Waduh! Bos Louis Vuitton Pernah Kehilangan Kekayaan Rp87 Triliun Hanya dalam Seminggu

Default

CEO LVMH Bernard Arnault dilaporkan telah kehilangan kekayaannya sebanyak 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp87 triliun hanya dalam waktu 1 minggu saja. Hal ini terjadi disinyalir sebagai dampak pandemi Covid-19.

Mengutip Forbes, Senin (3/8/2021), Bernard Arnault sebelumnya memiliki kekayaan bersih sekitar 112,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.625 triliun.

Setelah kejadian ini, diperkirakan kekayaan bersihnya menurun jadi hanya 106,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.539,9 triliun.

Hal ini diketahui dari laporan LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE atau lebih sering disebut LVMH. Mereka melaporkan kinerja keuangan yang buruk di paruh pertama tahun 2020.

Disebutkan bahwa saham LVMH anjlok hingga 8% selama 1 pekan hingga 31 Juli 2020. Sebelumnya, penjualan di kuartal I-2020 pun turun hingga 27% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2019. Penjualan di periode tersebut hanya mencapai 21,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp311,5 triliun saja.

Laba LVMH juga tercatat hanya mencapai 615 juta dollar AS atau sekitar Rp8,8 miliar. Jumlah tersebut anjlok sebesar 84%. Tak sampai di sana, pada perdagangan Senin (2/8/2021), saham LVMH turun hingga 4%.

Mengenai hal ini, Arnault mengatakan bahwa LVMH sudah cukup menunjukkan ketahanan pada paruh pertama 2020 dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Perusahaan telah berusaha menerapkan langkah-langkah khusus untuk menghadapi pandemi ini. Termasuk di antaranya untuk menekan biaya operasional dan mempercepat pertumbuhan penjualan online.

"Kami telah mengamati ada tanda-tanda kuat dari peningkatan aktivitas sejak Juni 2020. Tapi kami akan tetap sangat waspada selama sisa tahun ini," terang Arnault seperti dikutip Detik.

Bernard Aurnault 429a7

Langkah tersebut sempat membuahkan sedikit hasil. Salah satunya adalah peningkatan penjualan yang cukup tajam di China selama kuartal II-2020.

Namun selain itu, tak ada peningkatan lainnya. Kinerja perusahaan tetap dirasa buruk. Salah satunya karena banyaknya penutupan toko dan pabrik yang ada di luar China.

Belum lagi adanya kebijakan penangguhan perjalanan internasional oleh berbagai negara yang memberi dampak cukup signifikan pada perusahaan ini.

Kenalan dengan Bernard Arnault

Sosok Bernard Arnault tak bisa dilepaskan dari brand terkenal ini. Arnault terlahir dari keluarga pebisnis yang cukup kaya.

Karier bisnisnya dimulai dengan membeli Christian Dior pada 1985. Ia mendapatkan modal usahanya dari sang ayah, yakni senilai 15 juta dollar AS atau sekitar Rp215,3 miliar. Sang ayah sebelumnya memiliki perusahaan konstruksi.

Selanjutnya, karier bisnisnya semakin berkembang. Ia mengakuisisi perusahaan lain seperti Financiere Agache dan Boussac Saint-Freres.

Setelah itu, ia menciptakan grup LVMH, yang merupakan perusahaan barang mewah berpusat di Paris, Perancis.

Berusia 71 tahun, Arnault tercatat sebagai orang terkaya ketiga di dunia. Grup LVMH milknya saja saat ini membawahi sekitar 60 anak perusahaan. Sebagian besar merupakan brand ternama di dunia.

Di antaranya ada Louis Vuitton, Dior, Givenchy, Celine, Fendi, Kenzo, TAG Heuer, Benefit Cosmetics, Marc Jacobs, Bulgari, Emilio Pucci, dan masih banyak lagi.

Arnault pernah hampir menyalip posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia pada awal tahun 2020.

Namun akibat menurunnya jumlah kekayaan Arnault, ia kini harus puas berada di posisi ketiga. Ia berada di bawah Bill Gates yang ada di posisi kedua.

BACA JUGA

7 Foto Miris yang Menunjukkan Perubahan Kondisi Bumi, Ada Indonesia Juga

8 Potret Transgender Miliuner Pertama dan Satu-satunya di Asia | Bos Bisnis Media di Thailand

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Wanita Ini Pecahkan Rekor Mulut Terbesar di Dunia | Keren atau Malah Menyeramkan?

ARTIKEL TERKAIT
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
10 Orang Terkaya Dunia 2021 7abc7
10 Orang Terkaya Dunia 2021, Siapa Peringkat Pertama?
Orang Terkaya Di Dunia Nomor 1 808d2
5 Orang Terkaya di Dunia Ini Ogah Wariskan Hartanya Pada Anak Mereka
Kisah Orang Miskin Jadi Miliarder 4ca56
5 Orang Terkaya Dunia yang Jatuh Miskin dan Bangkrut | Karena Boros?
Ceo Muslim Paling Kaya 9be16
6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?
Untitled Design 2021 07 16t202112 823 Fa665
5 Orang Super Tajir yang Ogah Wariskan Harta Kekayaan untuk Anaknya, Biar Nggak Males?
Tags Terkait: fashionbisniskeuangan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal