Kabar Terbaru Bayi Kembar Siam Yuliana-Yuliani | Kini Sudah Jadi Dokter dan Ahli Nutrisi

Default

Masih ingat dengan bayi kembar siam bernama Yuliana dan Yuliani? Kedua bayi kembar siam ini lahir pada 1987 silam. Berita kelahiran mereka sempat membuat geger masyarakat Indonesia.

Tak mengherankan, bayi Yuliana dan Yuliani saat itu terlahir sebagai kembar siam dempet di kepala secara vertikal atau disebut dengan kraniopagus.

Pada usia 2 bulan 21 hari, Yuliana dan Yuliani harus menjalani operasi pemisahan kepala di Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Tepatnya pada 21 Oktober 1987.

Karena masih terbatasnya teknologi di bidang kedokteran serta besarnya risiko operasi tersebut, banyak orang yang meragukan apakah Yuliana dan Yuliani bisa tumbuh normal hingga dewasa.

Tak itu saja, banyak pakar yang bahkan sempat mengumbar pernyataan bahwa keduanya akan mengalami cacat mental, seperti melansir Dream.co.id.

Yuliana Dan Yuliani Setelah Dipisahkan Liputan 6 3050e

Namun ternyata, anak pasangan Tularji dan Hartini yang berasal dari Tanjung Pinang ini berhasil selamat melewati operasi tersebut.

Gak hanya sekadar selamat, Yuliana dan Yuliani berhasil tumbuh jadi anak yang sehat dan cerdas. Kini, mereka bahkan sudah jadi orang sukses loh.

Keberhasilan operasi Yuliana dan Yuliani ini pun berhasil jadi tonggak sejarah di bidang kedokteran Indonesia. Khususnya di bidang bedah saraf.

Cerdas dan berprestasi

Selepas menjalani operasi pemisahan kepala yang sangat berisiko, ternyata bayi Yuliana dan Yuliani tetap bisa tumbuh normal layaknya anak biasa.

Mereka bahkan bisa melampaui pencapaian anak-anak lainnya. Yuliana dan Yuliani tumbuh jadi anak yang cerdas dan berbakat di bidang pendidikan.

Yuliana Dan Yuliani Yang Dulunya Kembar Siam E16e1

Kabar terbaru kedua kembar siam ini, Yuliana misalnya, berhasil lulus sebagai Sarjana Ilmu Nutrisi dan Makanan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan IPK 4 sehingga mendapat predikat cum laude. Ia juga dikabarkan baru saja lulus S3 dan memperoleh gelar Doktor dari IPB.

Dengan dasar pendidikannya itu, Yuliana memutuskan untuk jadi nutrisionis dan bekerja di salah satu perusahaan swasta bergengsi di kawasan industri Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sementara sang adik, Yuliani, juga berhasil meraih mimpinya. Ia kini jadi seorang dokter setelah lulus dari Universitas Andalas.

Dukungan sang dokter

Kesuksesan Yuliana dan Yuliani juga tak lepas dari perjuangan dan dukungan dokter yang mengoperasi keduanya. Dokter tersebut bernama dokter Padmosantjojo.

Ia melakukan operasi pemisahan kepala Yuliana-Yuliani secara gratis. Tak itu saja, ia juga yang membawa kembar siam tersebut beserta kedua orang tuanya ke Jakarta.

Yuliana Yuliani Bersama Dokter Padmo Dan Istrinya 23e92

Sang dokter mencarikan rumah untuk ditinggali keluarga itu. Ia juga mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi si kembar dan memantau tumbuh kembang mereka selama di Jakarta. Sebab bagianya, masa di bawah usia 5 tahun jadi fase penting pertumbuhan otak seseorang.

Setelah operasi selesai, Yuliana dan Yuliani serta orang tuanya diizinkan untuk pulang ke Tanjung Pinang.

Dokter Padmosantjojo pun tetap memberikan dukungan dana untuk keperluan pendidikan saudari kembar tersebut hingga kini. Ia sekaligus mengangkat keduanya sebagai anak.

Tak sia-sia, Yuliana dan Yuliani pun bisa tumbuh jadi wanita yang hebat dan sukses. Termasuk dalam karier.

"Ternyata bisa, tuh, Yuliana Yuliani sampai lulus universitas. Saya senang," tutur Padmosantjojo sambil tersenyum.

Dokter Padmo Memegang Foto Yuliana Dan Yuliani Dd1f9

Menyemangati orang lain

Terlahir sebagai kembar siam, Yuliana berusaha untuk memberikan semangat untuk siapa pun. Termasuk dengan orang-orang yang terlahir sama seperti dirinya.

Ia mengajak mereka agar tetap semangat dan tidak merasa rendah diri. Ia mengaku bahwa sejak kecil selalu dididik oleh orang tuanya agar selalu bersyukur. Khususnya karena sejarah kelahirannya yang penuh risiko dan perjuangan.

"Kami manusia yang harus tahu diri, karena untuk bisa hidup saja sudah syukur alhamdulillah. Kami berdua 1 pembuluh darah harus dibagi 2. Ini kan riskan sekali, namun dengan izin Allah kami berhasil dipisahkan dengan selamat," kata Yuliana seperti dikutip dari Dream, Rabu (18/8/2021).

BACA JUGA

Thomas Wedders, Pemilik Hidung Terpanjang Dalam Sejarah | Sampai 19 Cm, Pinokio Kalah!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Potret Lawas 9 Artis Saat Jadi Paskibra | Ada yang Jadi Paskibraka Istana Juga!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
897354050450b0d39deb86631c8e2a3f
4 Inovasi Gadget Yang Dirancang Khusus Bagi Para Penyandang Cacat
Artis Mirip Seperti Kembar 1907d
17 Foto Artis Indonesia yang Mirip Banget Seperti Anak Kembar | Padahal Bukan Saudara!
Keluarga Jonathan Frizzy Dan Dhena Devanka E8017
6 Artis Indonesia yang Dikaruniai Anak Kembar | Lucu dan Menggemaskan!
Kembar Tiga Hamil Bersamaan Min C260c
Viral! Kembar Tiga yang Sepakat untuk Hamil Bersamaan | Lahir, Hamil, dan Punya Bayi Barengan!
Untitled Design 2021 06 14t104444 158 67b93
Wanita Afrika Selatan Lahirkan 10 Bayi Kembar Prematur, Bakal Pecahkan Rekor Dunia?
7 Kembar Viral Ayah Ibu Saudari Sulung C2d82
Kabar Terbaru Kembar 7 yang Lahir 24 Tahun Lalu | Sudah Hidup Terpisah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal