Keren Abis! Bocah SMK Majalengka Ini Jadi Mentor 3000 Programmer

Nama Adithya Firmansyah Putra saat ini tengah viral dalam dunia pemrograman. Betapa enggak, geng? Remaja berumur 16 tahun ini jago coding dan telah menjadi mentor ribuan programmer di dalam negeri.

Adithya, yang duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Majalengka, telah membantu lebih dari 3.000 programmer di Tanah Air memecahkan kode pemorgraman saat mengembangkan aplikasi.

Kemahirannya dalam bidang pemrograman pun mendapatkan perhatian dari Kotakode, sebuah perusahaan rintisan (start up) di Indonesia. Di perusahaan ini, bocah yang akrab disapa Adith ini didapuk menjadi mentor senior.

Kepada CNN Indonesia, Adithya mengatakan bahwa belajar coding salah satu cara dia untuk berbagi ilmu dan bersama-sama mengakselerasi pengembangan iklim digital di Indonesia.

Lebih membanggakan lagi, meski masih berstatus anak SMK, Adith sudah bekerja paruh waktu untuk beberapa perusahaan digital dalam dan luar negeri.

Selain itu, dia juga sedang menjalani program magang dari sekolahnya, di salah satu perusahaan digital asal Jepang, di Jakarta.

Meski sibuk sekolah dan mementori programmer, Adithya tetap bisa bermain dengan teman-temannya. Sambil bercanda, ia berkata kalau main sama teman-temannya tidak pakai kode-kodean.

Adithya mengaku tidak ingin puas begitu saja dalam menggali ilmu. Dia ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Gajah Mada (UGM) yang menjadi impiannya.

"Inginnya sih di UGM. Karena UGM itu impian saya dan kalau sekolah di sana biaya hidupnya murah," harap dia.

Dengan kemampuannya, Adithya ingin membuktikan pada Ayah dan almarhum Ibunya untuk menjadi ahli IT pertama di keluarga besarnya. Untuk itu dia ingin mendalami teknologi kecerdasan buatan (Artificial Inteligence).

Awal Kiprah Jago Coding

Warnet Aa545
Sumber foto: bprdbl.co.id

Prestasi Adithya dalam pemrograman berawal dari rasa penasaran terhadap game di ponsel dan komputer PC. Dari situ, dia tertarik untuk mendalami pengembangan perangkat lunak (software).

Sejak Sekolah Dasar (SD), dia memang suka sering maen game. Namun, hal tak bikin dia kecanduan seperti anak-anak lainnya. Malah dia ingin tahu bagaimana suatu game dibuat dan dapat dimainkan oleh pengguna.

Adithya bercerita sering pergi ke warnet (warung internet) untuk belajar pemrograman secara otodidak lewat kanal Sekolah Koding di YouTube. Saat itu, tahun 2017, dia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Hanya dengan mengandalkan pulpen dan buku karena tidak punya laptop, Adith jadi paham bagaimana cara membuat game, bahasa pemrograman, hingga mendesain sebuah aplikasi.

"Entah kenapa dapat teguran dari alam, kenapa saya enggak buat game-nya. Dari situlah saya mulai cari tahu, lalu saya tulis di buku. Nanti biar mudah saya running kalau sudah punya laptop," tutur remaja Majalengka ini.

Semakin Jago saat Punya Laptop

Adithya Firmansyah Putra 2 786a7
Sumber foto: CNN Indonesia

Saat masuk SMK, remaja yang lahir pada 13 Juni 2004 ini akhirnya punya laptop. Komputer jinjing tersebut dibelikan oleh sang ayah untuk menunjang pendidikan di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

"Awalnya pas SMP saya minat videografi, karena ayah saya punya kamera. Ketika saya masuk jurusan RPL dan tidak punya laptop, ayah saya jual kamera itu untuk beli laptop," lanjutnya.

Menginjak awal 2020, Adith mulai berani berkecimpung di dunia programming. Bersama temannya, dia pun mengikuti kompetisi pembuatan game berskala nasional di tingkat SMK saat pandemi COVID-19 melanda.

Game yang dibikin Adith berjenis Role-Playing Game (RPG) bertema COVID-19. Game ini tentang seorang polisi bersenjata hand sanitizer dan berpatroli sembari mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah atau stay at home.

Meskipun game buatan Adith dan temannya tidak masuk nominasi terbaik, dia mengaku cukup senang bisa bikin game seperti itu.

Wah, kalau masih semuda ini saja sudah jago coding, nggak kebayang ya di masa depan Adith bisa buat apa. Semoga dia semakin bersinar dan mengharumkan nama Indonesia, ya, geng!

Baca juga artikel seputar Artis Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA
  • 12 Situs untuk Belajar Coding Secara Gratis
  • 15 Channel YouTube Terbaru untuk Belajar Coding Gratis
  • 3 Cara Membuat Aplikasi Android Online & Tanpa Coding dengan Mudah
  • 5 Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding
  • 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal