J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waduh, Warga di Malaysia Batal Puasa Berjamaah Gara-gara Azan Kecepatan 3 Menit!

Selasa, 27 Apr 2021, 16:45 WIB
Warga di sebuah kampung di Malaysia batal puasa berjamaah karena azan dikumandangkan lebih cepat 3 menit. Waduh, gimana ceritanya, tuh?

Di bulan Ramadhan, azan magrib rasanya terdengar lebih merdu dan dinanti-nantikan daripada di bulan lainnya, bener nggak, geng?

Tidak lain dan tidak bukan, tentu saja hal tersebut karena azan magrib menandai waktunya berbuka puasa.

Mengingat bahwa menyegerakan berbuka puasa juga hukumnya sunnah, kebanyakan dari kita pasti langsung makan dan minum begitu azan berkumandang.

Akan tetapi, apa yang akan terjadi kalau sudah buru-buru makan dan minum, eh, ternyata azannya terlalu cepat?

Berbuka Puasa Terlalu Cepat 14a08

Peristiwa inilah yang dialami oleh warga sebuah kampung di dekat Masjid Al Khairiyah Taman Seri Gombak, Malaysia pada Senin (19/04/2021) lalu.

Dilansir dari Liputan 6, masyarakat setempat batal berjamaah sebelum waktunya lantaran azan dikumandangkan tiga menit lebih cepat.

Alasan Azan Terlalu Cepat dan Permintaan Maaf

Seorang pengurus masjid bernama Wan Nawawi mengatakan bahwa kesalahan tersebut terjadi akibat adanya kendala teknis.

Adapun kendala yang dimaksud adalah tampilan jam digital di masjid menunjukkan waktu yang lebih cepat.

Itu sebabnya, Wan Nawawi sebagai perwakilan dari seluruh pengurus masjid telah mengumumkan permohonan maaf kepada seluruh warga.

"Assalamualaikum, saya mewakili seluruh pengurus Masjid Al-Khairiyah Taman Seri Gombak mohon maaf atas kesalahan kami karena mengumandangkan azan magrib tiga menit sebelum waktunya pada hari Senin, 7 Ramadhan 1442, atau 19 April 2021, karena kendala teknis tampilan digital azan di masjid," jelasnya.

Masjid Al Khairiyah 22f44

Sikap pengurus masjid yang jujur dan mengakui kesalahan ini serta berbesar hati untuk segera memohon maaf diapresiasi oleh warga sekitar.

Menurut seorang mufti asal Selangor, Datuk Seri Mohd Tamyes Abdul Wahid, muazin juga tak terlepas dari kesalahan, sama seperti orang-orang lainnya.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh masyarakat yang puasanya batal pada hari tersebut agar memaafkan muazin yang tidak sengaja mengumandangkan azan lebih cepat, geng.

Lalu, apakah puasa yang batal harus diganti di hari lain?

Akibat berbuka sebelum waktu yang seharusnya, warga diharuskan untuk mengganti puasa yang tak sengaja batal sebelum waktunya tersebut di hari lain.

Hal ini dinyatakan Wan Nawawi bahwa mayoritas ulama mengatakan orang yang tidak sengaja membatalkan puasa karena mendengar azan di masjid perlu mengganti puasa mereka di lain hari.

"Inilah pendapat mayoritas ulama dari kalangan Hanafi, Maliki, Syafie dan banyak di antara ulama Hambali yang menyatakan bahwa puas tersebut batal dan wajib diganti," ungkapnya.

Adzan Terlalu Cepat Saat Puasa 72616

Petrnyataan Wan Nawawi selaras dengan Pencetus Umat (PU) Mohamad Amirul Amin Maula Lokman Hakim mengatakan bahwa tidak ada beban dosa yang ditimpakan kepada mereka yang puasanya batal karena kecelakaan atau ketidaksengajaan.

Namun, mereka tetap wajib mengganti puasa tersebut setelah bulan Ramadhan berakhir.

Datuk Seri Mohd Tamyes Abdul Wahid juga turut angkat bicara soal status puasa para jamaah tersebut.

Menurutnya, mereka yang sudah terlanjur berbuka puasa di awal azan dianggap batal dan harus mengganti puasa akibat makan dan minum sebelum waktunya.

Sementara itu, mereka yang berbuka puasa di akhir azan atau bahkan setelahya tidak dikenakan kewajiban mengganti puasa.

Hal ini karena azan biasanya memakan waktu sekitar tiga menit, sehingga warga yang berbuka puasa setelah azan sudah membatalkan puasanya pada waktu yang benar sesuai zona setempat, geng.

Wah, kalau dengar azan dari masjid jangan buru-buru berbuka ya geng, lebih baik kamu menyesuaikan waktu berbuka puasa dengan jadwal di internet, televisi, atau radio. Daripada batal sebelum waktunya, kan?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Banner 15e97
Upload Foto Makanan Saat Puasa Bikin Batal? Ini Penjelasannya!
Channel Youtube Tausiyah Banner 4912f
10 Channel YouTube Tausiyah Terbaik untuk Ditonton Menjelang Lebaran
Aplikasi Jadwal Imsak Android Terbaik E67f2
10 Aplikasi Jadwal Imsak Terbaik di Android 2020 | Anti Ngaret Sahur!
Cara Mencari Tempat Makan Halal Banner 5eed7
Cara Mencari Tempat Makan Halal Via HP, Buka Puasa Jadi Tenang!
Page D7981
7 Anime yang Aman Ditonton Selama Bulan Puasa, Naruto Gak Termasuk?
Game Menambah Pahala Banner 9615b
5 Game Android Terbaik yang InsyaAllah Bikin Kamu Dapat Pahala
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal