Tak patah arang, Abramovich berhasil berkuliah di Moscow Auto Transport. Saat jadi mahasiswa di sana, ia mendirikan sebuah perusahaan kecil untuk memproduksi mainan plastik.

Hal itu menambah pengetahuannya dalam industri minyak hingga akhirnya ia pun terjun ke industri itu. Roman berhasil menandatangani kesepakatan bisnis dengan Gazprom, sebuah perusahaan gas alam.

Kesepakatan tersebut membuat Abramovich berhasil jadi salah satu pemilik perusahaan minyak terbesar keempat secara global itu. Kekayaannya saat ini mencapai 8,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp118,5 triliun.

4. Howard Schultz

Howard Schultz CNBC Bcf46 E7ea0

Kamu pasti familiar dengan perusahaan milik Howard Schultz. Yap, ia adalah CEO Starbucks. Schultz disebut memiliki kekayaan sebesar 2 miliar dollar AS atau Rp28,9 triliun.

Padahal dulunya ia tumbuh besar di kompleks perumahan yang dibangun untuk orang miskin. Namun karena kemampuan olahraganya yang baik, ia berhasil mendapatkan beasiswa sepak bola di University of Northern Michigan.

Setelah lulus, ia mengambil alih sebuah kedai kopi kecil yang kemudian ia kembangkan jadi Starbucks seperti yang dikenal sekarang. Kini, Starbucks punya ribuan outlet yang tersebar di seluruh dunia.

5. Leon Charney

Leon Charney D16a4 83d63

Leon Charney merupakan seorang investor dan pakar geopolitik di Timur Tengah. Leon memulai hidupnya dalam kemiskinan. Namun ia bekerja keras belajar tentang bisnis dan politik Timur Tengah hingga akhirnya menjadi seorang ahli.

Setelah itu, ia mulai menawarkan bimbingannya secara gratis lebih dulu. Barulah ia mulai berinvestasi di tempat yang tepat. Dari sana, kekayaannya terus bertumbuh.

Kini, ia memiliki kekayaan sebesar 1,3 miliar dollar AS atau Rp18,7 triliun. Padahal dulunya ia memulai karier investasi hanya dengan uang 200 dollar AS (Rp2,8 juta) saja.

6. Kenneth Langone

Kenneth Langone CNBC E6791 1ebe3

Kenneth Langone merupakan seorang pebisnis yang jenius. Ia memiliki 2 perusahaan yang ia bangun dari 0. Salah satunya adalah Home Depot, salah satu toko penyedia alat-alat rumah tangga paling besar di Amerika Serikat.

Sebelum sesukses sekarang, Ken berasal dari keluarga miskin. Orang tuanya bekerja sebagai tukang ledeng dan pekerja di kafetaria.

Mereka bahkan harus menggadaikan rumah dan untuk membayar uang kuliah Ken di Universitas Bucknell. Ken juga ikut membayar uang kuliahnya sendiri dengan menabung uang dari pekerjaan sampingan yang ia lakukan.

Setelah lulus, Ken pun bekerja untuk perusahaan yang kemudian ia ambil alih. Ken pun membangun perusahaan tersebut jadi sebesar sekarang.

7. Kirk Kerkorian

Kirk Kerkorian Variety 63a56 Bd07d

Kerkorian merupakan salah satu orang berpengaruh di bisnis hotel dan resor. Padahal sebelumnya ia bahkan tidak bersekolah dan sempat memilih untuk jadi petinju. Hasil kemenangannya ia gunakan untuk bertahan hidup.

Setelah itu, Kerkorian yang berasal dari latar belakang keluarga Armenia ini sempat mengabdi di Royal Air Force selama perang dunia kedua.

Setelah perang berhenti, ia kembali ke Las Vegas dan membangun beberapa hotel serta resor terbesar. Kerkorian pun berhasil keluar dari kemiskinan. Ia memiliki kekayaan sekitar 3,9 miliar dollar AS (Rp56,3 triliun).

8. Kenny Troutt

Kenny Troutt F524f 490e3

Kenny merupakan pemilik perusahaan telekomunikasi. Ia disebut memiliki kekayaan sebesar 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp24,5 triliun.

Sebelum meraih kesuksesan, ia harus bekerja keras hanya untuk bertahan hidup dan membiayai sekolahnya. Salah satunya ia sempat jadi seorang penjual asuransi jiwa agar bisa berkuliah di Universitas Southern Illinois.

Setelah lulus, ia mendirikan perusaan telekomunikasi bernama Excel Communications pada 1988. Perlahan tapi pasti, ia bisa mendaftarkan perusahaannya ini di bursa saham pada 1996.

Hingga akhirnya perusahaannya jadi semakin besar dan berhasil bergabung dengan perusahaan lain dalam kesepakatan sebesar 3,5 miliar dollar AS atau Rp50,5 triliun pada 1998.

9. Shahid Khan

Shahid Khan Liputan6 B076d 72dac

Khan merupakan pemilik perusahaan otomotif, Flex-N-Gate. Selain itu, ia juga pemilik dari tim olahraga Jacksonville Jaguars.

Khan adalah seorang imigran dari Pakistan. Ia pindah ke Amerika Serikat tanpa banyak uang. Sesampainya di Amerika Serikat, ia harus tinggal di YMCA, organisasi non-pemerintah dengan bayaran 60 dollar AS (Rp867.000) per bulan.

Ia bekerja mencuci piring. Hasil kerjanya kemudian ia tabung untuk memulai bisnis otomotif. Berkat kerja kerasnya, ia pun berhasil mengembangkan bisnis otomotif miliknya ini jadi perusahaan bernilai miliaran dollar.

10. John Paul DeJoria

John Paul DeJoria 8834d 3164f

DeJoria telah memiliki bakat bisnis dalam darahnya sejak kecil. Ia sudah terbiasa berjualan kartu selama natal dan juga berjualan surat kabar sejak umur 10 tahun. Uangnya ia gunakan untuk membantu keberlangsungan hidup keluarga.

Saking miskinnya, orang tua DeJoria tak bisa lagi menghidupi sang anak. Ia pun dikirim untuk tinggal bersama keluarga angkat.

Jalan hidup DeJoria tak selalu mulus. Beranjak dewasa, ia sempat bergabung dengan geng sebelum akhirnya pergi berperang.

Sepulang dari peperangan, ia berhasil mendapatkan pinjaman uang 700 dollar AS atau sekitar Rp10 juta. Ia pun mendirikan John Pau Shampoo yang awalnya dijual dari rumah ke rumah.

Perlahan tapi pasti, karier bisnisnya menanjak. Ia pun bisa mendirikan bisnis Patron Tequila dan berhasil jadi seorang miliarder.

Akhir Kata

Itu dia orang-orang hebat yang berhasil mengubah nasibnya. Mereka tak membiarkan latar belakang keluarga miskin menghalanginya untuk sukses dan jadi seorang miliarder.

Bagi kamu yang mengalami hal serupa, jangan patah semangat ya. Jadikan kisah para miliarder ini sebagai inspirasi agar kamu pun bisa sukses di kemudian hari.

BACA JUGA

Netizen Bongkar Gaji Kuli Bangunan, Totalnya Bisa Lebih Pekerja Kantoran | Wajar Motornya Mahal!

7 Foto Langka yang Pecahkan Misteri Sejarah | Yakin Sudah Tahu Cerita di Baliknya?

Kumpulan Nama Grup WhatsApp Keren, Lucu, & Aesthetic | Anti Mati Gaya!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Wanita Ini Pecahkan Rekor Mulut Terbesar di Dunia | Keren atau Malah Menyeramkan?

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 07t121105 804 D8775
10 Miliarder Termuda di Dunia 2021, Usia 18 Tahun Sudah Jadi Milyader!
Banner 1 9619f
10 Kampus Pencetak Miliarder Dunia | Universitasnya Ridwan Kamil dan Maudy Ayunda!
5 Kebiasaan Miliarder Yang Jamin Bikin Kamu Sukses
5 Kebiasaan Miliarder yang JAMIN Bikin Kamu Sukses
Khan Boat Londonjpg 1b506
Berawal dari Pencuci Piring, Pria Ini Berhasil Menjadi Miliarder Dunia
Untitled Design 2 A9eb5
Kisah Paidi, Mantan Pemulung yang Jadi Miliarder Berkat Porang | Sosoknya Inspiratif!
Pangkang 5caa7
Kisah Pang Kang, Penjual Kecap yang Sukses Jadi Miliarder | Kini Jadi Orang Terkaya di China
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal