J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah 5 Bulan yang Baik Untuk Menikah Menurut Islam, Penuh Keutamaan dan Rahmat

Rabu, 17 Mar 2021, 18:00 WIB
Semua bulan baik untuk menikah, tetapi bulan-bulan ini memiliki keistimewaannya sendiri dalam Islam. Sedang mencari bulan untuk menikah? Cek, yuk!

Dalam Islam, hukum menikah adalah sunnah, sehingga pasangan yang melakukannya niscaya mendapatkan pahala dan rahmat.

Makna pernikahan bagi seorang muslim pun begitu besar, karena dengan menikah seseorang telah menyempurnakan separuh ibadahnya dan juga dapat menjadi hamba yang lebih baik dengan melangkah bersama pasangan.

Ketika dua insan memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, tentu ada harapan dan yang ingin dicapai dengan tetap harmonis dan berpegang teguh pada pilar-pilar agama.

Sebagai sebuah ikhtiar, banyak dari pasangan yang hendak menikah mencari referensi bulan terbaik untuk menikah dalam Islam, meski nyatanya Islam tidak melarang umatnya untuk menikah pada bulan apapun.

Nah, kali ini Jaka memiliki informasi mengenai 5 bulan yang baik untuk menikah, di mana Rasulullah SAW juga menikahi istri-istrinya pada bulan-bulan berikut:

1. Muharram

Bulan Yang Baik Untuk Menikah 36fb8

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah, di mana dalam bulan ini dilarang untuk melakukan peperangan atau pertumpahan darah.

Pada bulan Muharram ini, Rasulullah meminang Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan dan Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab.

Bulan Muharram juga memiliki keutamaan tersendiri karena merupakan pembuka tahun baru, sehingga kamu yang ingin menikah dapat memilih bulan Muharram sebagai perlambang awal yang baru bagi hidupmu dan pasangan, geng.

2. Rabiul Awal

Bulan Baik Untuk Nikah 87033

Bulan ketiga dalam penanggalan Hijriyah ini merupakan bulan kelahiran Rasulullah SAW sekaligus bulan di mana beliau menikahi istri pertamanya, Khadijah binti Khuwailid.

Saat itu, Nabi Muhammad SAW yang masih berusia 25 tahun menikahi Khadijah yang berusia 15 tahun lebih tua darinya.

Kisah Khadijah dalam mendampingi dakwah Rasulullah SAW dapat menjadi inspirasi dan simbol harapan akan pernikahan yang saling mendukung dalam keimanan.

3. Sya'ban

Bulan Yang Baik Untuk Menikah Menurut Islam 9a40d

Untuk menghormati salah satu sahabat Nabi, Umar bin Khattab, beliau menikahi putrinya, Hafsah binti Umar bin Khattab, pada bulan Sya'ban di tahun ketiga Hijriyah.

Selain itu, Nabi juga mempersunting seorang wanita bernama Juwayriyah binti Al-Harits yang merupakan seorang pemimpin Bani Musthaliq dari Khuza'ah di bulan yang sama.

Bulan Sya'ban sendiri disebut sebagai bulan bersholawat dan merupakan bulan yang menjadi pintu gerbang untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Menikah di bulan Sya'ban dapat mengandung makna bahwa pernikahanmu akan menjadi pintu gerbang untuk membenahi diri dan memupuk kebaikan, berdua dengan pasangan.

4. Syawal

Tanggal Dan Bulan Baik Untuk Menikah 78081

Bulan yang datang setelah Ramadhan ini adalah waktunya umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Sejarah Islam mencatat bahwa Rasulullah SAW menikahi Saudah binti Zam'ah dan Aisyah binti Abu Bakar di bulan Syawal dengan rentang waktu satu tahun.

Umat muslim dianjurkan untuk menyambut kedatangan bulan Syawal dengan memperbanyak ibadah, dan salah satu ibadah terbaik yang dapat dilakukan seorang muslim dalam pada bulan Syawal adalah menikah.

Maka dari itu, jika kamu perhatikan cukup banyak pasangan yang menikah setelah lebaran Idul Fitri, bukan?

5. Dzulqa'dah

Bulan Baik Untuk Menikah 4e997

Dzulqa'dah merupakan satu dari empat bulan yang disebutkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai bulan mulia.

Disamping itu, Dzulqa'dah adalah bulan di mana Rasulullah SAW mempersunting ainab binti Jahsyi bin Rayab dari Bani Asad bin Khuzaimah dan Maimunah binti Al-Haris, seorang janda berusia lanjut.

Bulan Dzulqa'dah menjadi simbol ketenangan dan persiapan ibadah haji dan juga terletak di antara dua hari raya, yaitu Idul Fitri pada bulan Syawal dan Idul Adha pada bulan Dzulhijjah.

Tentu akan menjadi bulan baik untuk mengawali perjalanan pernikahanmu pada bulan ke-11 dalam penanggalan Hijriyah ini, geng.

Akhir Kata

Nah, itu dia bulan baik untuk menikah menurut Islam yang merujuk pada bulan-bulan Nabi Muhammad SAW menikahi istri-istrinya.

Sebenarnya, seluruh bulan tentu saja baik untuk melangsungkan pernikahan karena yang terpenting adalah niat dan kesiapan dari kedua mempelai.

Namun, jika kamu ingin membuat hari pernikahanmu berkesan dan mengandung kemuliaan sesuai yang Jaka jelaskan di atas, tentu boleh-boleh saja, geng!

Baca juga artikel seputar Islam atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Kisah Haru Kebaya Krisdayanti Demi Hadir di Tunangan Aurel, Dikebut 1 Hari!

Sama Seperti Bumi, Ternyata di Bulan Banyak Sampah | Sampah Alien?

Hengkang Dari India, Honda Pindahkan Pabrik ke Indonesia | Lowongan Kerja Baru?

Gara-Gara Satu Kata Ini, Twitter Blokir Akun Pengguna! Waduh, Kata Apa Tuh?

ARTIKEL TERKAIT
Setiap Hari Bersamamu Adalah Sebuah Anugerah Semoga Kita Selalu Bersama Hingga Jannah Selamat Ulang Tahun Pernikahan D292f
75+ Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islami | Langgeng Hingga Jannah!
Kata Mutiara Calon Pengantin 54b97
100 Kata-Kata Mutiara Pernikahan | Romantis, Islami & Menyentuh Hati
Untitled Design 19 8478b
7 Rekomendasi Cerita Wattpad Islami | Banyak Kisah Perjodohan!
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
Ucapan Ulang Tahun Islami 9306a
100+ Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Terkasih, Penuh Harapan!
Situs Belajar Islam Bef1f
6 Situs Terbaik untuk Belajar Islam dan Sejarahnya | Insya Allah Terpercaya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal