J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Nyangka, 5 Barang Cewek ini Awalnya Diciptakan untuk Cowok!

Rabu, 17 Mar 2021, 15:00 WIB
Sejarah membuktikan kalau cewek suka klaim barang cowok! Apa aja ya barang 'cewek banget' yang awalnya punya cowok?

Geng, pernah nggak kamu melihat suatu barang dan berpikir, "Ini barang pasti punya cewek!" atau "Ini barang laki banget, deh!"

Pada umumnya, kita memang sudah memiliki stereotip terhadap apa yang dipandang sebagai feminin, yang identik dengan cewek, dan maskulin, yang identik dengan cowok.

Padangan tentang feminitas dan maskulinitas ini bukan sesuatu yang ada sejak lahir, geng, melainkan hadir karena diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang kita.

Oleh sebab itu, jangan heran kalau ada beberapa barang yang sekarang 'cewek banget' ternyata awalnya diciptakan oleh cowok!

Hm, apa aja ya barang cewek yang awalnya diciptakan untuk cowok? Check this out!

1. Sepatu Heels

Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Cover Df9bd

Siapa yang menyangka kalau sepatu heels awalnya buat cowok?

Selalu diidentikan dengan pelengkap penampilan cewek waktu ngantor ataupun pesta, ternyata heels diciptakan untuk alasan lain, yaitu naik kuda.

Sekitar abad ke-10, pasukan perkuda Persia diketahui menggunakan sepatu berhak supaya kakinya bisa mantap berada di sanggurdi, alias injakan kaki untuk pengendara kuda.

Pada saat itu sepatu heels sengaja diciptakan agar pemanah berkuda bisa berdiri dengan aman di atas kuda sambil melepas anak panah.

Setelah itu, sepatu hak tinggi mulai populer di Eropa pada kalangan laki-laki bangsawan di abad ke-17. Bahkan ada catatan sejarah kalau mereka sampai mengatur tinggi hak para laki-laki untuk tiap kasta, geng!

Penggunaan sepatu hak tinggi untuk perempuan baru diketahui sekitar abad ke-12, saat salah satu relik perempuan penari di Kuil Ramappa, India terlihat memakai sepatu unik dengan hak.

Alasan sekarang sepatu heels lebih populer sebagai milik cewek terjadi karena adanya Perang Dunia II dimana prajurit yang pergi berperang membawa foto pin-up girls atau cewek-cewek cantik dan seksi untuk menjadi 'penyejuk' di medan perang yang membara.

Saat itu pin-up girls tampak sangat cantik dengan sepatu hak tinggi sehingga sepatu heels jadi sangat populer di kalangan cewek. Sehabis perang, manusia sudah jarang berkuda lagi sehingga sekarang hak tinggi diklaim jadi milik cewek.

2. Pembalut

Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Pembalut C0e9e

Pasti bagian yang satu ini bikin kamu nggak percaya, kan, geng? Ya, pembalut memang awalnya diciptakan untuk cowok!

Kok bisa? Laki-laki kan nggak menstruasi?

Betul, tapi pembalut sejak awal memang digunakan untuk menyerap darah, dimana ini sejalan dengan kondisi para prajurit laki-laki yang sering terluka pada saat berperang.

Benda yang ditemukan karena alasan aneh ini awalnya diciptakan oleh perawat yang membutuhkan alat untuk menghentikan pendarahan prajurit saat sedang Perang Dunia I.

Pada saat itu perawat menggunakan serbuk kayu, yang dikenal sebagai Cellucotton di kemudian hari, sebagai isi pembalut. Berkat harganya yang murah dan daya serapnya yang tinggi, penggunaan pembalut di dunia medis jadi semakin populer.

Setelah perang berakhir pada tahun 1918, para produsen Cellucotton mulai mencari target baru untuk mempertahankan bisnis mereka, yaitu perempuan.

Pembalut pertama untuk perempuan, Kotek, pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 1919. Sekarang produk pembalut lebih dikenal sebagai alat bantu saat menstruasi dan diidentikan dengan cewek.

Mungkin sekarang kamu bertanya-tanya, sebelum tahun 1919, cewek pakai apa saat menstruasi? Well, ternyata mereka menggunakan rumput, kain dari berbagai jenis, hingga kapas domba untuk menghentikan darah mengalir.

Hm, untung ya sekarang sudah ada pembalut? Perempuan zaman dahulu pasti nggak nyaman banget!

3. Celana Dalam Thong

Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Thong B992f

Untuk benda yang satu ini, sebenarnya masih kurang jelas asal usul pertamanya dari mana, geng. Namun, kebanyakan bukti yang ada mengatakan kalau thong awal memang untuk cowok.

Loincloth atau yang dikenal juga sebagai cawat adalah satu potong kain yang biasanya digunakan manusia pada masa lalu untuk menutupi bagian vital tubuhnya.

Laki-laki biasanya menggunakan satu potong kain untuk menutupi seluruh bagian vitalnya dan sebagian bokongnya lalu mengikat kain tersebut di pinggang mereka seperti sabuk untuk menjaga cawat agar tidak lepas.

Penggunaan cawat di masa kini yang paling terkenal dilakukan oleh pada pesumo Jepang, yang pada awalnya hanya dilakukan oleh laki-laki, dan dikenal sebagai fundoshi.

Meskipun begitu, sejarah membuktikan kalau laki-laki Jepang memang suka menggunakan nenek moyang thong sebagai celana dalam sejak dulu kala. Fundoshi menjadi jenis celana dalam laki-laki yang populer mulai 200 abad SM.

Baru setelah perang dunia selesai, celana dalam dalam bentuk boxer dan brief mulai populer sehingga menggantikan fungsi fundonsi bagi laki-laki Jepang pada umumnya.

Jika kamu mencari tahu tentang rokushaku fundoshi, kamu pasti akan melihat bentuk celana dalam cowok ini sangat mirip dengan thong yang saat ini sangat populer untuk para perempuan, geng! Ternyata, oh, ternyata.

4. Anting

Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Anting 00ae5

Agak berbeda dengan benda lainnya, anting merupakan satu-satunya benda yang tidak memiliki fungsi lain selain untuk aksesoris.

Orang pertama yang diketahui menggunakan anting adalah Otzi the Iceman, mumi yang ditemukan di pegunungan Alpen di Italia. Mumi yang diperkirakan berusia 5000 tahun dan hidup di zaman perunggu ini memiliki lubang 7-11 mm di kupingnya.

Tutankhamun, mumi firaun yang diperkirakan hidup pada tahun 1341-1323 SM, juga memiliki lubang anting di telinganya, bukti bahwa sebelumnya ia pernah menggunakan anting semasa hidup.

Selain Tutankhamun, Siddhartha Gautama yang hidup pada tahun 563-483 SM juga diperkirakan menggunakan anting. Sang Budha pada awalnya lahir dari keluarga kaya dan menggunakan anting mahal dan berat di telinganya sehingga lubang telinganya menjadi besar.

Setelah ia mengikuti jalan Budha, ia tak lagi menggunakan perhiasan sehingga hanya lubang anting saja yang masih terlihat di dalam patungnya.

Hm, jadi anting itu memang lebih populer untuk laki-laki ya di masa lalu? Kalau begitu, kita nggak perlu heran kalau melihat cowok pakai anting!

5. Warna pink

Barang Cewek Yang Awalnya Diciptakan Untuk Cowok Pink 5c02a

Apa yang kamu bayangkan kalau melihat cowok memakai baju warna pink? Apakah mereka terlihat feminin?

Berbeda dengan pandanga kita pada masa kini, warna pink identik dengan imej maskulin di masa lalu.

Tahun 1700-an ketika warna pink mulai populer, bangsawan Eropa melihat warna pink sebagai warna penuh kekuatan karena menjadi bagian dari warna merah yang dipakai oleh militer pada saat itu.

Sementara itu, warna biru yang sekarang lebih identik dengan cowok, malah lebih populer untuk anak perempuan karena terkesan lembut dan halus sehingga lebih cantik.

Majalah Time yang terbit tahun 1912 menerbitkan rekomendasi warna untuk anak laki-laki dan perempuan pada masa itu. Penjual baju terkenal di AS, Filene s (di Boston), Best & Co. (di New York City), Halle s (di Cleveland), and Marshall Field (di Chicago) sama-sama menyarankan orang tua untuk menggunakan warna pink untuk anak laki-laki dan biru untuk anak perempuan!

Anggapan ini mulai berubah pada pertengahan abad ke-19 ketika lingerie untuk perempuan mulai menggunakan warna pink.

Konotasi warna pink berubah dari kekuatan menjadi ketelanjangan dan mulai sering digunakan pada lukisan di masa itu, di mana banyak perempuan telanjang seringkali menjadi model.

Mulai saat itu, warna pink mulai diidentikan dengan perempuan dan biru diidentikan dengan laki-laki.

Akhir kata

Nah, itu dia 5 daftar barang 'cewek banget' yang awalnya diciptakan untuk cowok. Barang apa yang paling membuatmu kaget?

Baca juga artikel tentang Fakta Unik dari Indah Permata Sari

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

5 Rekomendasi Anime Zero to Hero, Perjuangan Mereka Menginspirasi!

Pareidolia Wajah, Alasan Mengapa Kita Sering Melihat Wajah Manusia di Benda-Benda Sekitar

Sama Seperti Bumi, Ternyata di Bulan Banyak Sampah | Sampah Alien?

10 Alasan Konyol Ini Bikin Pesawat Delay, Gara-Gara Kentut Sampai Tikus!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 02t103012 013 61613
Uniknya Pesona Mata Biru Milik Suku Buton, 100% Asli Indonesia!
Untitled Design 2021 03 01t214153 054 4c781
10 Fakta Ini Bakal Mengubah Pandanganmu Tentang Afrika, Udah Modern!
Banner Zero To Hero 2 F5b54
5 Rekomendasi Anime Zero to Hero, Perjuangan Mereka Menginspirasi!
Untitled Design 2021 02 26t213728 514 205e9
12 Fenomena Alam di Dunia yang Bikin Kamu Ternganga, Serasa Ngintip Surga!
4fc68cc721a665241109df76fda3e920
10 Foto Penampakan Aneh dan Misterius yang Tertangkap oleh Google Earth
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal