J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kacau, 7 Benda Bersejarah Ini Rusak Karena Ulah Manusia! | Sengaja Dihancurkan?

Selasa, 20 Apr 2021, 11:00 WIB
Manusia memang tempatnya salah dan teledor, tetapi yang ini sih keterlaluan banget, sampai merusak situs sejarah. Malah, ada yang sengaja melakukannya!

Selain punya pemandangan alam indah nan menakjubkan, Bumi juga penuh dengan bangunan dan artefak bersejarah yang begitu penting.

Melalui benda-benda bersejarah tersebut, kita dapat mengetahui sekilas gambaran akan peradaban di masa lalu.

Namun, ada saja aktivitas banyak orang di antara miliaran penduduk dunia yang menimbulkan kerusakan atau bahkan kehancuran bagi peninggalan penting yang ada.

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak bangunan dan artefak bersejarah telah dihancurkan karena pariwisata, vandalisme, dan perang, dan beberapa di antaranya hancur tidak dapat diperbaiki.

Sedih banget, kan? Ini dia tujuh di antaranya!

1. Patung Dua Hercules, Italia

Patung Dua Hercules Italia 12614

Pada tahun 2015, dua turis menghancurkan Patung Dua Hercules berusia 300 tahun gara-gara mereka nekat memanjatnya demi mengambil foto selfie yang sempurna.

Padahal, patung tersebut telah lama menjadi simbol kota Cremona di Italia utara, sesuai dengan kepercayaan bahwa Hercules lah yang menemukan kota Cremona di masa lalu.

Patung yang tak ternilai itu dibuat pada tahun 1700 dan pada awalnya dibangun untuk menutupi gerbang kota Cremona. Yah, jadi nggak sempurna gitu, geng.

2. Piramida milik Suku Maya, Belize

Piramida Milik Suku Maya Belize 0e0e0

Belize terkenal dengan pantainya yang indah, karang penghalang yang luar biasa, hutan hujan, dan peninggalan luas yang ditinggalkan oleh suku Maya.

Namun, pada 2013, negara itu harus rela kehilangan salah satu monumen bersejarahnya karena perusahaan konstruksi.

Sebuah piramida Maya berusia 2.300 tahun di Noh Mul sengaja dihancurkan menggunakan buldozer untuk mengisi jalan.

Menurut laporan, piramida setinggi 65 kaki itu dibangun sekitar 250 SM dengan batu bata kapur yang dipotong dengan tangan, yang merupakan bahan berkualitas yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas jalan lokal, dan sangat dihargai oleh kontraktor. Keterlaluan!

3. Amber Room, Rusia

Amber Room Rusia 7acc2

Kamar ini didekorasi dengan batuan ambar dan batu semi mulia lainnya oleh pengrajin damar Denmark Gottfried Wolfram, yang kesemuanya dikirim ke Rusia dalam 18 kontainer besar pada tahun 1700-an.

Ruangan mewah tersebut dibangun dengan kolaborasi internasional dan dulu digunakan sebagai ruang meditasi hingga ruang pertemuan.

Menurut sejarawan, perkiraan nilai total ruangan berharga itu adalah 142 juta dollar AS di dunia saat ini, atau sekitar 2,06 triliun rupiah.

Pada tahun 1941, Adolf Hitler memulai Operasi Barbarossa yang menyebabkan invasi ke Uni Soviet oleh tiga juta tentara Jerman.

Ribuan koleksi seni dijarah selama periode itu dari Ruang Amber yang termasyhur, karena Nazi percaya bahwa ruangan itu milik orang Jerman lantaran dibuat oleh orang Jerman.

Sekarang, Amber Room masih menjadi harta karun tak ternilai yang belum ditemukan. Serakah banget, sih!

4. Makam kuno di Nanjing, China

Makam Kuno Di Nanjing China 41a0b

Pada tahun 2007, proyek cabang IKEA yang baru menyebabkan penghancuran beberapa artefak bersejarah di kota Nanjing, Cina.

Pekerja konstruksi tanpa sadar menghancurkan 10 makam kuno yang berusia hampir 1.800 tahun, saat membangun Pusat IKEA di kota tersebut.

Makam dari periode Enam Dinasti dari 220 M hingga 589 M, ditemukan di pinggiran kota kuno di tenggara Cina.

Menurut arkeolog, kualitas seni yang tinggi dari makam tersebut menunjukkan bahwa makam-makam itu mungkin dimiliki oleh keluarga kaya pada masanya.

Makam yang dibangun dengan batu bata hijau yang dihiasi dengan pola teratai berhias tersebut dihancurkan oleh mesin berat dan buldozer selama penggalian. Semua demi IKEA!

5. Garis Nazca, Peru

Garis Nazca Peru Fd0be

Sekelompok aktivis Greenpeace memasuki area terlarang di gurun kuno yang suci di Peru demi membuat tulisan untuk kampanye lingkungannya pada 2014.

Aktivis menempatkan huruf kuning raksasa yang bertuliskan, "Waktunya untuk berubah! Masa depan terbarukan. Greenpeace," di dekat tanda di bumi yang dikenal sebagai garis Nazca.

Garis Nazca adalah kumpulan gambar tumbuhan dan hewan raksasa, seperti monyet, laba-laba, dan burung kolibri, yang digali di tanah sekitar 1.500 tahun yang lalu dan desainnya hanya dapat dilihat sepenuhnya dari ketinggian.

Masalahnya, jejak kaki yang ditinggalkan di sekitar situ merusak gambar dan dapat bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun - itulah mengapa area tersebut terlarang untuk dimasuki, bahkan oleh presiden sekalipun!

Menuai protes, Greenpeace akhirnya minta maaf dan mengklaim bahwa para aktivisnya sangat berhati-hati saat melaksanakan kegiatan tersebut.

6. Situs kuno Hatra, Irak

Situs Kuno Hatra Irak 4f464

Selain menghancurkan kehidupan orang-orang tak bersalah, ISIS juga banyak menghancurkan banyak artefak dan bersejarah.

Pada 2015, militan yang terkait dengan ISIS menghancurkan situs arkeologi bersejarah Hatra di Irak, yang dibangun 2.000 tahun lalu.

Situs ikonik tersebut dulunya adalah sebuah kota yang aman dan mampu berdiri kokoh melawan invasi Romawi karena temboknya yang tebal.

Tidak hanya itu, di kota Hatra terdapat beberapa kuil dan patung yang didedikasikan untuk dewa seperti Apollo dan Poseidon.

Para pejabat negara menyatakan bahwa para militan telah menggunakan bahan peledak dan buldozer untuk menghancurkan gedung-gedung itu, yang dianggap ISIS sebagai berhala yang harus dihancurkan.

7. Rekaman misi Apollo 11 NASA

Rekaman Misi Apollo 11 NASA 2400d

Salah satu pencapaian ilmiah terbesar yang tercatat dalam buku sejarah adalah misi bulan Apollo 11 NASA - bahkan, diperkirakan 650 juta orang menonton acara tersebut pada tahun 1969.

Namun, ada rumor yang muncul bahwa NASA kehilangan rekaman asli dari peristiwa bersejarah tersebut.

Setelah banyak pertanyaan tentang gambar dan rekaman pendaratan di bulan NASA, lembaga antariksa tersebut akhirnya mengakui pada tahun 2006 bahwa rekaman video asli dari peristiwa pendaratan tidak dapat ditemukan.

Kemudian, NASA membuat klaim baru bahwa rekaman yang mereka cari telah ditemukan - namun ahli konspirasi meyakini keseluruhan misi Apollo 11 adalah tipuan dan disyuting berulang kali di pangkalan militer rahasia di AS.

Pada tahun 2006, NASA mengakui bahwa rekaman asli pendaratan Apollo 11 di Bulan telah dihapus, tetapi memang ada rekaman lama yang digunakan kembali untuk menghemat uang. Ya ampun!

Akhir Kata

Jujur geng, Jaka sih sebel banget tahu ada orang-orang yang kurang berhati-hati bahkan dengan sengaja menghancurkan warisan dunia tanpa pikir panjang seperti di atas.

Masak iya, demi update story dan membuat toko perabotan harus segitunya? Gak gitu juga kaliiii.

Cerita yang mana nih yang paling bikin kamu kesal?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

20 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Publik | Bikin Prihatin!

7 Anak Artis dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Buat DP Mobil!

25 Quote Terbaru dan Terbaik Lord Fahri Skroepp, Dewa Bucin Panutan Netizen +62

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!

ARTIKEL TERKAIT
Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia 45bee
5 Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Siapa Saja?
Untitled Design 2021 03 23t224748 767 Bc54c
5 Objek Sejarah Ini Ditemukan Secara Tak Sengaja! | Gali Sumur Ketemu Makam Kaisar?
Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Cover 1 Ff184
Gak Nyangka, 5 Barang Cewek ini Awalnya Diciptakan untuk Cowok!
Ilmuwan Islam Dan Bidangnya 59b62
7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!
Dino1233 38955
5 Tipe Dinosaurus Paling Mengerikan dalam Sejarah, T-Rex Kalah Serem!
Ciri Ciri Tanah Yang Menyimpan Harta Karun A9eb8
Untung Rugi Jokowi Izinkan Asing Gali Harta Karun Indonesia | Sejarah Hilang Demi Uang?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal