Bocah 12 Tahun Ini Berhasil Cuan Rp5,7 Milliar dari Jualan Meme Paus Aneh

Default

Jika biasanya bocah berumur 12 tahun sibuk bermain game atau olahraga bersama teman, lain halnya dengan sosok Benyamin Ahmed.

Benyamin Ahmed bukanlah anak berumur 12 tahun biasanya. Bocah asal Inggris ini merupakan seorang coder sukses yang berhasil meraih keuntungan sekitar Rp5,7 milliar hanya dari hasil jualan meme paus aneh.

Mengutip Kumparan, Ahmed memperoleh kekayaannya dengan cara menjual koleksi meme yang ia beri judul Weird Whales (Paus Aneh).

Walaupun hanya ditujukan sebagai meme, tapi harga Weird Whales bisa meningkat karena Ahmed melelangnya sebagai non-fungible tokens (NFT).

Ahmed mengaku dirinya belajar membuat meme Weird Whales hanya dari menonton beberapa video YouTube. Ia mencari tahu cara menggambar paus dalam bentuk pixel secara otodidak.

Ia kemudian belajar membuat kode koleksi NFT melalui tutorial online dan mentor yang ia temui di platform chat Discord.

Sebelum membuat koleksi meme Weird Whales, Ahmed juga pernah membuat koleksi NFT berupa avatar pixel Minecraft. Koleksinya ini belum terjual sesukses Weird Whales.

Benyamin Ahmed Kiri Dan Saudaranya Yusuf Ahmed Kredit Imran Ahmed D10c9

Weird Whales jadi koleksi NFT kedua yang dibuat Ahmed. Koleksi ini terdiri dari 3.350 paus pixel yang masing-masing memiliki karakteristik unik.

"Adikku dan ayahku sangat bersemangat dan terpesona melihat bagaimana mereka muncul. Kami melakukan beberapa pekerjaan di situs web dan kontrak pintar dan mengunggah utas di Twitter," jelas Ahmed seperti dikutip CNBC, Selasa (31/8/2021).

Apa itu NFT?

NFT merupakan token unik yang digunakan untuk melakukan verifikasi apakah suatu karya seni digital merupakan yang asli atau bukan.

Dengan kata lain, NFT bisa memberikan keyakinan pada pembeli bahwa produk digital tersebut bukanlah karya salinan dari karya orang lain.

Kepemilikan NFT ini dicatat di blockchain atau buku besar digital yang juga dipakai untuk bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Dengan pencatatan di blockchain, setiap NFT akan dianggap unik dan bisa terlacak.

Eksklusivitas ini yang disinyalir jadi penyebab kenapa meme yang dijual sebagai NFT bisa jadi begitu mahal.

Menurut CEO platform jual-beli crypto Indodax Oscar Darmawan, sistem NFT ini cocok dengan pencipta atau penemu teknologi.

"Suatu karya dilelang dengan sistem NFT dan dibeli dengan kripto. Karena menggunakan sistem blockchain, NFT mengadopsi sifat efisien sehingga penjualan karya lewat NFT bisa terjadi secara fantastis," terang dia pada Kumparan, dikutip Selasa (31/8/2021).

Deretan Meme Weird Whales Ddb83

Penghasilan milliaran

Menurut laporan Fortune, Ahmed mulai menjual NFT meme paus aneh yang dia buat pada Juli 2021. Koleksinya ini langsung terjual habis dalam 9 jam saja.

Ahmed berhasil meraup 80 token ether yang saat itu bernilai sekitar 248 ribu dollar AS atau sekitar Rp3,5 miliar.

Selain mendapatkan ether, Ahmed juga berhak mendapatkan komisi royalti 2,5 persen setiap kali NFT meme tersebut dijual di pasar sekunder. Perjanjian ini membuat Ahmed mendapat penghasilan tambahan 30 ether.

Kini, keuntungan Ahmed dari menjual NFT meme Paus Aneh bisa mencapai 343.640 dollar AS atau sekitar Rp4,9 milliar.

CNBC bahkan memproyeksikan bahwa keuntungan yang Ahmed dapatkan pada akhir Agustus 2021 ini bisa mencapai 400.000 dollar AS atau sekitar Rp5,7 milliar.

Pendapatannya ini jauh lebih besar dari modal yang dikeluarkan Ahmed. Ia hanya mengeluarkan uang 300 dollar AS atau sekitar Rp4,2 juta untuk melakukan verifikasi transaksi NFT meme Paus Aneh.

Salah Satu Meme Weird Whales Karya Benyamin 22e67

Kenapa meme NFT mahal?

Meme yang dijual sebagai NFT seringkali bisa bernilai milliaran rupiah. Selain meme Weird Whales yang dibuat oleh Ahmed, ada juga beberapa meme lain yang berharga mahal karena dijual sebagai NFT.

Misalnya, tweet pertama Jack Dorsey pada Maret 2021 lalu. Tweet tersebut berhasil dilelah dengan harga Rp42 milliar.

Sebelumnya ada juga meme Nyan Cat yang berhasil dilelang pada Februari 2021 dengan harga mencapai 600 ribu dollar AS atau sekitar Rp8,5 milliar.

Ingin jadi seperti Elon Musk dan Jeff Bezos

Hingga sekarang, Ahmed sama sekali tidak memiliki rekening bank tradisional. Ia hanya punya dompet cryptocurrency.

Ia juga berencana akan menyimpan semua ether miliknya dan tidak akan mengubahnya jadi uang kertas.

Ia juga akan terus mengerjakan proyek NFT lain di masa depan. Ia memprediksi bahwa koleksi NFT yang punya unsur meme bakal sukses di masa depan.

Keluarga Ahmed pun sangat mendukung. Mereka tengah berkonsultasi dengan sejumlah pengacara untuk mematenkan merek dagang meme Weird Whales.

"Ketika orang membeli Paus Aneh, mereka berinvestasi pada saya dan masa depan saya. Jika saya terus seperti ini, saya mungkin akan berakhir seperti pengusaha teknologi lain di luar sana seperti Elon Musk dan Jeff Bezos," tutup Ahmed.

BACA JUGA

Indonesia Akan Alami Hari Tanpa Bayangan 6 September 21 Oktober | Simak Jadwal Lengkapnya

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Tuyul dan Babi Ngepet Tak Bisa Curi Uang dari Bank

75+ Nada Dering WA Terlengkap & Terbaru 2021 | Download Gratis!

Mengharukan, Seorang Ayah di Lebak Keliling Kampung Cari Seragam Bekas untuk Anak

ARTIKEL TERKAIT
Ethereum Adalah 36c49
Ethereum: Pengertian, Sejarah Harga, & Cara Mendapatkannya | Bisa Cuan Besar?
Bitcoin
5 Aplikasi Penghasil Bitcoin Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya!
Apa Itu NFT 3bb2c
Apa Itu NFT atau Non-Fungible Token? | Aset Bernilai Miliaran Rupiah!
Cara Membeli Nft Di Jobtribes Banner 40ad2
Cara Membeli NFT di JobTribes, Karya Seni Digital Berharga yang Bikin Cuan!
Rumah Digital Terjual Di Pasar Nft Seharga Rp7 2 Miliar 2d894
Rumah Digital Terjual di Pasar NFT Seharga Rp7,2 Miliar | Ngalahin Rumah Betulan!
Aplikasi Crypto 4aa86
10 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaik untuk Pemula | Berizin BAPPEBTI
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal