6 Daftar Hewan yang Dijamin Masuk Surga | Berdasarkan Kisah Al-Quran

Default

Menjadi ciptaan paling mulia oleh Allah SWT tentu merupakan sebuah anugerah yang besar dan sangat beruntung.

Pasalnya, manusia adalah makhluk hidup di Bumi yang berkesempatan untuk bisa masuk ke surga, tergantung dengan amal perbuatan selama di dunia.

Namun, rupanya dalam ajaran Islam tidak hanya manusia saja yang dapat masuk ke surga. Bahkan kisah mereka masuk dalam Kitab Suci Al-Qur'an.

Ingin tahu hewan apa saja yang dimaksud? Yuk, simak kisah mereka berikut ini!

1. Ikan yang menelan Nabi Yunus

Masuk Surga Karena Kucing 49294

Pada kisah Nabi Yunus, diutus untuk menyebarkan ajaran Allah SWT untuk sekelompok orang yang disebut sebagai kaum Ninawa.

Lantaran Nabi Yunus merupakan pendatang, kaum tersebut tidak mau mengikutinya. Maka Nabi Yunus yang kecewa pun pergi dan mengembara hingga ikut naik pada kapal yang penuh muatan.

Lantaran adanya badai di tengah laut, para penumpang kapal berusaha membuang muatannya satu per satu, termasuk juga orang yang menaikinya.

Saat diundi, rupanya nama Nabi Yunus keluar dan ia pun melompat ke dalam laut lantaran hal tersebut. Ia setelahnya ditelan oleh seekor ikan besar dan bertahan di dalam perutnya selama 40 hari.

Nabi Yunus terus berdoa juga memohon ampunan selama di dalam perut ikan tersebut. Ia bahkan merasa bersalah lantaran meninggalkan kaumnya begitu saja.

Selepas Nabi Yunus berhasil keluar dari perut ikan tersebut, ia kembali ke kaumnya. Nabi terkejut ketika melihat orang-orang Ninawa telah beriman kepada Allah SWT.

Rupanya selepas sang nabi pergi, terjadi badai besar. Kaum Ninawa tersadar akan hal yang dikatakan Nabi Yunus mengenai kuasa Allah SWT itu benar.

Dari sinilah mereka bertobat. Ikan besar pada kisah ini rupanya adalah perantara yang diutus Allah SWT.

Ia berhasil menyelamatkan sang nabi dari bada lautan juga mengembalikannya terhadap kaum Ninawa. Itulah kenapa hewan ini diberi jaminan surga.

2. Kambing yang menggantikan Nabi Ismail

10 Hewan Penghuni Neraka F2d68

Hewan selanjutnya yang memperoleh jaminan surga ialah seekor kambing. Kisah tersebut saat Nabi Ibrahim memperoleh perintah agar menyembelih anak kandungnya sendiri oleh Allah SWT yakni Ismail.

Hal tersebut merupakan keputusan terberat bagi sang ayah mengingat dirinya berhasil memperoleh buah hatinya dalam waktu lama dengan usaha yang besar.

Namun karena hal itu merupakan perintah Sang Pencipta, Nabi Ibrahim pun menuruti hal tersebut dengan ikhlas.

Saat penyembelihan akan dilangsungkan, Allah SWT langsung menggantikan Ismail dengan seekor kambing yang besar.

Peristiwa tersebut akhirnya menjadi awal dari perayaan Idul Adha. Kambing yang disembelih oleh Nabi Ibrahim ini pun diceritakan dalam Al-Qur'an.

3. Unta betina yang dihidupkan oleh Nabi Saleh

Apakah Kucing Dijamin Masuk Surga 05f6e

Menyebarkan ajaran tauhid Allah SWT bukanlah perkara yang mudah. Salah satu utusan yang juga hadapi kesulitan tersebut ialah Nabi Saleh.

Nabi Saleh ditugaskan agar dapat menyadarkan kaum Tsamud yang ingkar dan menyembah berhala untuk kembali beriman kepada Allah SWT.

Sayangnya, niat itu tidak disambut baik oleh Kaum Tsamud. Bahkan Nabi Saleh dianggap sebagai orang gila ketika menyampaikan kekuasaan Allah SWT.

Tak cuma itu saja, mereka juga menuntutnya mengeluarkan seekor unta betina dari dalam batu agar menunjukkan kalau Nabi Saleh benar-benar seorang utusan Tuhan.

Allah SWT akhirnya memberi mukjizat untuk Nabi Saleh dan dirinya pun berhasil mengeluarkan seekor unta betina yang tengah hamil dari dalam sebongkah batu.

Namun, kaum Tsamud yang tetap ingkar, masih tak mau menyembah Allah SWT. Mereka lantas membunuh unta dan anak yang dikandungnya tersebut.

Lantaran perbuatan mereka, kaum Tsamud akhirnya diberikan azab berupa hujan batu. Sementara sang unta betina akhirnya memperoleh jaminan surga.

4. Anjing Ashabul Kahfi

Apakah Hewan Masuk Surga Menurut Kristen 08cd0

Bagi kaum Muslim yang rutin mengamalkan sunnah Hari Jumat dengan membaca Surat Al-Kahfi tentu tahu kisah sekelompok pemuda yang tertidur di dalam gua kemudian bangun selepas berabad-abad kemudian.

Para pemuda ini merupakan Ashabul Kahfi. Dalam kisah mereka merupakan tujuh orang pemuda yang menolak perintah raja di wilayah mereka untuk menyembah Tuhan lain selain Allah SWT.

Lantas saja sang raja mengejar mereka agar disiksa dan dibunuh. Ashabul Kahfi dengan seekor anjing peliharaan mereka pun lari dan berlindung di dalam gua.

Mereka terus berdoa juga memohon keselamatan. Kemudian dengan kuasa Allah SWT, para pemuda dan anjingnya ini dibuat tertidur selama 300 tahun agar melewati periode kepemimpinan rezim yang ingkar itu.

Ketika terbangun dari tidurnya, Ashabul Kahfi dapat lolos dari kejaran raja dan mereka menjalani hidup di masa yang jauh lebih baik.

Dalam Al-Qur'an, ketujuh pemuda dan seekor anjing yang mendampingi mereka itu diberikan jaminan surga.

5. Semut yang membantu Nabi Sulaiman

Kucing Binatang Surga D012f

Nabi Sulaiman adalah salah satu sosok Nabi dalam agam Samawi yang terkenal sebagai seorang raja, kaya raya, bijaksana, serta mampu berbicara dengan hewan.

Pada suatu hari, dirinya dengan pasukannya tengah bepergian ke dalam suatu daerah yang bernama Thaif.

Mereka melewati suatu lembah yang rupanya dipenuhi dengan sarang semut. Raja semut pun memerintahkan kawanannya agar segera berlindung dalam sarang agar tak terinjak pasukan Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman yang mendengar perkataan semut pun meminta pasukannya untuk berhenti selagi para hewan itu berlindung ke dalam sarangnya.

Selepas itu, Nabi Sulaiman mengajak sang raja semut berbicara. Rupanya, raja semut tidak takut kawanannya terinjak. Ia takut semut-semut menjadi takjub melihat kemegahan dari pasukan Sulaiman hingga melupakan kekuasaan Allah SWT.

6. Burung hud-hud dalam kisah Nabi Sulaiman

Hewan Surga Yang Ada Di Dunia 739e7

Masih dari kisah Nabi Sulaiman, hewan selanjutnya yang memperoleh jaminan surga ialah burung hud-hud. Kisahnya berhubungan dengan usaha sang nabi dalam membuat Ratu Bilqis dari Syeba agar beriman kepada Allah SWT.

Nabi Sulaiman saat mendengar mengenai sebuah kerajaan besar dari negeri lain yang dipimpin oleh Ratu Balqis.

Sayangnya, semua orang di negeri itu menyembah Matahari. Mendengar hal tersebut, Nabi Sulaiman mengutus burung hud-hud agar mengundang sang ratu berkunjung ke istananya.

Ratu Balqis akhirnya menerima undangan Nabi Sulaiman dan di sanalah Nabi Sulaiman memperkenalkan ajaran tauhid Allah SWT kepadanya.

Sang ratu pun akhirnya beriman, beserta dengan rakyatnya. Pada kejadian itu, burung hud-hud yang menjadi perantara pun diberi jaminan surga.

Akhir Kata

Itu dia daftar hewan yang dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Bahkan kisah mereka diceritakan di dalam Al-Qur'an. Apakah ada hewan lain yang perlu masuk dalam daftar ini?

Simak juga produk dunia Islam pada abad pertengahan yang tak banyak diketahui orang!

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

Tembus 1,5 Juta Views, Ini 5 Pertandingan Paling Banyak Ditonton di MPL Season 7

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

4 Fakta Menarik Putri Steve Jobs | Hobi Gonta-Ganti Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Tags Terkait: ramadhanAlquranhewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal